Nusagatech

Mencoba Gutenberg, Editor Unggulan WordPress

Hari ini, ada yang membagikan informasi bahawa akan ada perubahan besar-besaran pada WordPress pada bulan November nanti. Salah satunya adalah menjadikan gutenberg editor menjadi editor utama pada WordPress tanpa perlu mengintsall plugin seperti saat ini. Sedangkan jika ingin menggunakan editor klasik maka kita perlu menginstall plugin tersebut. Kebalikan dari keadaan sekarang.

Aku ingin mencoba menggunakan gutenberg sebelum ia benar-benar dijadikan editor utama. Beberapa hal yanga menjadikan kebutuhan dasarku dalam menulis artikel bukanlah pada visual desain melainkan adanya fitur-fitur sebagai berikut:

  • Kemudahan penyisipan kode pemrograman seperti HTML, PHP, Java, dan lain sebagainya pada tubuh artikel.
  • Kemudahan dalam menerapkan skema mikrodata untuk bagian-bagian artikel. Misalnya skema review, produk, video, dan lain sebagainya.
  • Kemudahan penyisipan kode iklan pada bagian-bagian artikel tertentu
  • Kemudahan pembuatan daftar isi atau table of content berdasarkan heading atau sub pembahasan artikel.
  • Kemudahan pembuatan indentasi dan penerapan tipografi dasar seperti pembuatan catatan kaki, kutipan, dan lain sebagainya.

Penyisipan Kode Menggunakan Gutenberg

Percobaan menyisipkan dua blog kode dengan bahasa yang berbeda di atas untuk memastikan apakah gutenberg bisa menjawab kebutuhanku akan hal itu.

Penyisipan Skema Microdata

Setelah mencari-cari, ternyata gutenberg belum mendukung untuk keperluan penyisipan skema mikrodata seperti penilaian pada pembuatan review sebuah produk. Aku masih memerlukan plugin tambahan untuk melakukan hal tersebut.

Penyisipan Kode Iklan

Kode iklan aku coba sisipkan menggunakan block HTML seperti di bawah ini: Jika kode iklan di atas berhasil menampilkan iklan maka plugin untuk menambahkan iklan tidak perlu dipasang lagi.

Pembuatan Daftar Isi

Guntenberg belum mendukung pembuatan daftar isi secara otomatis sehingga aku perlu menggunakan plugin tambahan untuk tujuan ini.

Penerapan Typografi Dasar

Gutenberg memiliki fitur yang lumayan banyak untuk tipografi. Kita bisa menyesuakan dengan beragam kebutuhan seperti pembuatan catatan kaki, pengutipan, dan lain sebagainya. Hanya saja perlu diingat hal itu tidak bisa dilakukan secara otomatis melainkan memerlukan kekreativan kita masing-masing.

Tahukah Kamu Arti semarai?

se·ma·rai1 Mk a pecah belah; merekah; berkembang
Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825
Close