Nusagatech

Membuat Menu Switch di Action Bar Android

Switch adalah sebuah widget yang ada di dalam Android yang dapat digunakan untuk memilih salah satu antara dua opsi misalnya on dan off. Switch bisa diibaratkan sebagai saklar sebuah lampu yang hanya memiliki dua opsi yaitu on untuk menyalakan lampu dan off untuk mematikan lampu. Hanya saja penerapan widget switch bisa lebih luas dari sekedar on dan off. Membuat switch tampil di option menu yang terletak di Action Bar Android sangatlah mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buat sebuah layout yang berisi widget switch didalamnya.
  2. Setelah layout yang berisi widget switch dibuat, selanjutnya menghubungkannya dengan item menu yang berada di folder res-menu. Kode yang perlu ditambahkan cukup satu baris saja yaitu: app:actionLayout="@layout/nama_layout_switch"
  3. Jika ingin switch tersebut selalu tampil maka perlu ditambah kode di bawah ini: app:showAsAction="always"

Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini:

Menu switch adalah yang terletak di sebelah kananNB: jika kode untuk menampilkan switch di Action Bat tidak tampak maka akses artikel ini secara langsung melalui browser. Jangan akses melalui aplikasi Facebook atau WordPress Reader karena custom code snippet tidak didukung keduanya.

Tahukah Kamu Arti bersin?

ber·sin v keluar udara dengan tiba-tiba dari hidung dan mulut karena tidak tertahan (seperti waktu terserang pilek, tercium bau yang menusuk hidung)
Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close