Beranda blog

Yuk Intip Tips Berbelanja di Yogyakarta

0

“Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu” Begitu istimewanya Yogyakarta, grup band KLA Project mengabadikannya dalam sebuah lagu. Setiap sudut Yogya layak untuk dicintai dan diabadikan dalam kenangan, termasuk dalam bentuk buah tangan.

Ya, berwisata kurang lengkap rasanya jika tidak berbelanja sesuatu yang khas di daerah atau obyek wisata yang kita kunjungi. Apalagi tujuan wisata secantik Yogyakarta. Tapi berbelanja pun tak asal belanja, sebab tanpa perencanaan yang tepat belanja oleh-oleh bisa membahayakan anggaran rumah tangga.

Agar tidak kecewa di kemudian hari, serta tidak mengganggu kestabilan keuangan, berikut beberapa tips belanja di Yogyakarta:

Belanja di sentra pengrajin

Belanja untuk buah tangan lebih murah jika membeli langsung dari para pengrajin atau produsen. Kenali sentra-sentra pengrajin di Yogyakarta sesuai jenis produknya. Misalnya pusat bakpia pathuk di Kampung Pathuk atau jalan Satsuit Tubun. Kain batik tulis bisa dibeli dari para pengrajin di kampung batik Giriloyo. Tapi jika ingin batik dengan harga lebih terjangkau karena dalam bentuk batik cap pabrikan maka Pasar Beringharjo dan Malioboro adalah tempat berbelanja yang tepat. Aneka baju, ornamen, suvenir khas Yogya bisa dibeli di Malioboro.

Jangan ragu menawar

Percaya atau tidak, terkadang para pedagang menawarkan dagangan dengan harga yang sudah dinaikkan lima puluh persen dari harga wajar. Jangan ragu untuk menawar. Tetapi tetap ajukan penawaran dengan sopan, jika raut wajah pedagangnya menunjukkan keberatan harap bersabar dan tak perlu tersinggung.

Tak usah terburu-buru memutuskan

Di Malioboro dan Pasar Beringharjo adalah pusat souvenir khas Yogyakarta. Tak jarang satu jenis produk dijual di beberapa kios yang berbeda. Maka tak perlu terburu-buru melakukan transaksi. Kunjungi stand-stand yang menawarkan barang incaran sekaligus membandingkan harga. Terkadang ada pedagang yang menjanjikan harga khusus untuk pembelian dalam partai besar. Oleh sebab itu ada baiknya meluangkan waktu khusus ketika berbelanja, agar bisa menikmati window shopping dan mendapatkan penawaran terbaik

Ambil hati si pedagang

Belajarlah berbahasa Jawa halus. Sebagian besar pedagang di Malioboro, Pasar Beringharjo adalah penduduk asli Yogya sekitarnya. Ajak mereka ngobrol, tak mengapa dianggap Sok Akrab Sok Dekat (SKSD) Terkadang pedagang menaruh perhatian khusus bagi pelanggan yang dianggap ramah dan mampu mengambil hatinya, hingga memberikan harga diskon besar-besaran sebagai bentuk apresiasinya.

Manfaatkan Kemudahan Pembayaran

Bank digital sudah sangat berkembang. Manfaatkan kemudahan Infrastruktur digital bank raya untuk belanja sehingga cashflow kita terpantau dengan detail. Cashless sudah menjadi trend di Indonesia, bahkan pedagang cilok pun sudah menggunakan QR code sebagai salah satu alat untuk pembayaran.

Mudah saja kan tips khusus untuk berbelanja? Selamat mempraktikannya di Yogyakarta. Tapi jangan lupa sebelum masuk pasar baca doa.

5 Rekomendasi Kuliner Sidoarjo yang Bikin Ketagihan

Berwisata kurang lengkap tanpa mencicipi makanan atau kuliner khas daerah tertentu. Wisata kuliner telah menjadi bagian dari agenda tamasya dan paket touring wisata. Berwisata kuliner tak hanya bertujuan menikmati cita rasa kearifan lokal, namun mengabadikan momen di tempat makan legendaris seperti 5 rekomendasi wisata kuliner Sidoarjo bisa menjadi salah satu ide konten bagi para konten kreator.

5 Rekomendasi Wisata Kuliner Sidoarjo

Berikut adalah 5 Rekomendasi Wisata Kuliner Sidoarjo

1. Kupang Lontong

Kuliner Sidoarjo yang cukup tenar adalah kupang lontong. Kupang adalah sejenis kerang berukuran kecil, biasanya dimasak dengan bumbu kuah petis pedas. Di Sidoarjo banyak penjual Kupang Lontong. Salah satunya di Bursa Kupang Lontong di jalan Raya Gedangan, mudah diakses dari Surabaya melalui jalan utama A Yani yang berbatasan dengan Sidoarjo. Harga per porsi antara 7-8 ribu rupiah siap memanjakan lidah pecinta seafood.

5 Rekomendasi Kuliner Sidoarjo yang Bikin Ketagihan 1
Kupang Lontong – 5 Rekomendasi Wisata Kuliner Sidoarjo – Sumber: GNFI

2. Rujak Cingur Hj Simpen

Rujak cingur lebih dikenal sebagai makanan khas Jawa Timur khususnya Surabaya. Namun Rujak Cingur Hj Simpen sangat fenomenal, hingga pembelinya tak hanya dari lokal Sidoarjo, tetapi hingga juga dari luar kota. Tidak mengherankan jika di jam makan siang antrian menikmati rujak cingur Hj. Simpen cukup panjang. Tempat makannya sederhana, warung yang tak begitu luas namun cukup memuat hingga sekitar 50 pengunjung. Warung rujak cingur ini terletak di Jl. Raya Dungus 22, Sukodono Sidoarjo. Jika dari arah Surabaya bisa mengambil arah Jl. Raya Sepanjang, belok ke kiri di pertigaan Kletek hingga menemui perenaman Dungus, belok kiri di perenaman tersebut dan warung berada di sebelah kiri jalan. Harga tak sampai 20 ribu rupiah seporsi rujak cingur siap dinikmati.

3. Ayam Panggang WAPD (Warung Ayam Panggang Dungus)

Hobi menikmati ayam panggang lengkap dengan urap-urapnya? Jangan lupakan Warung Ayam Panggang Dungus. Dengan merogoh kocek 30 ribuan, sudah dapat 1 paket 1 potong ayam kampung panggang, nasi dan urap. Selain ayam panggang, WAPD juga menawarkan ayam panggang madu dan beberapa paket lainnya. Warung makan ini bisa dituju dengan mudah Jl. Raya Dungus No.3-5, Sukodono, Sukodono, Kec. Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61258.

4. Ceker Lapindo

Nama kuliner ini mengacu pada lumpur Lapindo yang menyebabkan bencana besar di Sidoarjo beberapa tahun lalu. Terletak di Jl. Dr Soetomo No.12 Gajah Timur, Magersari, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo kuliner yang menonjolkan olahan kaki ayam bumbu pedas cukup digandrungi masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya. Kuliner dengan kisaran harga di bawah 20 ribu ini siap memanjakan pecinta makanan pedas.

5. Warung Bakso Solo Mburi Kantor Pos

Sesuai namanya, kedai bakso ini berada di belakang Kantor Pos Sidoarjo, tepatnya di Jl. Teuku Umar ll/3 Sidoarjo. Seperti bakso Solo pada umumnya, Bakso Mburi Kantor Pos ini menyajikan bakso kasar dan halus tanpa aneka isian, tetapi tahu dan gorengan masih bisa dibeli secara terpisah. Harga per porsi 15 ribu rupiah siap memadamkan kelaparan.

5 rekomendasi wisata kuliner Sidoarjo ini menjadi ciri khas kota yang terkenal dengan sebutan Kota Delta. Beberapa di antaranya bisa dipesan melalui aplikasi online, namun menikmatinya langsung di lokasi pasti meninggalkan kesan khusus di hati. Jangan lupa untuk menikmati rekomendasi kuliner Semarang jika bepergian ke Semarang.

Tetap Segar dan Fresh Meskipun Di Rumah Saja dengan Molto Korean Strawberry

0

Emak berdaster bau bawang menjadi salah satu momok terbesar ibu rumah tangga. Mau pakai parfum apalagi dandan di rumah benar-benar memerlukan tenaga dan waktu yang ekstra. Akhirnya, skip aja deh! Lagian ngapain, orang di rumah aja. Tapiii.. waktu lagi leyeh-leyeh bau bawang ini dengan tidak sopannya menguar masuk ke hidung. Kalau pakai pewangi pakaian saat mencuci kayanya simple gtu ya. Tinggal tuang saat bilasan terakhir. Untuk mendukung gerakan emak tidak bau bawang agar makin di sayang. Inilah tips mudah tetap segar dan fresh di rumah dengan pewangi pakaian korea. Simak baik-baik ya!

Kapan Harus Servis Mobil? Ketahui Waktu Tepatnya

Servis mobil berfungsi memastikan setiap komponen kendaraan dalam kondisi baik dan bisa digunakan. Rutin melakukan servis membantu Anda menjaga efisiensi penggunaan bahan bakar dan mengoptimalkan usia kendaraan. Jadi jangan tunggu ada komponen yang rusak. Salah-salah biaya servis yang harus dibayar akan membengkak. Pertanyaannya kini, kapan aja harus servis mobil?

Keuntungan Reksadana dalam Investasi bagi Emak Rumah Tangga

0

Emak-emak rumah tangga seringkali galau akan berinvestasi lewat apa. Apakah tabung di bank, emas, saham atau reksadana. Di sisi lain, enggak semua emak rumah tangga menguasai ilmu dalam berinvestai. Aku sendiri memutuskan untuk menggunakan reksadana. Keuntungan reksadana dalam investasi membuatku mantab memilih reksadana dibandingkan saham. Ada beberapa pertimbangan kenapa reksadana menjadi pilihanku untuk berinvestasi.

Lima Ucapan Perpisahan untuk Rekan Kerja yang Pindah Tugas

Hidup bermasyarakat adalah bagian dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Berinteraksi dan bekerja sama dengan insan lainnya merupakan kebutuhan yang tak bisa dihindari. Tak terkecuali interaksi dengan rekan kerja. Maka ketika teman kerja memutuskan mengundurkan diri dan pindah ke lain perusahaan atau menerima panggilan pindah tugas ke lain instansi, sebagai makhluk sosial tentu memikirkan ucapan perpisahan untuk rekan kerja yang pindah tugas adalah hal yang pantas.

Tujuan Memberikan Ucapan Perpisahan untuk Rekan Kerja yang Pindah Tugas

Seberapa penting memberikan kenang-kenangan atau ucapan khusus bagi teman yang hendak pindah tugas? Sebagai makhluk sosial dan memegang norma dan adab masyarakat timur, memberikan ucapan berkesan bagi teman yang pindah tugas adalah sesuatu yang merupakan hal yang sepantasnya dilakukan. Tujuan memberikan ucapan untuk teman pindah tugas adalah:

  1. Meninggalkan dan memberikan kesan baik

Sebuah perjumpaan pasti ada perpisahan. Jika perpisahan itu terjadi di ruang lingkup dunia kerja maka meninggalkan kesan baik antara teman adalah hal yang layak untuk dikenang.

  • Memberikan semangat pada teman yang pindah

Tak mudah meninggalkan suasana kerja yang nyaman dan rekan-rekan seperjuangan. Maka untuk membangun mood, memberikan semangat bagi rekan yang hendak pindah, ucapan penyemangat layak diberikan.

  • Momen yang patut dikenang

Selama berinteraksi dengan rekan kerja banyak hal terjadi. Ada kenangan-kenangan indah ketika meraih penghargaan dan prestasi, serunya mengejar tenggat akhir proyek atau momen yang juga membuat hati merasa tak nyaman seperti salah paham, kegagalan dalam tim. Momen bahagia patut dirayakan namun saat merasa tak nyaman hendaknya juga saling memaafkan. Saat perpisahan karena pindah tugas adalah saat yang tepat untuk bermaafan atas segala kesalahan.

Lima Ucapan Perpisahan untuk Rekan Kerja yang Pindah Tugas

  1. 1. Selamat bertugas di tempat baru semoga sukses

Setiap orang selalu berharap kesuksesan. Meski merasa kehilangan atas pindahnya seorang rekan kerja, tak ada salahnya mendoakan sang teman untuk kesuksesan di tempat baru.

5 Rekomendasi Kuliner Sidoarjo yang Bikin Ketagihan 2
Ucapan perpisahan untuk rekan kerja yang pindah tugas
  • 2. Terimakasih atas kebersamaan selama ini, kapan-kapan kumpul-kumpul lagi
5 Rekomendasi Kuliner Sidoarjo yang Bikin Ketagihan 3
Ucapan perpisahan untuk rekan kerja yang pindah tugas

Indahnya persahabatan dan jalinan pertemanan adalah mengucapkan terimakasih atas kebersamaan yang telah terjalin selama berinteraksi. Tentu disertai pula harapan agar perpisahan di tempat kerja bukanlah akhir dari sebuah persahabatan.

  • 3. Selamat atas tercapainya impian, selamat berjuang

Pindah tugas ke tempat baru sama artinya memulai perjuangan di medan tempur baru. Beradaptasi dengan teman kerja yang mungkin belum pernah dikenal, bekerja dengan job description yang berbeda, ruang kerja yang tak sama dengan sebelumnya dan berbagai hal baru lainnya.

5 Rekomendasi Kuliner Sidoarjo yang Bikin Ketagihan 4
Ucapan perpisahan untuk rekan kerja yang pindah tugas
  • 4. Maju terus pantang mundur

Bekerja dimanapun tentu menemui masalah dan berbagai hambatan. Ucapkan hal-hal yang bisa memotivasi teman agar ia tak patah semangat di tempat kerja baru

5 Rekomendasi Kuliner Sidoarjo yang Bikin Ketagihan 5
Ucapan perpisahan untuk rekan kerja yang pindah tugas
  • 5. Selamat menikmati suasana baru kenanglah kami selalu

Adakala meski bahagia karena pindah tugas dengan posisi baru, setengah hati merasa berat meninggalkan teman seperjuangan. Berikanlah semangat pada rekan kerja yang akan berpindah tugas. Yakinkan sang teman bahwa keputusan pindah tugas adalah hal yang tepat. Biarlah kebersamaan selama bekerja dalam satu tim kerja menjadi kenangan sekaligus penyemangat. Bahwa dengan bekerja di tempat baru akan menemukan atmosfer kerja yang tak kalah menyenangkan.

5 Rekomendasi Kuliner Sidoarjo yang Bikin Ketagihan 6
Ucapan perpisahan untuk rekan kerja yang pindah tugas

Lima ucapan perpisahan untuk rekan kerja yang pindah tugas tersebut merupakan contoh bahwa perpisahan adalah hal yang layak dikenang. Posisi atau tugas baru sang rekan bisa jadi adalah impiannya jauh hari. Maka ucapkan selamat pada rekan yang akan bertugas di tempat kerja baru dan berilah semangat agar ia tak lelah berjuang.

Tahapan anak belajar berhitung, disiapkan yuk!

0

Hayoo siapa nih yang waktu sekolah engga suka matematika karna susah? Susah dimengerti, difahami apalagi dikerjakan. Saya juga sempat merasakan kesulitan belajar matematika. Padahal matematika atau berhitung ini merupakan salah satu life skill yang harus dimiliki bukan? Segala hal yang ada disekitar kita saja selalu menggunakan kaidah matematika. Jika saya sebagai dewasa saja merasa kesulitan dengan matematika atau hitungan, apalagi anak-anak?

Kewajiban Laki-laki Terhadap Ibu dan Istrinya

0

Laki-laki setelah menikah seringkali dilema diantara ibu dan istrinya, mana yang harus didahulukan. Kewajiban laki-laki terhadap ibu dan istrinya harus dipenuhi. Kisah Al Qamah patut direnungkan bagi seorang suami, bagaimana ia harus bersikap kepada ibunya setelah menikah. Istri pun harus mengambil pelajaran dari kisah al-Qamah, bagaimana ia harus bersikap kepada mertuanya, yang telah mendidik dan mengasuh suaminya.

***

Kisah Al Qamah dan Sakit Hati Ibunya yang Menghalangi dari Surga

Imam Ibnu Hajar bercerita:

Kisah seorang pemuda bernama Alqamah. Ia adalah pemuda yang giat beribadah, baik shalat, puasa maupun sedekah. Satu ketika ia sakit parah. Lalu istrinya mengutus orang menuju Rasulullah: sesungguhnya suamiku, Alqamah, sedang sekarat, saya ingin memberitahukan keadaan nya kepadamu wahai Rasulullah.

Kemudian Rasulullah mengutus Ammar, Bilal dan Shuhaib. Beliau bersabda: berangkat lah kesana dan talqinlah ia untuk membaca syahadat. Maka mereka bertiga pun mendatanginya dan menemukannya sedang sekarat. Mereka pun mentalqin Alqamah: La ilaha illallah.

Tetapi lisannya tak mampu berbicara. Mereka pun melaporkannya pada Rasulullah.

Rasulullah bertanya: apakah salah satu orang tuanya masih hidup? Sahabat menjawab: ia mempunyai ibu yang sudah sangat tua. Rasulullah pun mengutus utusannya menemui ummu Alqamah untuk menyampaikan: “Jika engkau sanggup datanglah pada Rasulullah, jika tidak maka tunggulah beliau di rumah sampai beliau datang kepadamu.”

Maka berangkatlah utusan Rasulullah kepada ummu Alqamah dan menyampaikan pesan Rasulullah. Ia berkata: jiwaku ada demi membelanya, aku lebih berhak mendatangi beliau. Lalu ia mengambil tongkatnya dan datang kepada Rasulullah. Ia mengucap salam dan Rasulullah menjawab salamnya.


Rasulullah bersabda: “Wahai ummu Alqamah, katakanlah dengan jujur, jika engkau berbohong maka akan datang wahyu dari Allah. Bagaimana keadaan anakmu Alqamah?”

Ummu Alqamah menjawab: ya Rasulallah, dia banyak melakukan shalat, banyak berouasa, banyak bersedekah.

Rasulullah pun bertanya: lalu bagaimana dengan keadaanmu?

Ummu Alqamah menjawab: aku sakit hati kepadanya.

Rasulullah kembali bertanya: karena apa?

Ummu Alqamah menjawab: “Ia selalu mendahulukan istrinya dan mendurhakaiku.”

Maka Rasulullah pun menjelaskan: “Sesungguhnya sakit hati ummu Alqamah adalah hal yang menghalangi lisan Alqamah dari mengucap syahadat. Lalu beliau bersabda: wahai Bilal, pergilah dan kumpulkan kayu bakar sebanyak mungkin.”


Ummu Alqamah bertanya: Apa yang akan engkau lakukan wahai Rasulullah?

Rasulullah menjawab: Aku akan membakar Alqamah dalam nyala api.

Ummu Alqamah berteriak: ya Rasulalllah, dia anakku! Aku tak akan sanggup melihatmu membakarnya di hadapanku!

Rasulullah pun bersabda: Wahai ummu Alqamah, siksa Allah lebih berat dan lebih lama. Jika Allah mengampuninya membuatmu bahagia, maka ridhailah Alqamah. Demi Dzat yang jiwaku dalam genggamanNya, Alqamah tak bisa mengambil manfaat dari shalatnya, puasanya, sedekahnya selama engkau sakit hati kepadanya.


Ummu Alqamah pun segera berkata: Ya Rasulallah, aku bersaksi di hadapan Allah dan MalaikatNya dan semua orang mulsim yang hadir disini, sesungguhnya aku telah meridhai anakku Alqamah.

Rasulullah memanggil Bilal dan bersabda: Berangkatlah wahai Bilal dan lihatlah apakah Alqamah sudah bisa mengucap La ilaha illallah atau belum? Bisa jadi ummu Alqamah mengucapkan kalimat bukan dari hatinya karena malu kepadaku.

Maka Bilal pun berangkat, dan ia mendengar Alqamah mengucap la ilaha illalah dari dalam rumah. Bilal pun memasuki rumah dan berkata: sesungguhnya sakit hati ummu Alqamah lah yang menghalangi lisannya dari mengucap syahadat, dan ridha ummu Alqamah lah yang membuat lisannya bisa mengucap syahadat.

Alqamah pun meninggal pada hari itu, dan Rasulullah mendatangi jenazahnya. Beliau memerintahkan untuk memandikan dan mengkafaninya kemudian beliau menyolatinya dan menghadiri pemakamannya.

Kemudian Rasulullah bersabda di tepi kuburan Alqamah: Wahai kaum Muhajirin dan Anshar, barangsiapa lebih mengutamakan istrinya daripada ibunya, maka atasnya la’nat Allah, malaikat dan seluruh ummat manusia, Allah tak kan menerima amal ibadah wajib dan sunnahnya kecuali ia bertaubat kepada Allah dan berbuat baik pada ibunya dan meminta ridhanya. Sesungguhnya ridha Allah terletak pada keridhaan ibu dan murka Allah dalam murka ibu.


Hadist ridha Allah terletak pada Ridha Ibunya
Hadist ridha Allah terletak pada Ridha Ibunya

Beberapa poin penting yang bisa kita ambil dari hadits di atas di antaranya adalah:

  1. Durhaka kepada orang tua bisa mempersulit proses kematian dan bisa menyebabkan mati suul khatimah
  2. Ridha orang tua mempermudah proses kematian dan menjadikan mati dalam keadaan husnul khatimah
  3. Amal ibadah tidak akan berguna jika di sertai dengan durhaka pada orang tua.
  4. Boleh meminta bantuan dan mencari solusi pada orang yang ahli dalam bidang tersebut.
  5. Keharusan mencari solusi
  6. Mendahulukan hak seorang Guru meski lebih muda daripada muridnya
  7. Datang kepada guru dan orang alim
  8. Berkata jujur di hadapan guru
  9. Sunnah mendatangi jenazah sampai penguburannya selesai
  10. Lelaki tidak boleh mengutamakan istri melebihi ibunya

Peran Ibu dan Istri dalam Memudahkan Laki-laki Menunaikan Kewajibannya

Ketika seorang lelaki menikah, maka ia tetap wajib berbakti kepada ibunya. Ia tidak boleh lebih mendahulukan istrinya daripada ibunya. Akan tetapi yang dimaksud bukanlah mengutamakan ibu dengan menyia-nyiakan istrinya. Istri adalah kewajiban lelaki, maka ia tetap harus menafaqahinya secara dhahir batin, di samping baktinya kepada sang ibu. Ia harus bisa bersikap bijaksana dalam menyikapi ibu dan istrinya. Karena itu peran ibu dan istri juga sama penting dengan peran lelaki:

Ibu tidak memperberat anaknya dalam hal ekonomi.

Seandainya ibu meminta uang kepada anak lelakinya, maka ia harus memberi ibunya uang, dengan tanpa mengurangi nafaqah istri dan anaknya. Jika uang itu kurang, ia harus membaginya dengan baik. Sekira ibunya tetap mendapatkan uang, dan istri tetap tercukupi meski keduanya sama-sama mendapat sedikit.

Istri harus mendukung suami untuk berbakti kepada ibunya, dan mengerti akan hal itu.

Istri tidak boleh mengecam suaminya jika suaminya lebih memilih ibunya.
Sebuah contoh kecil, suami sudah berjanji pada istrinya untuk mengajak jalan-jalan, kemudian ibu meminta anak lelakinya untuk pergi bersamanya, maka istri harus mengalah. Saat dia mengalah maka akan tercatat sebagai ibadah. Suami tidak boleh mendahulukan janji jalan-jalan dg istri dan tidak mengabulkan permintaan ibunya.

Seimbang Menunaikan Hak Ibu dan Hak Istri

Lelaki harus bertanggungjawab kepada istrinya, tidak boleh menyia-nyiakan nafaqah dhahir batin istrinya dan harus memenuhi hak-hal istrinya dengan baik, dan memenuhi hak-hak ibunya dengan baik pula. Apabila terdapat hal-hal yang bertentangan antara ibu dan istri, ia harus mendahulukan ibunya. Seperti halnya jalan-jalan dengan istri dan mengantar ibunya pergi, maka ia harus mendahulukan ibunya.

Semoga bermanfaat.

Mencintai Istri Orang Dalam Islam


Membahas tentang cinta tidak ada habisnya karna ia adalah fitrah dari Alloh Ta’ala untuk semua makhluknya, orangtua mencintai anaknya karna adanya fitrah, suami mencintai istri karna adanya fitrah begitu pula guru menyayangi muridnya karna adanya fitrah. Sejatinya hal tersebut adalah anugrah dari yang Maha rahman dan juga yang maha lembut. Bagaimana mencintai istri orang dalam islam?

Adab Suami Istri dalam Islam

0

Allah Memerintah kan kaum lelaki untuk mempergauli istri mereka dengan baik karena para wanita diciptakan sebagai makhluq yang memiliki kekurangan dalam akal dan agamanya. Seperti halnya sabda Rasulullah yang berarti: aku tak pernah menemukan makhluq yang memiliki kekurangan dalam akal dan agamanya namun bisa meluluhkan hati para lelaki melebihi salah satu dari kalian (wanita).

Hikmah Kekurangan Akal dan Agama pada Wanita

Mengapa wanita diciptakan dengan kekurangan dalam akalnya? Sebab Allah menganugerahkan perasaan pada para wanita. Yang mana perasaan itulah yang bisa menetralisir akal yang terlampau keras maupun kaku. Sehingga Allah menebarkan kasih sayangNya secara merata dalam keluarga melalui sosok wanita.

Adapun kekurangan dalam agama, sebab wanita memiliki periode menstruasi dan nifas, yang mana menstruasi dan nifas itupun merupakan kasih sayang Allah pada para wanita. Ketika wanita menstruasi, Allah mengistirahatkan mereka dari beberapa rutinitas ibadah sekaligus mengistimewakan mereka. Saat wanita dalam keadaan menstruasi, amalan yang biasa ia istiqomahkan akan tetap tercatat sebagai amalan baginya meski dia sedang tak bisa beramal, seperti halnya shalat Tahajjud, dhuha, puasa sunnah, baca Al Quran dan beberapa ibadah yang tak boleh dilakukan ketika menstruasi.

Begitu pula saat nifas, Allah membuka pintu pahala bagi wanita ketika ia menjadi seorang Ibu. Ketika ia baru saja melahirkan, ia pun seperti terlahir kembali tanpa dosa. Dan Allah mengistirahatkannya dari rutinitas ibadah karena pergantian statusnya sebagai Ibu sehingga ia bisa lebih konsentrasi merawat anaknya yang merupakan ibadah baru baginya. Sungguh Allah sangat menyayangi wanita dengan diciptakannya mereka sebagai makhluq yang memiliki kekurangan dalam akal dan agamanya.

Oleh karena itu Rasulullah bersabda yang artinya:

Yang terbaik dari kalian adalah yang terbaik merawat istrinya, dan akulah sebaik-baik kalian dlm merawat istriku.

HR IBNU MAJAH

Wanita pula diciptakan dari tulang rusuk yang Bentuknya melengkung, itu mengisyaratkan bahwa selamanya wanita akan tetap melengkung, diluruskan pun tak kan bisa, dan tentu saja hal itu tidak terlepas dari kekurangan dalam akalnya. Bisa jadi wanita itu kurang penyabar, kurang pandai menguasai emosi, cengeng dan lain lain. Oleh karena itulah Rasulullah mensabdakan agar lelaki bisa merawat istrinya dengan baik. Menjadi imam yang baik terhadap istri dan anaknya.

Dalam haditsnya beliau menyebutkan:

Rawatlah istri kalian dg baik. Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, dan bagian yang paling bengkok adalah atasnya, jika kalian berupaya untuk meluruskannya maka kalian akan mematahkannya, jika kalian biarkan maka ia akan terus menerus bengkok. Maka rawatlah istri kalian dengan baik.

HR BUKHORI MUSLIM

Bahkan wasiyat terakhir Rasulullah sebelum beliau wafat -dan beliau mengatakannya dengan suara yg sangat lirih-, salah satunya adalah tentang merawat istri dengan baik.

Di riwayatkan oleh Imam Annasai dan Imam Ibnu Majah, Rasulullah bersabda yang artinya: Jagalah shalat, jagalah shalat. Serta jagalah budak-budak kalian, janganlah membebankan pekerjaan yg mereka tak sanggup melakukannya. Takutlah pada Allah dalam urusan wanita, takutlah pada Allah dalam urusan wanita, sesungguhnya mereka adalah tawanan dalam genggaman tanganmu, kalian mengambil mereka dengan janji Allah, dan kalian halalkan mereka dengan kalimat Allah.

Dalam hadits lain Rasulullah menyebutkan; harga dan jaga dirilah kalian, maka istri kalian akan menjaga harga diri mereka. Artinya baik dan tidaknya istri adalah tergantung baik dan tidaknya lelaki menjadi imam. Jika seorang suami menginginkan istri yg baik maka langkah awalnya adalah memperbaiki dirinya terlebih dahulu, karena sampai kapanpun makmum hanyalah mengikuti imam.

Sayyidina Aly bin Abi Thalib berkata: kecerdasan wanita terletak pada orientasinya dalam merawat diri (kecantikan) sedangkan ketampanan lelaki terletak pada kecerdasannya. Tentu saja ketampanan tidak akan mampu untuk membangun rumah tangga, karena itu suami adalah otak dalam rumah tangga dan istri adalah anggota badannya.

Banyak keterangan yang menjelaskan bahwa akhlaq yang baik akan membawa kebaikan dunia dan akhirat, sebab tingkatan-tingkatan tinggi di surga terkadang tak mampu dicapai kecuali dengan akhlaq yang baik, dan akhlaq pertama yang harus ditempuh adalah akhlaq dalam rumah tangga. Dimana lelaki harus bisa menjalankan perannya sebagai suami dengan baik, begitu juga wanita harus bisa menjalankan perannya sebagai istri dengan baik pula, sehingga keduanya bisa saling menjadi pakaian bagi satu sama lain. Saling melengkapi maupun menutupi kekurangan yang ada.

Dua Pokok Adab Suami kepada Istri

Terdapat dua pokok adab yang harus dijaga oleh suami terhadap istrinya:

2. Menahan gangguannya serta melupakan rasa tidak enak sebab gangguan tersebut

Yang dimaksud dengan gangguan adalah sifat-sifat buruk yang dimiliki istrinya. Seperti suka marah, suka mencibir. Hendaknya lelaki tak perlu terlalu menganggap serius kekurangan-kekurangan istrinya atau mengambil hati, yang perlu suami lakukan adalah memperbaiki sifat buruk istrinya sedikit demi sedikit serta sabar dalam menghadapinya.

Allah berfirman:


{ وَعَاشِرُوهُنَّ بِٱلۡمَعۡرُوفِۚ فَإِن كَرِهۡتُمُوهُنَّ فَعَسَىٰۤ أَن تَكۡرَهُوا۟ شَیۡـࣰٔا وَیَجۡعَلَ ٱللَّهُ فِیهِ خَیۡرࣰا كَثِیرࣰا }
Dan bergaullah dengan mereka (wanita) menurut cara yang patut. Jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan yang banyak padanya.

[SURAT AN-NISA’: 19]

Sesungguhnya menahan gangguan dari istri saat ia kalut dan marah adalah merupakan akhlaqul karimah, karena hal itu merupakan bentuk belas dan kasih sayang terhadap istri. Rasulullah sendiri adalah sosok suami yg sangat sabar, pemaaf dan mulya seperti yang diucapkan oleh para sahabat: aku tak pernah melihat suami yang paling mengasihi keluarganya daripada Rasulullah.

2. Mengajaknya bercanda dan merayunya

Sebab candaan dan rayuan bisa menyegarkan hati wanita, menenangkannya serta membuatnya lupa pada kecemasan-kecemasan yang ia rasakan. Dalam candaan dan rayuan itu terdapat pula daya tarik tersendiri untuk membuat istri senang mencari ridha suaminya serta bisa membuatnya semakin mencintai suaminya, itu dikarenakan perasaan bahagia yang ia dapatkan akan mendorongnya ingin menjadi istri yang lebih baik lagi bagi suaminya.

Diriwayatkan oleh Imam Hasan bin Sufyan dari sayyidina Anas bin Malik bahwasannya Rasulullah adalah sosok suami paling romantis di hadapan istrinya.

Akan tetapi dua pokok adab di atas tentu saja membutuhkan niat yang kuat dan praktik yang benar. Barulah disana akan terdapat pahala yang sangat besar bagi suami yang bisa menjalankannya dengan baik, tanpa harus menghilangkan wibawanya dihadapan istri.

Adab Istri Kepada Suami

Adapun adab-adab yang harus dijaga oleh istri terhadap suaminya adalah:

1. Tidak membebani suaminya dengan hal yang tak bisa dilaksanakan oleh sang suami.

Seperti halnya tidak menuntut suaminya bekerja keras dengan penghasilan tertentu, atau menuntut suaminya agar membelikan sesuatu di luar kebutuhan dan kewajiban. Inilah yang disebut dengan membantu suami dalam mengatur kesederhanaan ekonomi.

2. Menerima apa yang diberikan suami

Sifat menerima (qana’ah) bisa mengharmoniskan rumah tangga juga menyebabkan keluwesan, karena terlalu mengejar dunia dan rakus dalam hal dunia justru bisa melemahkan cinta di hati keduanya, bahkan bisa mendatangkan kebencian. Karena itu berapapun yang diberikan oleh suami maka hendaknya istri bisa menerimanya dengan baik, tanpa menghina dan mencaci maki.

3. Melarang Suaminya dari Pekerjaan Haram

Nisaussalaf, wanita-wanita di zaman dauhulu berkata pada suami maupun ayahnya; jauhilah pekerjaan haram, karena sesungguhnya kami bisa bersabar merasakan kelaparan dan kemiskinan, tapi kami tidak akan sanggup tersentuh api neraka. Dan darah yang mengalir dari perkara haram, maka akan membuat tubuh kita cenderung lebih suka melakukan makshiyat yang mengarah ke neraka, karena itu wajib bagi istri untul melarang suaminya melakukan pekerjaan haram.

4. Tidak Berubah sebab Perubahan Ekonomi

Jika ekonomi keluarga sedang menurun, maka istri tidak seharusnya berubah sikap maupun sifatnya. Ia bahkan harus tetap setia dan baik kepada suaminya seperti saat ekonomi sedang lancar. Karena bersabar dalam kesulitan ekonomi ini termasuk ibadah yang utama dalam ibadah pernikahan. Di ceritakan bahwa Nisaussalaf akan ikut serta membantu suaminya bekerja saat kesulitan ekonomi, entah dengan menjahit ataupun pekerjaan lainnya.

Betapa indahnya jika para wanita mampu mengerti bahwa di balik kesulitan ada kemudahan, dan bahwa kenikmatan duniawi terkadang justru membuat pemiliknya merasakan kelelahan di akhirat. Karena itu jangan hanya memikirkan kemajuan ekonomi tanpa disertai keshalihan dan keshalihahan diri.

Diriwayatkan Imam Ibnu Abiddunya, bahwasannya terkadang Rasulullah pun merasakan kelaparan, sehingga beliau mengikat beberapa batu di perutnya agar tak terlalu lapar. Beliau bersabda: ingatlah, banyak sekali orang yg mendapat kenikmatan duniawi namun kelaparan dan telanjang di hari kiamat, ingatlah banyak sekali orang yg memuliyakan dirinya sendiri namun dirinya justru merendahkannya, dan banyak sekali orang yg merendahkan dirinya namun sebenarnya dirinya memuliakannya.

5. Berbakti pada Suaminya

Berbakti artinya istri lebih mendahulukan hak suami daripada haknya sendiri. Namun tingkat bakti tertinggi seorang istri kepada suaminya adalah ketika ia bisa berbuat baik pada Ibu mertuanya, sebagai bentuk terimakasih atas didikan Ibu mertua terhadap suaminya tersebut, juga sebab ibu mertuanya telah merestui pernikahan keduanya. Di samping itu, istri harus bisa mengajak dan mendorong suaminya untuk selalu berbakti pada kedua orang tuanya, sebab bakti anak laki-laki terletak pada orang tuanya, sedang bakti anak perempuan terletak pada suaminya.

Imam Albazzar meriwayatkan dari sayyidatuna Aisyah: aku bertanya pada Rasulullah, siapakah manusia yang paling besar haknya bagi wanita? Beliau menjawab: suaminya. Aku bertanya: lantas siapakah manusia yang paling besar haknya bagi lelaki? Beliau menjawab: ibunya.

Karena itu wanita mempunyai peran yang besar dalam mengantarkan suaminya menjadi anak yang berbakti pada ibunya atau tidak.

6. Mensyukuri Nafaqah yg telah di berikan kepadanya.

Meski jika nafaqahnya itu hanya sedikit, namun hendaknya istri tetap menunjukkan rasa syukur dihadapan suaminya

7. Mendidik Anaknya dengan baik

Mendidik anak adalah tugas utama wanita, dan saat ia mendidik anaknya dengan baik maka artinya ia menjalankan adab yang baik terhadap suaminya.

8. Tidak Banyak Mengeluh pada Suaminya

Baik mengeluh tentang ekonomi, tentang hari-hari yg berat, atau apapun itu. Boleh mengeluh asalkan tidak sering, daripada mengeluh akan lebih baik jika membangun komunikasi dengan baik dan mencari penyelesaian masalah yang sedang dihadapi. Bukan sekedar keluhan-keluhan tanpa arti.

9. Tidak keluar kecuali atas seizin suami

Imam Baihaqi, imam Abu Dawud Atthayalisi dan imam Ibnu Asakir meriwayatkan dari Ibnu Umar. Rasulullah bersabda: janganlah seorang wanita keluar dari rumah suaminya tanpa seizin suaminya, jika ia melakukan itu, maka Allah dan Malaikat akan melaknatnya sampai ia bertaubat, atau kembali ke rumah. Seorang bertanya: bahkan jika suaminya orang zhalim? Rasulullah menjawab: bahkan jika suaminya orang zhalim.

10. Tidak puasa kecuali atas seizin suaminya

Hal ini hanya berlaku dalam puasa sunnah, adapun puasa wajib -seperti halnya membayar hutang puasa- maka tak perlu izin suami. Jika istri puasa sunnah tanpa izin suaminya maka suami berhak menyuruhnya membatalkan puasa.

Hal-hal yang Membantu Keharmonisan Suami-Istri

Adapun hal-hal yang dapat membantu keharmonisan antara keduanya adalah:

1. Menurut

Hendaknya istri banyak menurut kepada suaminya, selagi suaminya tidak menyuruhnya maksiyat.

Diriwayatkan oleh imam Albazzar dan Atthobaroni, bahwasannya seorang wanita berkata pada Rasulullah: ya Rasulallah, sesungguhnya aku adalah delegasi para wanita yg diutus menghadapmu. Kemudian ia menyebut beberapa pahala yang di dapatkan oleh kaum lelaki dari pahala berjihad, ghanimah dan lain sebagainya. Ia bertanya: apa yang kami dapatkan dari semua itu? Rasulullah menjawab: sampaikan pada wanita-wanita yang kau temui, sesungguhnya jika kalian bersedia utk taat, menurut kepada suami kalian dan bisa menjalankan hak-haknya, maka itu akan mengimbangi pahala berjihad. Akan tetapi sedikit dari kalian yang bisa melakukannya.

Juga diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban dari Ibnu Abi Aufa: ketika Muadz bin Jabal datang dr tugasnya di Syam, ia segera sujud di hadapan Rasulullah. Rasulullah bertanya: apa ini? Muadz menjawab: ya Rasulallah, aku datang dari Syam, dan di sana penduduknya sujud kepada Pembesarnya, lalu aku ingin melakukannya kepadamu. Rasulullah bersabda: tak usah kamu lakukan, jikalau aku memerintahkan manusia untuk sujud terhadap sesamanya maka aku akan memerintahkan wanita untuk sujud pada suaminya. Demi Dzat yang jiwaku dalam kekuasaanNya, wanita tak kan bisa melaksanakan hak-hak Tuhannya sehingga mereka bisa melaksanakan hak-hak suaminya.

Diriwayatkan pula oleh Imam Turmudzi, imam Hakim dan imam Ibnu Majah, Rasulullah bersabda yg artinya: siapa saja wanita yang meninggal dan suaminya ridha kepadanya maka ia akan masuk surga.

3 hadits di atas bukanlah hadits yang menyudutkan wanita, akan tetapi mengarahkan dan membimbing wanita agar menjadi istri yang baik, serta membukakan ladang ibadah yang besar melalui statusnya sebagai istri. Sifatnya yang memiliki kekurangan dalam akal dan agamanya tentulah membutuhkan bimbingan yang lebih banyak, dan Rasulullah melakukannya langsung. Karena itu para wanita patutlah memahami hadits di atas dengan baik dan bersyukur Rasulullah telah benar-benar memperhatikan mereka.

Tidak Berdebat

Bilamana terjadi perbedaan pendapat, maka usahakan untuk tidak berdebat, apalagi menyalahkan pendapat masing-masing. Cukup bicarakan dengan kepala dingin, secara terbuka dan santai. Carilah jalan keluar tanpa perdebatan.

Mudah meminta maaf dan memaafkan Kesalahan pasangan serta tidak mengungkitnya

Saling meminta maaf dan saling memaafkan adalah kunci. Terlepas siapapun yang salah, tak perlulah mengungkit-ungkit di kemudian hari, ataupun merasa lebih berjasa, lebih berkorban dan lain sebagainya. Salinglah memaafkan dan redam kesalahan itu, jadikan pelajaran saja untuk hari-hari selanjutnya.

Saling Memenuhi hak masing-masing dan tidak menuntut

Penuhilah kewajiban pasangan, bilamana terdapat kekurangan antara keduanya, maka jangan menuntut. Fokuskan pada kewajiban yang harus di lakukan oleh masing-masing sebelum saling menuntut. Suami fokus pada tugasnya, begitupula istri fokus pada tugasnya. Jangan terbalik suami fokus pada apa yang harus di lakukan istri kepadanya, dan istri fokus pada apa yang harus suami lakukan kepadanya.

***

Itulah sekelumit tentang adab pergaulan suami istri. Dan alasan mengapa adab istri terhadap suami lebih banyak tentu saja karena suami adalah tempatnya berbakti saat ini. Berbeda dengan suami yang tempat berbaktinya tetap pada orang tuanya. Namun meskipun begitu bukan berarti suami boleh menelantarkan istrinya dengan alasan berbakti pada orang tuanya. Orang tua dan istri adalah dua hal yang berbeda, istri adalah kewajibannya maka dengan berbaktinya ia kepada orang tuanya tidak akan pernah menggugurkan kewajibannya dalam merawat istrinya dengan baik. Bila mana istrinya belum menyadari bahwa bakti suaminya adalah orang tua, maka tugas suami adalah memberi pengertian sebaik mungkin kepada istrinya, dengan tetap menjaga hak-hak dan kewajibannya kepada istrinya dengan baik dan bijaksana.

Pada akhirnya, pernikahan adalah ibadah panjang dalam hidup. Jika didalamnya terdapat banyak hal yang terasa berat maupun tidak mengenakkan, itu sudah pasti karena ibadah adalah bentuk sembah kita kepada Allah dalam mencari ridhaNya. Ibadah adalah peperangan kita melawan hawa nafsu. Jalanilah pernikahan dengan hati yang lembut namun tetap kokoh, yang sanggup menerima kekurangan dan perbedaan yang ada.

{ هُنَّ لِبَاسࣱ لَّكُمۡ وَأَنتُمۡ لِبَاسࣱ لَّهُنَّۗ }
Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka.
[Surat Al-Baqarah: 187]

Wallahu a’lam.
Semoga bermanfaat, salam harmonis.

Sumber: kitab Adabul Islam fi Nizhomil Usroh, karya Prof. Dr. Abuya As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani (nawwarallah dharihahu wa nafa’ana bihi wa bi ‘ulumihi fiddarain)