Nusagastic

Kendi; Tempat Air Minum Tradisional Jawa

Air merupakan sumber kehidupan utama bagi manusia. Menurut kajian Biologi, 78% tubuh manusia tersusun dari unsur air. Hal itu yang membuat air sangat penting bagi kehidupan manusia.

Secara umum, manusia melakukan konsumsi air melalui dua cara, yaitu melalui poses minum air (atau zat cair yang mengandung H2O)  dan makan makanan. Hampir semua makanan yang dikonsumsi manusia mengandung zat cair meskipun tidak semuanya dalam bentuk H2O.

Kendi adalah salah satu alat yang digunakan untuk menampung air minum sekaligus untuk alat minum. Bentuk kendi umumnya bulat atau sedikit lonjong dan memiliki dua buah lubang. Lubang yang terletak di atas ukurannya agak besar dengan diameter sekitar 2-3 cm. Lubang itu digunakan untuk memasukkan air minum ke dalam kendi. Sedangkan lubang yang terletak di sisi samping ukurannya agak kecil dengan diameter sekitar 1-1.5 cm. Lubang ini digunakan untuk mengeluarkan air ketika hendak minum atau keperluan lainnya.

Salah satu bentuk kendi yang sering digunakan.

Bentuk kendi umumnya hampir sama. Hanya saja beberapa kendi dihiasi dengan ornamen-ornamen dari tanah liat. Ukuran kendi sebetulnya juga hampir sama yaitu kendi untuk orang dewasa mampu menampung air minum sekitar 1,5 liter sedangkan untuk kendi kecil (untuk anak-anak) biasanya bisa menampung air sekitar 300 – 500 ml.

Fungsi kendi secara umum digunakan untuk alat menampung air minum atau untuk alat minum namun, ada juga masyarakat yang menggunakan kendi untuk upacara adat seperti ketika prosesi siraman atau untuk pelengkap sesajen ketika mengadakan acara hajatan.

Tahukah Kamu Arti anakoluton?

ana·ko·lu·ton n Ling pemakaian kalimat yg sengaja menyimpang dr pola yg umum
Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close