Nusagatrip

Lezatnya Kerak Telor Di Kemayoran

Kuliner

Jakarta memang mempunyai banyak makanan khas yang enak, selain dikenal sebagai ibukota dengan kemajuan kotanya, Jakarta selalu terkenal dengan makanan khasnya yang tidak akan lekang oleh masanya. Selain soto betawi, gado-gado, nasi uduk dan asinan, salah satu makanan khas suku Betawi lainnya ialah Kerak Telor.

Kerak telor adalah makanan khas betawi yang bahannya terbuat dari ketan putih, telur ayam, ebim atau semacam udang kecil, bawang goreng, serta bumbu halusnya seperti cabe merah, kencur, jahe, garam, gula pasir, merica, dan kelapa yang sudah di sangrai.

Ada dua jenis kerak telor, yaitu kerak telor yang terbuat dari telor ayam dan terbuat dari telur bebek, bumbu dan topingnya sama saja, yang hanya membedakan hanya telornya saja. Dan dua-duanya ini juga sangat enak, tergantung kamu lebih suka telor ayam atau telor bebek. Kalau favorit saya pribadi itu telor bebek hehe.

Sumber : Wikipedia

Jika saya perhatikan proses pembuatannya, ada yang unik dari cara pembuatan kerak telor, karena menggunakan anglo yang menjaga kerak telor gurih. Dengan anglo tersebut pertama telor dimasukkan kedalam wajan tanpa menggunakan minyak, hal ini membuat saya tahu kalau ternyata kerak telor ini tidak menggunakan minyak setetespun. Ketika telor sudah setengah matang, maka wajan akan dibalik menghadap panas arang sehingga menjadi kerak. Kalau permukaan telor sudah sedikit gosong barulah kerak telor diangkat dan diberi bumbu, dan kerak telor sudah siap di santap.

Sumber : metro.tempo.co

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, tempat yang paling banyak menjajakan Kerak Telor yaitu di daerah, Kemayoran, Jakarta Pusat. Di Kemayoran, tepatnya di depan Pekan Raya Jakarta banyak sekali pedagang yang menjual kerak telor di pinggir jalan. saat saya mampir ke Kemayoran, saya mencoba membeli kerak telor dengan pedagang yang berbeda-beda, dan rasa dari kerak telor yang saya beli selalu memuaskan dan saya sangat menyukai makanan khas Betawi ini.

Eitss, jangan ragu untuk mencobanya ya, rasa dari kerak telor di daerah Kemayoran ini selalu enak. Selamat menoba ya.

Tahukah Kamu Arti padu?

pa·du 1 a padat; pejal; kimpal (tt logam dsb): batu bara yg --; 2 v sudah bercampur dan sudah menjadi satu benar; bersatu -- , bersatu benar-benar (seia sekata, sehidup semati); 3 a ki utuh dan kuat; kompak: rakyat dan TNI merupakan kesatuan yg --;-- mancung perhubungan (pertemuan) dua buah sisi yg membentuk (merupakan) sudut (sanding); -- padan memadukan dan memadankan warna pakaian dsb supaya tampak serasi;ber·pa·du v 1 menjadi satu benar; luluh dan bercampur menjadi satu: angin laut dan desir ombak ~ suara; 2 beku dan menjadi keras (tt darah, air gula, dsb): darahnya ~; 3 kukuh krn telah disatukan: partai-partai politik ~ dl satu asas, Pancasila; 4 bercampur (dng): suka dan duka ~ mengharu hati;ber·pa·du-pa·du v 1 bersatu benar-benar; 2 menyesuaikan pendapat; bermusyawarah;me·ma·du v 1 melebur (emas); melebur dan mencampurkan menjadi satu (tt logam); mengaduk (meremas, mengocok, dsb) supaya bercampur (tt tepung dng mentega, semen dng pasir, dsb): ~ perak dng tembaga; ~ adonan tepung terigu dng telur; 2 menyatukan; menggabungkan (bunyi, perkataan, kalimat, dsb) menjadi satu; mengumpulkan (modal): memperhebat usaha ~ modal nasional; 3 menjadikan padu (padat, kukuh, teguh); mengikat menjadi satu: kedua remaja itu sudah ~ janji; 4 membandingkan (satu dng lain); menyesuaikan (untuk mengetahui cocok tidaknya); menyerasikan: seorang wanita harus dapat ~ kebaya dng kain dan selendang yg dipakainya;~ hati (dng) menyatukan hati (dng); berunding (dng); ~ janji mengikat janji; ~ kasih berkasih-kasihan; ~ pakaian menyesuaikan pakaian (dng badan); ~ pendapat menyesuaikan pendapat; membulatkan pendapat; menyatukan pendapat;me·ma·du·kan v 1 membuat supaya padu; menjadikan padu; 2 menyesuaikan;mem·per·pa·du·kan v menjadikan berpadu;pa·du·an n yg sudah dipadu (disatukan, dijadikan satu, dsb); hasil memadu;~ suara nyanyian bersama (biasanya terdiri atas suara sopran, alto, tenor, dan bariton);ke·pa·du·an n keadaan padu; kesatuan (pikiran dsb); kebulatan (pendapat dsb);ter·pa·du v sudah dipadu (disatukan, dilebur menjadi satu, dsb);ke·ter·pa·du·an n perihal terpadu;per·pa·du·an n 1 perihal (keadaan) berpadu; 2 persesuaian;pe·ma·du n alat untuk memadukan;pe·ma·du·an n proses, cara, perbuatan memadu; penyatuan
Kata Kunci
Selengkapnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close