Nusagadu

Manfaat Mata Kuliah Organisasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Mata kuliah organisasi merupakan mata kuliah yang memaparkan sekelompok konsep, pronsip-prinsip dan hipotesis yang digunakan untuk menjelaskan komponen-komponen organisasi dan bagaimana komponen-komponen tersebut berperilaku dalam hubungannya dengan lingkungan. (Purwanto, Agus: ix)

Mengikuti mata kuliah Organisasi akan menjadi bekal yangs angat penting dalam menjalani kehidupan di dalam masyarakat. Hal ini tentu sangat membantu mahasiswa Univesitas terbuka ketika harus terjun ke masyarakat sehingga ilmu yang didapatkan selama kuliah tidak sia-sia. Diantara manfaat mata kuliah Organisasi dalam kehidupan sehari-hari antaralain;

Melatih Komunikasi Efektif

Dalam mata kuliah organisasi, salah stau yang dipelajari adalah proses dalam organisasi yang di dalamnya terdapat kepempinan, komunikasi, pembuatan keputusan, kekuasaan dan politik, serta konflik dan negoisasi. (Purwanto, Agus: 1.14)

Mempelajari proses dalam organisasi akan melatih kota untuk berkomunikasi dengan efektif di dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana menyampaikan pendapat atau solusi kepada orang lain dengan benar dan minim kesalahpahaman. Komunikasi yang efektif adalah kunci hubungan yang sehat.

Melatih Bagaimana Mengambil Keputusan yang Tepat

Dalam kehidupan sehari-hari, masalah dan konflik adalah hal yang biasa terjadi. Dengan belajar di mata kuliah organisasi, mahasiswa beelajar bagaimana cara mengambil keputusan yang tepat atas masalah-masalah yang sedang dihadapi.

Melatih Jiwa Kepemimpinan

Menjadi pemimpin adalah hal yang tidak mudah. Butuh ketrampilan yang banyak dalam menguasai segala hal tentang organisasi dan pernak-perniknya. Bahkan dalam lingkup sekecil keluarga pun dibutuhkan  segala hal yang berhubungan dengan organisasi, baik dalam hal proses organisasi, input, lingkungan maupun output organisasi.

Adanya ilmu tentang bagaimana mengelola organisasi tentu akan berdampak ke dalam bagaimana mengelola keluarga, sehingga keluarga yang dibangun mempunyai pondasi yang cukup kuat untuk menghadapi tantangan-tantangan ke depannya.

Sumber: Purwanto, Agus Joko.  2020.Teori Organisasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

—Tulisan ini adalah Tugas Diskusi 1 mata kuliah Teori Organisasi Universitas Terbuka—

Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.
Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: nusagates@gmail.com. Hubungi via 0822 2500 5825

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close