Mau ke Malang dari Surabaya? Intip Beberapa Opsi yang Ada

Setiap traveler yang baru menginjakkan kaki di kota satu ke kota yang lain, biasanya akan dipusingkan dengan moda transportasi yang bisa digunakan. Jalur yang sering kali dilalui oleh traveler salah satunya adalah Surabaya-Malang. Surabaya sebagai pusat transit traveler dari berbagai moda transportasi di jawa timur, dan malang sebagai pintu gerbang destinasi wisata daerah sekitarnya. Bahkan Malang sendiri merupakan kota wisata yang tak kalah dirindukan seperti halnya Jogjakarta. Untuk mencapai Malang, kita bisa menggunakan berbagai moda transportasi. Apa saja Moda Transportasi ke Malang dari Surabaya, berikut adalah pilihan moda transportasi lengkap dengan rutenya.

Ke Malang dari Surabaya Menggunakan Moda Motor

Bagi sebagian orang, bepergian ke Malang menggunakan motor merupakan hal yang sangat mengasyikkan. Untuk mencapai Malang dari surabaya terdapat 2 rute. Yaitu rute dalam Kota Surabaya dan rute luar Kota Surabaya.

Mau ke Malang dari Surabaya? Intip Beberapa Opsi yang Ada 1
Jalur Cangar Malang-Surabaya



Rute dalam Kota Surabaya ini paling banyak disukai oleh pemotor karena jalurnya yang datar dan sangat mudah dikenali karena jalurnya hanya satu. Dengan mengambil rute ini, kita akan melewati Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan dan sampai di Malang. Jalur ini merupakan jalur distribusi antar kabupaten sehingga jangan kaget kalau selalu berpapasan dengan truck dan bis.

Mau ke Malang dari Surabaya? Intip Beberapa Opsi yang Ada 2
Jembatan Cangar Malang-Surabaya

Selanjutnya adalah jalur luar kota surabaya atau orang lokal biasa menyebutnya jalur cangar. Jalur ini biasa dipakai oleh pemotor yang bertujuan ke daerah Batu daripada Malang. Biasa dipilih juga apabila jalur dalam kota macet parah. Jalur ini melewati kaki gunung arjuna dan jalannya cukup ekstrim karena tikungan dan ketinggiannya. Kondisi motor harus fit untuk menanjak dan rem harus pakem untuk turunan. Namun jalur ini menyajikan pemandangn yang sangat indah, udara yang sejuk dan pohon yang rindang. Jalur ini melewati Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto lalu sampai ke Malang.

Ke Malang dari Surabaya Menggunakan Mobil

Mobil bisa melewati 2 jalur motor yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu bisa menggunakan tol yang masuk di seluruh gerbang tol di Surabaya dan keluar di pintu keluar tol di Malang. Tarifnya berbeda beda tergantung masuk dan keluarnya.

Jalur Bus ke Malang dari Surabaya

Bus merupakan moda transportasi yang paling banyak dipakai masyarakat untuk bepergian surabaya malang. selain karena tarifnya yang murah, jam keberangkatannya pun fleksibel. pilihannya juga cukup banyak. Dikarenakan ada 2 Terminal di Surabaya, maka akan saya bahas satu persatu

  • Terminal Tambak Osowilangun. Penumpang dari pantura biasa menuju terminal ini lebih dulu.
    opsi 1.
  • Bus Malang. Menurut info dari pihak terminal, hari senin- sabtu ada 4 keberangkatan. Jam 8, 9, 10 dan 3 sore. Namun hari minggu hanya ada 2 yakni pukul 8 pagi dan 3 sore. Ongkosnya sebesar Rp 18.000 rupiah namun kalau bayar pakai uang Rp 20.000 suka tidak dikasih kembalian atau Rp 50.000 dikasih kembalian Rp 30.000 sama keneknya. Durasi perjalanan normal 2jam apabila macet tidak dapat diperkirakan.
    opsi 2.
  • Menggunakan bus kota P8 untuk menuju ke terminal bungurasih dengan tarif Rp 10.000. Maksimal keberangkatan pukul 17.00 WIB. durasi perjalanan ±1jam
  • Terminal Bungurasih
    opsi 1.
  • Menggunakan bis ekonomi jurusan malang. Lewat tol dan keluar di Pandaan Pasuruan. Tarif Rp 15.000. durasi perjalanan normal 2 jam. Banyak pengamen dan pedagang asongan.
    opsi 2.
  • Menggunakan bis patas jurusan malang. Lewat tol panjang dari surabaya langsung keluar tol Karanglo Malang. Tarif Rp 35.000. durasi perjalanan 1-1,5 jam. Tidak ada pedagang asongan dan pengamen.

Ke Malang dari Surabaya Menggunakan Kereta Api

Kereta api merupakan moda transportasi paling murah dan ramah karena anak-anak sangat nyaman naik kereta api. Jarang sekali ada yang mabuk perjalanan saat naik kereta api. Untuk jadwal dan lokasi stasiun bisa diakses di aplikasi KAI access. Tarif Surabaya Malang sebesar Rp 12.000. Anak-anak usia 3 tahun ke atas sudah dikenakan tiket penuh

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit