Ini 7 Tips Ampuh Belajar Bahasa Jerman Sendiri

100
Ini 7 Tips Ampuh Belajar Bahasa Jerman Sendiri
Ini 7 Tips Ampuh Belajar Bahasa Jerman Sendiri

Bahasa Jerman dikenal dengan tata bahasanya yang sulit dan pelafalannya yang keras. Banyak orang lebih memilih untuk kursus untuk bisa menguasai bahasa ini, salah satunya dengan kursus di studiva.com.

Untuk mempercepat penguasaan Bahasa Jerman, kursus saja tidak cukup tapi kamu juga harus berinisiatif belajar sendiri di waktu luang.

Pada kesempatan kali ini, penulis ingin memberikan tips bagaimana memulai belajar Bahasa Jerman sendiri dan bagaimana membuat prosesnya menjadi lebih cepat dan mudah.

  1. Temukan gaya belajar yang sesuai

Setiap orang punya cara belajarnya masing-masing. Ada yang bisa memakai metode lama seperti dengan menggunakan buku pelajaran dan kamus yang tebal. Tapi metode ini tidak menjadi patokan belajar yang harus diikuti.

Eksplorasilah berbagai metode lainnya yang bisa menjadi media belajar kamu. Misalnya jika kamu seorang visual learner maka menonton film Jerman bisa menjadi metode belajar yang cocok.

Kemudian jangan terpaku pada satu metode. Mungkin kamu juga mampu menyerap Bahasa Jerman dengan berlatih percakapan maka kamu bisa mencari penutur Bahasa Jerman dan berlatih bercakap-cakap sambil mendengarkan koreksi dan saran dari lawan bicaramu.

  1. Mencari teman online dengan tujuan yang sama

Teman belajar online bisa menjadi cara yang menyenangkan karena tidak akan merasa terbebani dengan menggunakan Bahasa Jerman jika hanya sekedar berinteraksi dengan teman online.

Cara ini juga berguna menjaga Bahasa Jerman tetap fresh di otak kamu dan membiasakanmu untuk meluangkan waktu menggunakan Bahasa Jerman setiap hari.

Kamu bisa mencari teman belajar online di banyak tempat seperti forum, media sosial, ruang chat dan masih banyak lagi.

  1. Konjugasi adalah tata bahasa yang utama

Walaupun semua aturan gramatika dalam Bahasa Jerman itu penting, mempelajari konjugasi dalam Bahasa Jerman bisa mempercepat penguasaan terhadap bahasa tersebut.

Dengan mempelajari konjugasi maka kemungkinan kamu melakukan kesalahan pada tata bahasa akan semakin kecil. Cari tahu bagaimana sistem kata kerja beradaptasi terhadap kata-kata lainnya seperti perubahannya pada subjek, pluralitas, dan tense tertentu.

  1. Pelajari kata baru setiap hari

Kosakata yang luas adalah salah satu kunci dari penguasaan bahasa. Mempelajari kata baru dalam proses belajar setiap hari adalah tugas yang cukup mudah dilakukan.

Kamu bisa memulai dengan menghafalkan tiga kata Bahasa Jerman setiap hari dan jadikanlah sebagai rutinitas. Walaupun sedikit lama-lama akan menjadi bukit dan tanpa disadari kamu sudah mengenal ribuan kosakata baru.

  1. Uji kemampuan setiap minggu

Mengerjakan soal-soal bisa menjadi cara untuk mengukur kemampuan Bahasa Jerman yang sudah kamu capai. Dengan memantau hasil belajar, kamu akan mengetahui seberapa dekat proses belajar yang harus dicapai lagi untuk bisa meraih tujuanmu.

Kamu bisa berinisiatif mengerjakan soal-soal di buku pelajaran yang biasanya terletak pada setiap akhir bab. Atau kamu juga bisa mengerjakan soal-soal yang ada di internet.

Kemudian tanyakanlah dengan partner berbicara bagaimana penilaian mereka terhadap kelancaran bicara kamu dalam menggunakan Bahasa Jerman Apakah masih ada yang harus diperbaiki atau harus ditambahkan jam belajarnya.

  1. Menekuni hobi yang berhubungan dengan Bahasa Jerman

Cara belajar lainnya yang menyenangkan dan tidak cepat bosan adalah dengan sambil melakukan rekreasi. Ada banyak media yang bisa kamu manfaatkan sebagai alat untuk belajar Bahasa Jerman.

Kamu bisa bermain video game, mendengarkan musik, menonton film atau melihat pertunjukkan yang menggunakan Bahasa Jerman untuk melatih kemampuanmu.

Dengan melakukan kegiatan yang menstimulasi penggunaan Bahasa Jerman, secara tidak sadar kamu akan semakin familiar dengan kata-kata berbahasa Jerman dan mempermudah kamu saat sesi belajar.

  1. Mengikuti kursus

Mendaftar ke tempat kursus adalah cara yang paling efektif untuk menguasai Bahasa Jerman dengan cepat.

Walaupun harus mengeluarkan dana, kamu tidak perlu repot membuat jadwal belajar dan mencari materi pelajaran yang baru setiap harinya karena lembaga kursus pasti sudah memberikan struktur materi belajar yang paling tepat dan akurat.

Penulis merekomendasikan Studiva sebagai tempat kursus Bahasa Jerman karena di studiva kamu akan mendapat jaminan mahir Bahasa Jerman dan juga menyediakan program-program menarik yang bisa membawamu menggapai karir di Jerman.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Tanggapan Kamu?