Melatih Logika Matematika Anak dengan Game Online

7

Logika matematika adalah pijakan pertama anak untuk memahami perhitungan tanpa terbebani. Permainan melatih logika matematika anak bertujuan agar anak mampu mengenal warna dan bentuk secara efektif, sehingga anak lebih mudah dalam memahami konsep matematika yang lebih tinggi tingkat kesulitannya.

Ciri Anak Memiliki Logika Matematika yang Kuat

Anak-anak secara alami sudah memiliki kecerdasan logika matematika. Hanya saja, ada yang logika matematikanya kuat, ada yang kecerdasan logika matematikanya di bawah rata-rata. Anak dengan kecerdasan logika matematika yang kuat memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Kemampuan analisa atau penalarannya kuat dan kritis. Anak yang memiliki kemampuan analisa atau penalaran yang kuat dan kritis mengeluarkan banyak pertanyaan yang membuat orang tuanya harus menjawab dengan logis dan mendalam.
  2. Anak dengan logika matematika yang kuat menyukai permainan yang terkait dengan angka, seperti sudoku.
  3. Betah berjam-jam memecahkan teka-teki permainan, anak dengan kecerdasan matematika tinggi sangat menikmati waktunya bermain game teka-teki, menyukai tebak-tebakan.
  4. Anak dengan kecerdasan logika matematika tinggi menyukai cerita detektif. Menabak-nebak alur cerita.
  5. Suka dengan komputer dan gadget. Ibu-ibu yang puyeng anaknya betah di depan gadget atau komputer, mungkin perlu menyelidiki kecerdasan matematikanya. Bisa jadi ia mempunyai kecerdasan matematika tinggi sebagai bekalnya untuk produktif menggunakan komputer atau gadget.

Melatih Logika Matematika Anak dengan Game Online

Logika matematika anak harus dilatih sejak dini. Secara lahiriah, anak akan berlatih membedakan bentuk, warna dan logika lainnya dengan alami. Namun, ada beberapa anak yang harus dilatih karena kecerdasan logika matematikanya tidak sekuat kecerdasannya yang lain. Pun, bagi anak yang sudah mempunyai kecerdasan matematika yang tinggi, dengan melatih kecerdasan logika matematika anak sejak dini akan mengasah kecerdasannya dan membuatnya lebih ahli.

Salah satu alat untuk mengasah kecerdasan logika matematika anak adalah game online. Aku memilih plays.org sebagai salah satu rujukan untuk mencari permainan logika matematika si K karena plays.org adalah platform game online yang gratis. Selain itu, plays.org tidak perlu download aplikasi game yang bisa membuat memori gadget cepat habis, untuk memainkan game di plays.org kita cukup mengaksesnya melalui desktop.

Berikut adalah rekomendasi game online logika matematika yang bisa dimainkan bersama anak-anak. Gamme online untuk melatih logika anak ini terdiri dari berbagai tingkatan. Sebaiknya orang tua ikut mendampingi anak mencari game yang sesuai dengan usianya sehingga anak menemukan keasikan dan manfaat bermain game.

Colorush, Melatih Logika Matematika Anak tentang Memecahkan Masalah

Colorush adalah game online untuk melatih logika matematika anak dimana anak diminta memecahkan bagaimana cara mengatur arah air agar tepat sasaran. Game ini cocok untuk anak usia SD, dibutuhkan pendampingan orang tua karena semakin tinggi levelnya semakin sulit.

Melatih Logika Matematika Anak dengan Game Online 1
Colorush melatih anak untuk memecahkan masalah

Daisy Publer Puzzle, Bermain Puzzle Semenyenangkan Menyiram Tanaman

Anak-anak yang suka otak-atik puzzle akan senang memainkan Daisy Publer Puzzle. Game ini menantang anak untuk memainkan puzzle penyiram tanaman, sehingga airnya bisa menyiram bunga yang sedang layu. Eureka, seneng banget saat bunganya langsung tegak dan cerah begitu air tersiram dari pipa.

Melatih Logika Matematika Anak dengan Game Online 2
Melatih Logika Matematika Anak dengan Game Online 3

Masih banyak game online gratis di plays.org yang bisa melatih logika anak. Cari dan dampingi anak untuk bermain game dengan asik. Bermain game bisa menjadi sarana bonding anak dan orang tua. Selalu buat kesepakatan dengan anak sebelum bermain game sehingga bermain game terasa mengasikkan dan bermanfaat.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Tanggapan Kamu?