Lima Tips Aman Belanja Online

Dunia zaman sekarang tak bisa dipisahkan dengan internet. Digitalisasi merambah segala sisi kehidupan. Akses internet bagai kebutuhan pokok selain sandang, pangan dan papan. Hampir semua kegiatan manusia dilakukan secara online, manusia berinteraksi dengan manusia lainnya dengan bantuan dunia maya.

Jika dahulu transaksi jual beli lazimnya hanya dilakukan di pasar, pembeli bisa menawar, kini aktivitas perdagangan lazim diselenggarakan dengan bantuan toko online dan marketplace. Si penjual tak perlu bertemu muka dengan pembeli, proses pembayaran bisa dilakukan sesuai kesepakatan. Barang dikirimkan tanpa menunggu jemputan.

Keuntungan Belanja di Toko Online

Apa sih untungnya berbelanja di toko online? Setidaknya ada tiga keuntungan belanja di toko online yang akan kamu rasakan dibandingkan belanja di toko offline.

  1. Hemat waktu dan tenaga

Etalase online hanya butuh ditelusuri dengan menggulirkan jari. Tak perlu keluar rumah, keliling kota dann keluar masuk satu toko ke toko lainnya. Belanja online lebih hemat biaya dan tenaga, sebab untuk mendapatkan barang yang diinginkan tak muncul keluhan kaki pegal karena lelah berjalan, atau biaya esktra untuk ongkos transportasi atau biaya parkir kendaraan. Belanja online bisa dilakukan sambil rebahan dengan baju kasual tanpa perlu berdandan.

  1. Lebih murah dan banyak pilihan

Toko-toko online menawarkan berbagai pilihan produk dengan harga bersaing. Maraknya toko online dan marketplace menyebabkan calon konsumen punya banyak pilihan. Ingin menemukan harga termurah? Tinggal membandingkan satu toko online dengan beberapa toko online lainnya

  1. Program loyalitas pelanggan

Hampir setiap marketplace menawarkan program loyalitas pelanggan. Setiap transaksi berhadiah poin yng jika dikumpulkan bisa digunakan untuk berbelanja atau mendapat hadiah langsung berupa potongan harga.

Belanja online menawarkan berbagai kemudahan dan kelebihan yang menggiurkan. Tetapi amankah berbelanja secara online? Bukankah telah terjadi berbagai kasus penipuan terkait dengan transaksi secara online karena barang yang dikirimkan tak sesuai pesanan atau penjual tidak mengirimkan barang meski pembeli telah membayarkan sejumlah uang?

Transaksi jual beli online mungkin rawan menjadi salah satu sumber tindak penipuan. Namun ada tips khusus agar pembeli tidak merugi dan terhindar dari berbagai kasus yang merugikan.

Lima Tips Aman Belanja di Toko Online

Beberapa langkah berikut ini bisa diterapkan agar pembeli bisa aman berbelanja di toko online:

  1. Pilih toko online tepercaya

Kasus penipuan yang marak dikeluhkan pembeli adalah tertipu oleh toko-toko online abal-abal yang bertebaran di media sosial. Pilih toko online tepercaya, misalnya milik teman atau kerabat. Lebih aman lagi jika bertransaksi melalui marketplace. Pilih marketplace yang bisa menjadi penengah, pembayaran oleh konsumen baru bisa dicairkan oleh si penjual jika konsumen telah memberikan konfirmasi telah menerima barang. Metode ini melindungi konsumen dari tindakan penipuan.

  1. Pilih pembayaran COD dengan penjual

Sebisa mungkin pilih produk yang dijual oleh reseller di kota yang sama. Jika memungkinkan minta penjual untuk mengirimkan barang dengan metode Cash On Delivery (COD) dengan kurir yang dipercaya atau lebih aman lagi jika pihak pengirim yang mengantarkannya sendiri, cara ini memudahkan untuk mengetahui kualitas barang.

  1. Berhati-hati dengan identitas diri

Waspadalah, saat ini marak terjadi penipuan dengan memanfaatkan metode COD. Banyak orang mengeluh di media sosial bahwa mereka merasa tidak membeli suatu barang tetapi diharuskan membayar produk yang tiba-tiba dikirimkan ke rumah dan diterima oleh penghuni rumah yang lain. Tinggalkan pesan pada penghuni rumah lain untuk selalu melakukan cross check dengan nama yang tertera sebagai penerima barang COD. Konsumen berhak menolak menerima barang jika tidak merasa melakukan pemesanan.

  1. Dokumentasikan saat menerima barang

Jangan terburu-buru membuka paket barang pesanan, terutama jika produk yang dibeli berharga mahal. Dokumentasikan dengan cara merekam proses membuka paket (unboxing) sebagai bukti jika barang yang dikirimkan tidak sesuai pesanan, atau ada cacat yang tidak diinginkan.

  1. Pertimbangkan ulasan atau referensi

Ulasan positif yang ditulis konsumen untuk penjual di marketplace menandakan kepuasan pembeli, dan salah satu bukti bahwa toko online tersebut dapat dipercaya. Referensi dari orang-orang dekat juga bisa menjadi acuan untuk belanja di toko online andalan mereka.

Setiap pilihan tentu ada konsekuensinya. Belanja online juga harus siap-siap memendam kecewa jika tidak paham tips dan trik ketika hendak melakukan pembelian. Tetaplah waspada dan berhati-hati sebelum melakukan transaksi belanja online agar terhindar dari berbagai bentuk penipuan.

***

Desty App, Menjadikan Toko Onlinemu Tampak Lebih Profesional dan Terpercaya

Mempunyai Landing page, baik berupa online store maupun profile company menambah nilai lebih toko online kita di mata calon pelanggan kita. Memang, butuh tenaga, bahkan dana lebih untuk mempunyai online store. Desty App menjadi pilihan yang tepat untuk kita yang pengen mempunyai situs mikro dan tidak punya keahlian di bidang website developer.

Desty App menyediakan pembuat situs mikro untuk kita tanpa harus menguasai skill ngoding terlebih dahulu. Kadang-kadang, saking banyaknya marketplace atau customer service yang kita punya, kita butuh landing page yang menampilkan semua marketplace dan customer service agar pelanggan mudah memutuskan kemana akan menghubungi kita setelah mengunjungi Instagram kita.

Lima Tips Aman Belanja Online 1
Lima Tips Aman Belanja Online 2

Desty App mempunyai beragam fitur, fitur Link in Bio Builder Desty Page akan memudahkan kamu untuk mencantumkan semua informasi terkait toko online kamu dalam satu halaman yang interaktif. Butuh online store untuk transaksi? Kamu harus mencoba Desty Store dan rasakan mudahnya membuat online store sesuai dengan gaya toko online kamu.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Dwi Aprilytanti
Dwi Aprilytantihttp://www.braveandbehave.blogspot.co.id
Ibu rumah tangga dua putra. Sekaligus berkarya sebagai penuls lepas dan wirausaha. Memiliki blog tapi mungkin belum pantas disebut blogger, Alumni Danone Digital Academy 2021 (Kompasiana) Tinggal di Sidoarjo.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit