Nusagatizen

Internet Positif Kok Pakai Deceptive Attack

Internet positif adalah situs yang digunakan untuk pengganti tampilan situs-situs yang diblokir oleh Internet Service Provider (ISP) di Indonesia. Semua situs yang diblokir oleh ISP akan diarahkan ke Internet Positif tersebut. Namun, aku tidak tahu, ISP mana saja yang mengarahakan blocked domain ke Internet Positif tersebut.

Tujuan Internet Positif sangatlah bagus. Semua situs yang bertentangan dengan UU ITE dan dirasa mengancam stabilitas bangsa melalui propaganda, provokasi, penyebar kabar HOAX, situs pornografi, dan lain sebagainya diblock dan diredirect (diarahkan) ke Internet Positif.  sayangnya, di situ hanya disajikan dengan menu-menu iklan yang terkadang juga tidak positif.

Salah satu iklan yang tidak positif baru sajaku temukan saat mencoba akses salah satu webku. Karena Name Servernya belum terpropagated dengan baik, ISP mengarahkan ke Mercusuar (Uzone) yang masih sesusuan dengan Internet Positif.

Contoh deceptive Offensive di situs Mercusuar
Iklan paling bawah yang berisi tulisan Ruang Memori tidak Memadai itu termasuk kategori deceptive attack menurut Google Safe Browsing

Saat kucoba klik iklan tersebut ternyata langsung diwnload file berekstensi apk tanpa meminta persetujuan terlebih dahulu. Ini sebenarnya melanggar hak visitor menurut hukum konvensional pembuatan konten website internasional.

Contoh iklan deceptive offensive ketika diakses
Tampilan halaman iklan deceptive attack dari Situs Mercusuar

Aku masih penasaran. Untuk menuruti ketidakpercayaanku kalau Internet Positif memasang iklan deceptive attack, aku segera meluncur ke situs Internet Positif langsung. Tanpa melalui redirect. Walhasil, ternyata hasilnya sama. Disana iklan model deceptive attack juga ditampilkan.

Contoh iklan deceptive offensive di situs Internet Positif
Iklan paling bawah yang bertuliskan baterai  tidak mencukupi merupakan iklan deceptive attack menurut kriteria Google Safe Browsing. Iklan yang dilarang dan web penayang akan dibanned oleh Google jika ketahuan.

Yah.. begitulah kura-kura. Sungguh ironis. Internet positif kok memakai iklan model deceptive attack. Sungguh ruarrrr biyasyah.

Bacaan lengkap mengenai deceptive attack bisa dilihat di blog Google berikut: https://security.googleblog.com/2015/11/safe-browsing-protection-from-even-more.html?m=0

Note: Jika ada tanggapan, kritik, saran, sanggahan, atau keberatan atas semua atau sebagian konten yang ada di artikel ini silahkan menghubungi penulis melalui email [email protected]

Tahukah Kamu Arti apatis?

apa·tis a acuh tidak acuh; tidak peduli; masa bodoh: kita tidak boleh bersikap -- thd usaha pembangunan Pemerintah
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close