Jenis Investasi Reksadana Paling Cuan Saat Ini

Investasi memiliki manfaat yang besar untuk keuangan jangka panjang. Bahkan saat ini investasi juga terbuka untuk kamu yang ingin memilih jangka pendek maksimal 1 tahun, salah satunya yaitu investasi reksadana.Di sisi lain, reksadana juga merupakan investasi yang minim risiko. Pasalnya ada beberapa jenis reksadana yang memiliki tingkat risiko yang tergolong kecil.

Jenis Produk Reksadana Terbaik Saat Ini

Bingung memilih jenis investasi reksadana? Berikut ini kami punya beberapa rekomendasi reksadana yang paling cuan saat ini sebagai bahan pertimbangan.

1. Investasi Reksadana Pasar Uang

Jika kamu ingin berinvestasi dengan keuntungan yang pasti dan minim risiko, reksadana pasar uang adalah solusinya. Pengalokasian dana investasi ini sebagian besarnya akan dialokasikan pada deposito dan surat berharga. Untuk jatuh temponya sendiri biasanya di bawah satu tahun.

Cara kerja dari reksadana pasar uang mampu meminimalisir risiko kerugian. Itulah kenapa, pasar uang cocok sekali untuk kamu yang sedang mencari investasi dengan tingkat risiko yang rendah.

Di sisi lain, reksadana pasar uang juga mampu memberikan keuntungan lebih tinggi dibandingkan deposito. Jadi bagi kamu yang ingin mendepositokan uang, sebaiknya pertimbangkan reksadana pasar uang saja.

2. Investasi Reksadana Pendapatan Tetap

Pendapatan tetap merupakan reksadana yang sebagian besar dana investasi akan dialokasikan pada aset obligasi milik pemerintah maupun swasta. Lalu sisa dananya akan dialokasikan pada beberapa instrumen pasar uang yang pergerakannya stabil.

Investasi reksadana pendapatan tetap menawarkan cuan yang cukup besar dengan tingkat risiko yang rendah. Namun, beberapa kalangan menilai bahwa produk ini memiliki tingkat risiko moderat untuk jangka panjang, karena berpotensi mengalami perubahan harga karena bersifat fluktuatif.

3. Investasi Reksadana Campuran

Perbedaan reksadana campuran dengan produk sebelumnya terletak pada pengalokasian dananya. Dana investasi untuk reksadana campuran ini akan dialokasikan pada beberapa aset seperti saham, obligasi, dan pasar uang.

Risiko reksadana campuran tergolong tinggi. Hal tersebut karena produk investasi ini mengalokasikan dananya ke aset saham. Seperti yang kita ketahui, saham adalah investasi yang memiliki tingkat risiko tinggi.

Namun, sesuai dengan prinsip investasi, semakin tinggi risikonya, maka potensi keuntungannya pun semakin besar.

Jenis Investasi Reksadana Paling Cuan Saat Ini 1
Jenis Investasi Reksadana Paling Cuan Saat Ini 2

Tips Memilih Jenis Reksadana

Jangan terburu-buru menentukan produk reksadana. Sebelum kamu membeli produk investasi tersebut, ikuti beberapa tips yang sudah kami rangkum di sini agar proses investasi kamu berjalan lancar sesuai harapan.

1. Kenali Tingkat Risiko Investasi Sebelum Memilih

Semua produk reksadana yang kami jelaskan di atas, saat ini menawarkan cuan yang bagus. Terutama untuk reksadana pasar uang yang performanya sedang bagus-bagusnya.

Ada juga tingkat risiko yang tinggi seperti pengalokasian dana pada saham. Meski begitu, potensi keuntungannya pun tinggi. Jadi pertimbangkan tingkat risikonya sesuai kemampuan.

2. Pilih Perusahaan yang Kredibel

Perhatikan juga kredibilitas perusahaan investasi yang akan kamu pilih. Pastikan perusahaannya sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Begitu juga dengan manajer investasi yang akan mengelola dana atau modal investasi kamu. Pilihlah manajer investasi yang juga kredibel dan berpengalaman.

3. Sesuaikan Jangka Investasi dengan Kebutuhan

Jangka investasi saat ini tergolong cukup beragam. Kamu bisa memilih jangka pendek maksimal 1 tahun atau jangka panjang di atas 3 tahun.

Memilih jangka investasi reksadana harus sesuai dengan tujuan dan kebutuhan. Contohnya, jika kamu berinvestasi untuk dana pendidikan, maka sebaiknya pilih jangka panjang saja.

4. Tentukan Modal Sesuai Kebutuhan

Saat ini, modal berinvestasi reksadana bisa dimulai dengan dana yang sangat minim sekali. Meski begitu, kamu harus tahu bahwa semakin tinggi modal yang kamu tempatkan, maka semakin tinggi juga keuntungannya.

Namun, bukan berarti kamu harus dan wajib menggunakan modal yang besar. Sesuaikan saja dana dengan kemampuan budget yang kamu miliki agar tidak mengganggu kondisi finansial kamu.

Rekomendasi Produk Investasi Reksadana Terbaik

Bingung memilih perusahaan untuk berinvestasi reksadana? Kini kamu bisa membeli produk reksadana secara online dimana saja dan kapan saja melalui Aplikasi digibank by DBS. Proses investasi kini semakin mudah dan efisien melalui aplikasi tersebut.

Aplikasi digibank by DBS merupakan layanan digital banking yang sudah terdaftar di OJK. Dana investasi kamu akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional dan juga kredibel.

Semua perkembangan investasi kamu juga bisa dilihat dari aplikasi tersebut. Selain itu, aplikasi tersebut juga sudah didukung dengan fitur yang canggih untuk memudahkan para investor yang berinvestasi.

Kenapa Harus Berinvestasi di Aplikasi digibank by DBS?

Aplikasi digibank by DBS adalah salah satu aplikasi untuk melakukan investasi reksadana terbaik. Selain itu, semua fitur yang tersedia pada aplikasi akan memudahkanmu mulai dari mendaftar hingga mengikuti perkembangan investasi yang sedang berjalan.

Produk investasi reksadana terbaik dari Aplikasi digibank by DBS ini juga memiliki banyak kelebihan yang sudah kami rangkum berikut ini:

  • Menyediakan 3 pilihan kategori reksadana mulai dari reksadana dengan kinerja terbaik, reksadana terpopuler, dan scoring terbaik.
  • Aplikasi digibank by DBS menyediakan sistem pembelian berkala yang fleksibel.
  • Investor bisa memilih hingga 50 produk reksadana sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.
  • Menawarkan penempatan dana minimum mulai dari Rp100.000 saja.
  • Semua proses menjalankan reksadana mulai dari daftar SID, jual, beli hingga switch investasi bisa kamu lakukan hanya melalui Aplikasi digibank by DBS saja.

Aplikasi digibank by DBS adalah solusi mudah berinvestasi di era modern. Kamu bisa menjalankan investasi reksadana mulai dari jual, beli, dan lainnya hanya melalui aplikasi saja. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, langsung pasang aplikasinya dan daftar sekarang juga.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit