Nusagatrip

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Mobil Baru atau Mobil Bekas

Memilih mobil baru atau bekas tidak segampang kalau budget sedikit maka mending beli mobil bekas, kalau budget banyak mending beli mobil baru. Enggak, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru atau mobil bekas.

Memilih mobil ternyata tidak hanya mempertimbangkan spesifikasi yang kita sukai atau merk yang sedang diminati saja, ada budget kemampuan yang harus diperhatikan benar-benar agar cashflow keuangan tidak berantakan, ada spesifikasi mobil seperti apakah yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Jangan sampai membeli mobil hanya karena ikut-ikutan yang sedang in, tetapi pada akhirnya nganggur di garasi karena tidak menunjang aktivitas sehari-hari.

Pertimbangkan Berapa Budget Maksimal untuk Membeli Mobil

Menentukan berapa budget maksimal yang bisa ditanggung untuk membeli mobil adalah langkah realistis yang harus ditempuh agar cashflow tidak berantakan. Cashflow yang berantakan akan mengganggu produktivitas kerja dan ketentraman keluarga.

Umumnya financial planner menyarankan agar total kredit yang dipunya tidak lebih dari 30% gaji pokok. Jika kita sudah mempunyai kredit lain, sebaiknya mempertimbangkan kembali untuk mengambil kredit mobil.

Jika masih ada slot kredit yang tidak mengganggu cash flow dan jumlahnya tidak memungkinkan untuk membeli mobil baru sesuai spesifikasi yang kita inginkan, jangan sungkan untuk mengambil kredit mobil bekas.

Beli mobil bekas di dealer terpercaya yang resmi sehingga kita tidak tertipu. Auto2000 selain menjual mobil Toyota Innova baru juga menyediakan Toyota Innova bekas yang bisa kita pilih. Auto2000 hanya menjual mobil bekas yang sudah melewati pengecekan panjang, dari pengecekan 170-an titik mobil, kelengkapan surat-surat dan pengecekan riwayat maintenance.

Tidak perlu khawatir dengan kualitas mobil yang dijual di Auto2000, meskipun yang dijual adalah mobil bekas, Auto2000 tetap memberikan garansi transmisi selama 1 tahun. So, buat yang budgetnya pas-pasan tetapi membutuhkan mobil yang menunjang aktivitas sehari-hari, segera check website Auto2000, siapa tahu ketemu mobil bekas sesuai kriteria yang dicari dengan kualitas sangat bagus.

Membeli Mobil Bekas di Auto2000
Membeli Mobil Bekas di Auto2000

Pertimbangkan Fitur dan Kualitas Mobil yang Dibutuhkan

Setelah menetapkan budget maksimal atau cicilan maksimal yang tidak mengganggu cash flow, buat listing mobil mana saja yang masuk ke dalam budget tersebut. Setelah itu, sorting list dengan memilih mobil yang menunjang aktivitas sehari-hari atau aktivitas pekerjaan yang membutuhkan mobil tersebut.

 

List mobil yang kita butuhkan dan sesuai budget, bisa kita sorting kembali hingga mengerucut dengan menyeleksi berbagai fitur dan kualitas mobil yang ada. Mobil dengan fitur dan kualitas paling baik lah yang sebaiknya kita pilih.

 

Jika masih ada beberapa mobil sesuai budget dengan kualitas dan fitur yang setara, kita bisa melanjutkan poin ketiga untuk mempertimbangkan mobil seperti apa yang akan kita beli.

Pertimbangkan Biaya Perawatan Mobil

Mobil bekas lebih membutuhkan perawatan dibandingkan mobil baru. Apalagi jika kita menemukan mobil bekas dengan kondisi yang tidak terlalu bagus, tentu saja kita harus merogoh kocek lagi untuk memperbaiki mobil agar kembali berfungsi dengan maksimal.

 

Pertimbangkan kerusakan mobil yang terjadi, tanya kepada orang terpercaya berapa biaya yang mungkin harus dikeluarkan untuk memperbaiki mobil bekas dengan kerusakan seperti itu. Jangan sampai ke depan kita mengeluarkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Orang Jawa menyebutnya keblondrok jika biaya perawatan yang dikeluarkan dan biaya membeli mobil bekas setara dengan membeli mobil baru.

Pertimbangkan Premi Asuransi Mobil yang Harus Dikeluarkan

Asuransi mobil terhitung penting karena bahaya yang mengintai kendaraan cukup banyak dan apabila kita melakukan perbaikan servis akibat peristiwa di luar dugaan bisa menguras tabungan. Perlu diketahui, biaya premi asuransi mobil bekas umumnya lebih tinggi daripada biaya premi asuransi mobil baru.

 

Pun, pengajuan asuransi mobil bekas prosesnya lebih rumit dan panjang dibandingkan proses pengajuan asuransi mobil baru. Jika asuransi mobil baru bisa langsung disetujui dengan membawa bekal surat keterangan pembelian mobil dari dealer, asuransi mobil bekas pihak asuransi membutuhkan pengecekan menyeluruh pada mobil untuk memprediksi seberapa banyak premi yang harus dibayar dan seberapa besar asuransi yang bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Pertimbangkan Juga Besaran Pajak Mobil

Berbicara tentang pajak kendaraan, meski pajak dibayarkan tahunan, tetapi jika tidak direncanakan dengan matang bisa mengacaukan keuangan keluarga. Apalagi jika kita memiliki banyak aset yang dikenakan biaya pajak.

Pajak mobil bekas lebih murah dibandingkan pajak mobil baru. Seandainya kita memilih untuk membeli mobil baru, menganggarkan cicilan pajak setiap bulan akan meringankan beban saat jatuh tempo pajak kendaraan tiba.

So, sudah diputuskan akan membeli mobil baru atau mobil bekas? Apapun yang dipilih, semoga mobilnya bermanfaat dan meningkatkan produktivitas kita, ya.

Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.
Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close