Intip Tips Penting Tinggal di Perumahan

Tinggal di area perumahan mungkin menjadi impian beberapa orang. Pasalnya, hidup dan tinggal di perumahan memiliki banyak keunggulan seperti lingkungan yang nyaman, akses jalan yang rapi dan sistem keamanan yang ketat. 

Sama seperti hidup di lingkungan apartemen, rumah susun atau rumah kavling, tinggal dan menetap di area perumahan pun harus menaati aturan dan adab bertetangga. Kira-kira apa saja ya adab atau aturan dalam hidup di perumahan? Mari kita simak selengkapnya di sini.

Fungsi adanya aturan di area perumahan

Biasanya aturan untuk hidup bertetangga di perumahan tidak tertulis namun dipatuhi oleh warga sekitar. Aturan di area perumahan ini biasanya sudah langsung dipahami oleh setiap orang. Misalnya dilarang untuk ikut campur urusan tetangga jika tidak diminta sebagai mediator. Selain itu, tidak boleh menghidupkan musik terlalu keras agar tidak mengganggu ketenangan dan lain-lain. Berikut ini fungsi adanya aturan dalam bertetangga dan hidup di perumahan,

Sebagai batasan untuk menghargai privasi antar tetangga 

Kehadiran peraturan tidak tertulis dalam bertetangga di perumahan berfungsi untuk menghormati privasi tetangga. Hal-hal yang berkaitan dengan masalah pribadi keluarga akan terlindungi dengan adanya aturan-aturan tersebut.

Melindungi ranah pribadi setiap tetangga 

Apa yang akan kamu rasakan ketika ada tetangga yang merusak kebun atau halaman milikmu? Kesal? Nah, adanya aturan tidak tertulis ini akan melindungi area pribadi seperti taman rumah agar tidak sembarangan dirusak oleh tetangga.

Melindungi kenyamanan tetangga

Aturan di perumahan juga akan melindungi kenyamanan tetangga saat hidup bersama di sebuah lingkungan. Setiap warga tidak akan sembarangan membuat gaduh atau merusak area sekitar lingkungan.

Tips penting jika ingin tinggal di perumahan

Banyak sekali perumahan di Indonesia. Kamu bisa memilih jenis perumahan mulai dari menentukan mau tinggal di mana. Misalnya kamu ingin hidup dan tinggal di Bandung, kamu bisa memulai dengan mencari tahu harga rumah di bandung. Tujuan untuk mencari tahu harga rumah adalah agar kamu bisa menyesuaikan dengan budget pribadi. Berikut ini ada beberapa tips tinggal di perumahan agar kamu hidup dengan aman dan nyaman.

Berkenalan dengan tetangga 

Pertama-tama kamu bisa berkenalan dengan tetangga, khususnya ketua RT dan RW. Perkenalan ini dilakukan untuk memperkenalkan diri kamu sebagai warga baru yang akan tinggal dan menetap di area tersebut.

Jalin hubungan dengan tetangga depan rumah, samping kiri dan kanan 

Apabila kamu adalah warga baru, pastikan kamu mengenal tetangga di depan, samping kiri dan kanan rumahmu. Setidaknya kamu memperlihatkan sosokmu sebagai tetangga baru.

Pahami budaya di lingkungan sekitar 

Pahami juga budaya di lingkungan sekitar. Ada beberapa karakter perumahan di sekitar kita. Ada lingkungan yang terbuka sehingga sesama tetangga masih suka untuk saling dan menyapa. Namun, di sisi lain ada juga tetangga yang saling tertutup dan lebih individual. Pastikan kamu bisa menyesuaikan diri ya. 

Tidak membuat masalah dan kegaduhan

Ini adalah hal paling penting yang harus kamu lakukan yaitu tidak memicu dan membuat masalah serta kegaduhan. Apabila kamu memelihara hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, pastikan kamu melatih mereka untuk tenang dan tidak dilepas sembarangan.

Tinggal di perumahan pun mengharuskan kamu untuk mematuhi aturan-aturan atau adab tidak tertulis. Tujuannya agar hidup kamu aman dan nyaman sehingga bisa melakukan kegiatan atau aktivitas dengan baik. Semoga informasi di atas berguna ya buat kamu. Yuk jadi tetangga yang baik dengan menerapkan tips penting tinggal di perumahan di atas!

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit