Kapan Harus Servis Mobil? Ketahui Waktu Tepatnya

Servis mobil berfungsi memastikan setiap komponen kendaraan dalam kondisi baik dan bisa digunakan. Rutin melakukan servis membantu Anda menjaga efisiensi penggunaan bahan bakar dan mengoptimalkan usia kendaraan. Jadi jangan tunggu ada komponen yang rusak. Salah-salah biaya servis yang harus dibayar akan membengkak. Pertanyaannya kini, kapan aja harus servis mobil?

Sebelum mengetahui waktu tepatnya servis kendaraan, Anda juga perlu memahami beberapa bagian dari mobil yang harus diservis serta biayanya.

Seperti diketahui, biaya cat mobil semua panel tentu saja akan berbeda jika hanya sebagian saja.

Macam-Macam Servis Mobil

Sebelum mengulik waktu terbaik melakukan servis, kiranya penting mengetahui apa saja macam jenis servis mobil yang biasa dilakukan, di antaranya:

Servis Berkala

Servis berkala adalah servis yang dilakukan secara rutin dengan jadwal tertentu. Interval servis mobil berkala umumnya didasarkan pada jarak tempuh mobil. Di mana mobil sebaiknya diservis rutin tiap kelipatan 10.000 km.

Akan tetapi, hitungan ini bisa pula didasarkan pada kala waktu 6 bulan dengan asumsi mobil sudah menempuh jarak 10.000 dalam 6 bulan pemakaian.

Servis Tune Up Mobil

Servis tune up dilakukan dengan melakukan penyetelan ulang semua komponen. Montir akan mengecek komponen-komponen mobil lebih jauh mulai dari membersihkan ruang bakar, memeriksa suku cadang, hingga mengganti suku cadang yang menurun performanya.

Karenanya waktu pengerjaan biasanya cukup lama. Macam servis ini dilakukan tidak terlalu sering tapi terjadwal.

Untuk biaya servis tune up cenderung lebih mahal dibanding servis berkala. Bergantung jenis mobil, kilometer, dan jenis bengkel.

Servis Lain-Lain

Servis mobil juga bisa mencakup servis jok motor, rem mobil, pintu mobil, audio mobil, lampu mobil, hingga cat yang mana biaya cat mobil semua panel atau biaya servis secara keseluruhan akan disesuaikan dengan tipe mobil.

Waktu Tepat untuk Servis Mobil

Agar kendaraan tetap aman dan nyaman dikendarai penting melakukan servis secara berkala. Umumnya servis bisa dilakukan tiap 6 bulan sekali atau tiap kelipatan 10.000 km. Berikut rekomendasi waktu servis mobil secara berkala, yaitu:

1. Servis Perdana

Servis perdana dilakukan dengan tujuan menghindari risiko kerusakan ketika mobil baru dibeli. Hal ini mempertimbangkan bisa jadi mobil disimpan di gudang tanpa dibersihkan atau dipanaskan mesinnya untuk waktu yang lama. Karenanya untuk servis perdana bisanya diberikan secara gratis oleh pihak dealer.

Pada servis perdana beberapa komponen akan dicek. Mulai dari oli pada mesin, oli transmisi, air radiator, minyak rem, oli power steering, dan kopling. Servis perdana ini penting seperlu menghindari kerusakan yang bisa merembet atau berdampak parah di kemudian hari.

Mobil baru juga akan dicek sistem kemudinya, tekanan angina, idle mesin, baut roda, dan pembersihan filter udara.

2. Servis Kedua Setelah Mencapai 10.000 Km

Servis kedua bisa dilakukan saat mencapai jarak tempuh 10.000 km. Kondisi mobil di waktu servis kedua ini dapat dijadikan patokan seberapa kuat mesin dan komponen lain di dalamnya.

Pada waktu servis kedua penting melakukan pengecekan pada mesin, ban, sistem rem, dan voltage baterai. Biasanya diperlukan pula pembersihan filter udara.

Tidak jarang pada servis 10.000 km ini dilakukan penggantian komponen. Dalam hal ini Anda bisa berkonsultasi dengan teknisi terpercaya.

3. Servis Ketiga Setelah Mencapai 20.000 Km

Setelah mencapai kilometer 20.000 pada kendaraan roda empat biasanya mulai muncul keluhan ringan. Seperti masalah di kelistrikan, mesin, atau kaki-kaki.

Karenanya diperlukan servis ketiga untuk melakukan pengecekan komponen lebih banyak lagi dan biasanya dibutuhkan penggantian.

4.  Servis Keempat Setelah Mencapai 30.000 Km

Setelah masuk angka 30.000 km umumnya tindakan servis akan lebih banyak dan demikian pula dengan penggantian komponennya. Busi, fuel filter, oli mesin, oli transmisi untuk kendaraan automatic semuanya kemungkinan minta diganti.

Keluhan pada kaki-kaki seperti komponen shock absorber, tie rod, dan strut bar semakin menjadi. Karena setelah masuk kilometer 30.000 biasanya kondisi kaki-kaki mulai lemah.

Demikian waktu-waktu yang tepat untuk melakukan servis mobil. Agar kendaraan Anda selalu prima memang dibutuhkan servis secara berkala.

Sebenarnya belum cukup dengan servis, kiranya Anda juga membutuhkan perlindungan berbentuk asuransi mobil. Produk asuransi mobil diperlukan untuk memberi perlindungan mobil kesayangan dari berbagai macam risiko.

Di Indonesia sendiri dikenalkan banyak produk asuransi mobil yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Adapun secara umum asuransi mobil dibedakan menjadi asuransi TLO (Total Loss Only) atau asuransi All Risk. Anda bisa memilih produk asuransi mobil yang sesuai kebutuhan, karena Anda paling mengerti.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit