Nusagatech

Mengatasi Blog WordPress Boros RAM

Sekitar sebulan ini, aku bersama Widut berfikir keras untuk memecahkan solusi terkait penggunaan RAM server yang membengkak. Awalnya, server kami hanya memiliki RAM 2 GB saja. Namun karena sering down maka kami memutuskan untuk upgrade server. Setelah diupgrade menjadi 4 GB ternyata hasilnya masih sama saja. Kami pun kemudian mengupgrade server menjadi lebih besar lagi yaitu dengan RAM dan CPU 8GB.

Setelah berjalan sebulan, kami mengevaluasi lagi. Apakah benar-benar perlu menggunakan server sebesar itu? Padagal total trafik kami sekitar 700k per bulan. Aku mencoba mencari alternatif server yang lebih murah dan kemungkinan bisa menampung trafik segitu. Namun, kami tak mendapatkan apa-apa selain buang duit untuk membeli server yang akhirnya tidak jadi dipakai karena tidak sesuai dengan kebutuhan.

Akhirnya, kami memutuskan membeli server di provider yang saat ini kami gunakan. Satu per satu web dipindah oleh Widut ke server baru. Setelah semua web (kecuali Nusagates) dipindah, ternyata RAM yang digunakan pada server baru hanya sekitar 1,3 GB saja. Kami pun menyimpulkan kalau sumber masalah ada di Nusagates.

Karena aku sudah mentok mencari server alternatif untuk Nusagates tidak ketemu, akhirnya aku minta Nusagates dipindah ke server baru sekalian. Singkat cerita, setelah Nusagates dipindah, server baru langsung down. Kami pun segera upgrade server ke RAM 4GB dan ternyata penggunaan RAMnya masih menghawatirkan yaitu sekitar 3,80 GB ke atas atau sekitar 99 persen.

Berseambung…

Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: nusagates@gmail.com. Hubungi via 0822 2500 5825

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close