Uncategorized

Masalah Pohon

Pepohonan yang tumbuh di pekarangan rumah memang tampak menyejukkan dipandang. Membuat udara di sekitar rumah terasa segar untuk dihirup. Selain itu, pepohonan yang tumbuh di pekarangan bisa juga dimanfaatkan pohonnya, buahnya, bunganya, rantingnya, ataupun akarnya. Tergantung jenis pohon yang ditanam. Namun, disamping banyaknya manfaat yang dapat diperoleh, ada juga hal-hal yang berpotensi menyebabkan masalah bagi pemilik pohon jika tidak cermat.

Ilustrasi Pohon di Pekarangan | Sumber: Viva

Beberapa masalah yang bisa didapat dengan menanam pohon di pekarangan rumah antara lain:
1. Renggangnya hubungan sosial,
hal ini terjadi ketika pohon yang ditanam tersebut tempatnya di dekat batas antara pekarangan penanam pohon dan pekarangan tetangga. Daun yang jatuh di pekarangan tetangga bisa menjadi masalah jika keduanya tidak memiliki kesadaran. Tidak hanya itu, jika banyak ulat atau serangga lainnya yang berpotensi mengganggu tetangga, hal ini bisa menjadi masalah.
2. Tumbang:
Pohon yang ditanam bermacam-macam jenisnya, jika pohon yang ditanam berumur panjang dan merupakan pohon besar dan tinggi bisa menimbulkan masalah ketika hendak memotongnya. Pohon yang berumur panjang akan melewati beberapa periode perubahan lingkungan. Entah penambahan rumah, perubahan jalan, atau hal lainnya yang bisa menyulitkan untuk merobohkan pohon tersebut. Selain itu, pohon tersebut juga menghawatirkan jika terjadi angin besar.

Penulis
Ahmad Budairi

Tinggalkan Balasan