Nusagadu

Media Belajar Monopoli Tematik

MoTe atau Media Tematik Monopoli adalah sebuah media pembelajaran tematik untuk mempermudah siswa dalam memahami materi tematik. Didesain sedemikian rupa untuk pembelajaran tematik Sekolah Dasar, sehingga siswa dapat belajar sambil bermain, tanpa melupakan tujuan yang ingin dicapai maupun yang diharapkan.

Media Tematik Monopoli ini berupa sebuah peta budaya Indonesia yang memuat materi pembelajaran tematik Barang dan Jasa kelas IV Sekolah Dasar.

Media Tematik Monopoli tersusun atas petak-petak yang terdapat berbagai macam materi tentang berbagai pekerjaan, kartu Tahukah Kamu, dan kartu Kesempatan.

Permainan ini dimulai dari petak START berjalan seterusnya sesuai angka yang tertunjuk di dadu. Siswa harus berkeliling petak dulu sebelum bisa membeli petak-petak yang terdapat hak miliknya.

Pemain yang berhenti di petak yang belum dimiliki oleh orang lain pemaian berhak membelinya, misal siswa berhenti di sebuah petak perkebunan teh, pemain berhak membeli dari bank dengan harga yang telah ditentukan di papan permainan. Dan jika ada siswa lain yang berhenti di petak yang sudah dimiliki oranglain, maka siswa tersebut wajib membayar uang sewa dan menjawab pertanyaan yang bersangkutan dengan petak tersebut.

Tujuan utama memiliki bangunan yang ada di petak bagian propinsi adalah untuk memungut sebanyak-banyaknya uang sewa dari pemain yang berhenti di atas bangunan milik tersebut.

Tujuan Media MoTe (Monopoli Tematik)

Penggunaan media MoTe (Monopoli Tematik) bertujuan agar siswa berada dalam suasana yang menyenangkan dalam pembelajaran, sehingga siswa memiliki motivasi yang kuat untuk belajar karena siswa belajar melalui hal yang menjadi kesenangannya.

Langkah-langkah Pembelajaran menggunakan media MoTe (Monopoli Tematik)

Persiapan

Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan proses pembelajaran menggunakan media MoTe (Monopoli Tematik) antara lain;

  1. Materi Pembelajaran yang akan digunakan untuk permainan MoTe (Monopoli Tematik)
  2. Alat-Alat Permainan
    Alat-alat permainan yang dibutuhkan antaralain:
    a) Sebuah papan Media Tematik Monopoli yang berupa Sebuah Peta Budaya Indonesia
    b) Sebuah dadu
    c) 8 bangunan
    d) Satu set kartu Kesempatan
    e) Satu set kartu Tahukah Kamu
    f) Kartu hak milik bangunan yang berupa keterangan atau informasi mengenai petak bagian berpajak.
    g) Uang-uangan permainan dengan berbagai nilai.
  3. Pelaksanaan
    1) Persiapan Permainan
    Media Tematik Monopoli diletakkan di atas meja yang cukup besar. Kartu kesempatan dan kartu Tahukah Kamu diletakkan di dalam petak yang tersedia. Segala kartu bangunan, set kartu kesempatan, set kartu Tahukah Kamu, dan uang mainan.
    2) Permulaan
    Pemain membuang/mengocok dadu bergiliran, pemain yang mempunyai angka terbanyak diberikan kesempatan untuk main dahulu. Permainan dimulai daari petak START. Setelah itu biji (orang-orangan) pemain dijalankan bergilir sesuai dengan angka dadu ke petak-petak menurut arah. Sebelum pemain diperbolehkan membeli sebah bangunan yang ada di petak bagian berpajak, siswa harus mengelilingi petak MoTe terlebih dahulu.
    3) Gaji
    Setiap pemain setelah melalui petak START diberi honorarium (gaji) sebesar Rp.20.000,00 oleh Bank.
  4. Peraturan Media MoTe (Monopoli Tematik)
    1) Pemain yang Terhenti di Petak Bagian (Bangunan) yang Belum Dimiliki Orang
    Bilamana seorang pemain terhenti di petak bagian propinsi (bangunan) yang belum dimiliki oleh pemain lain, pemain tersebut mendapatkan hak untuk membeli bangunan tersebut dengan harga yang telah ditetapkan oleh Bank.
    2) Berhenti di Petak Bagian yang Sudah Dimiliki Orang Lain.
    Bilamana seorang pemain berhenti di petak bagaian petak berpajaki (bangunan) yang udah dimiliki orang lain, pemilik bangunan berhak memungut sewa atas petak bagian tersebut sesuai dengan tariff yang telah ditetapkan di kartu hak milik. Sebaliknya, jika di atas petak tersebut sudah didirikan bangunan, sewanya dapat dipungut lebih tinggi dari pretak yang belum dibangun.

3) Keuntungan untuk Pemain
Adalah suatu keuntungan untuk tiap pemain yang memiliki satu komplek petak yang terdapat di petak berpajak karena dengan demikian ia berhak memungut sewa atas petak/bangunan tersebut.
4) Kartu Kesempatan
Kartu kesempatan terdapat pada petak kesempatan yang berisi pertanyaan, jika siswa bisa menjawab pertanyaan maka siswa diperbolehkan mendapatkan reward berupa uang sesuai dengan yang telah ditentukan di kartu tersebut.
5) Kartu Tahukah Kamu
Kartu Tahukah Kamu berisi sebuah informasi menarik, ataupun pertanyaan yang menyangkut tentang materi dalam pembelajaran tersebut.
6) Petak Pajak
Jika pemain berhenti di petak pajak, maka pemain wajib membayar pajak dengan biaya sesuai dengan ketentuan.

Kelebihan Media MoTe (Monopoli Tematik)

Kelebihan Media MoTe (Monopoli Tematik) sebagai media dalam proses pembelajaran tematik antaralain:

  1. Proses pembelajaran menyenangkan karena siswa bermain sambil belajar, dimana siswa usia SD berada pada usia bermain.
  2. Memancing keingintahuan siswa ketika siswa mendapatkan kartu kesempatan, sehingga siswa terpancing untuk mencari tahu baik melalui kartu tahukah kamu maupun bertanya pada guru.
  3. Keaktifan siswa terpancing secara penuh.
  4. Siswa belajar bertanggung jawab terhadap kepemilikan uangnya.
  5. Siswa belajar kejujuran dengan mengambil dan mennetukan sendiri nilai uang yang didapatkan.

Tahukah Kamu Arti petanen?

pe·ta·nen /petanén/ Jw n bilik yang ada di tengah-tengah bangunan rumah Jawa
Kata Kunci
Selengkapnya...

Widi Utami

Deaf Blogger, Emak K.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close