Nusagates Institute

Menemukan Selera Makan Dengan Food Combining

Aku mengenal Food Combining (FC) dari bang Zia Ul Haq setelah merasakan gejala GERD hampir sebulan lamanya. Waktu itu, aku kerumahnya untuk mengorek informasi lebih lanjut mengenai food combining beserta tata caranya. Bang Zia pun menuliskan juklak FC sederhana di selembar kertas. Rasanya seperti sebuah kertas resep yang diberikan oleh dokter.

Pola Makan Lama

Pola makan sebeleum menjalani food combining sangat amburadul. Aku sering telat makan dan sewaktu-waktu pengen makan ya makan saja tanpa perlu menimbang masalah kesehatan.

Ketika masih menjalani pola makan lama, aku sering merasakan lapar tetapi tidak berhasrat untuk makan. Walhasil aku sering menundanya atau mengajak istri jalan-jalan untuk menemukan penjual makanan yang sesuai selera saat itu. Maka tak heran kalau dengan pola makan lama, aku menjadi sangat boros karena sering jajan demi menuruti selera makan yang ogah-ogahan itu.

Makanan favorit saat menjalani pola makan lama adalah nasi pecel yang dipadukan dengan lele goreng atau tempe goreng. Namun, setelah menjalani FC, ternyata nasi pecel tidak direkomendasikan lagi apalagi jika dipadukan dengan protein hewani.

Pola Makan Food Combining

Secara sederhana, pola makan food combining adalah menyesuaikan makanan yang dimakan dengan sirkadian tubuh. Sangat berbeda dengan pola makan lama yang boleh makan apa saja dan kapan saja. Menurut arnaldowenas dalam artikelnya yang berjudul Pola Makan Berdasarkan Ritme Sirkadian, sirkadian tubuh manusia adalah sebagai berikut:

Menemukan Selera Makan

Setelah menjalani pola makan food combining beberapa hari, aku menemukan selera makan yang baik. Tidak pernah lagi menunda makan kecuali karena memang ada sesuatu hal yang tidak dapat ditinggal. Perlahan-lahan BAB juga mulai lancar meskipun masih belum sepenuhnya optimal.

Awal-awal menjalani FC, aku seperti sedang menguras kotoran di dalam tubuh. Seringkali ingin buang air besar (bab), pipis, dan berkeringat. Menurut para senior yang telah menjalani FC terlebih dahulu, hal itu merupakan proses detoks yang dilakukan oleh tubuh.

Setelah proses detoks itu selesai, aku pun menemukan selera makan yang nikmat. Selain lebih konsisten dalam hal waktu untuk makan, porsi makanku juga bertambah setelah mnjalani pola makan FC ini.

Tahukah Kamu Arti silaturahmi?

si·la·tu·rah·mi n tali persahabatan (persaudaraan): malam --; tali --;

ber·si·la·tu·rah·mi v mengikat tali persahabatan (persaudaraan): mereka - ke rumah sanak saudaranya