Ibadah Ramadan bagi Perempuan Haid

Sebentar lagi Ramadhan nih, sudah punya planning apa saja? Rasulullah menyebut Ramadhan sebagai bulan Alqur’an, yang maknanya di bulan ini Rasulullah menganjurkan untuk memperbanyak baca Alqur’an. Yah, minimal bisa khatam 1x lah selama bulan Ramadhan. Atau kalau lebih semangat lagi, bisa khatam dalam shalat. Perbanyak shalat malam dg membaca Alqur’an. Itu bagi para laki-laki dan perempuan dalam keadaan suci. Lalu bagaimana nasib perempuan yang sedang haid? Bagaimana ibadah Ramadan bagi perempuan haid?

Tenang.. Islam itu penuh rahmat kok. Islam itu memiliki ibadah yang bisa dilakukan secara menyeluruh oleh semua orang, bahkan orang yang sedang haid. Apa saja itu? Simak berikut ini ya.

Niat Tidak Puasa

Ini sangat penting. Jadi ketika kita haid, kita kan dilarang puasa. Maka saat haid, niatkanlah menjalani perintah Allah yg berupa ‘tidak boleh puasa’. Dengan niat ini saja, kita sudah tergolong melakukan ibadah. Super simpel kan? Tidak capek, tidak haus, tidak lapar, tapi bernilai ibadah.

Perbanyak Doa

Karena Ramadhan adalah bulan mulia, bulan dimana pintu langit di buka oleh Allah seluas-luasnya, maka pada saat ini adalah waktu terbaik untuk melayangkan doa. Berdoalah sebanyak mungkin, karena dengan berdoa kita akan benar-benar bisa merasa bahwa kita sangatlah butuh pada Allah. So, tunjukkan pada Allah kesungguhan kita dalam berdoa. Dan yakinlah Allah akan mengabulkan doa kita, dengan caraNya.

Perbanyak Istighfar

Perbanyak pula Istighfar! Sebab Ramadhan adalah bulan penuh Ampunan. Dimana pada 10 hari pertama Rasulullah menyebutnya sebagai Rahmat dari Allah, 10 hari kedua sebagai Ampunan dari Allah dan 10 hari terakhir sebagai Pembebasan dari api neraka. Kapan lagi kita mendapati bulan semulia dan sedermawan ini? Jadi jangan sia-siakan Ramadhan, meski kita sedang haid.

Begadang

What, begadang? Ngapain? Tentu saja beribadah. Ibadah apa? Banyak! Salah satunya niat begadang untuk menghidupkan malam-malam Ramadhan. Toh kita sedang haid kan, tidak perlu takut telat shalat subuh, hehehe.. saat begadang, tentu saja kita perbanyak dzikir, baca istighfar, baca shalawat. Banyak yang bisa kita lakukan saat begadang. Dan tentu saja, waktu sahur adalah waktu terbaik. Waktu terijabahnya doa. Jangan ragu untuk ikut begadang meskipun sedang haid, ya!

Melayani Suami dan Anak

Paling simpel lagi untuk para Ibu-ibu nih.. ketika haid, perbarui niat lagi untuk melayani suami dan mendidik anak dengan baik. Saat masak, niatkan untuk memberi makan pada orang yang sedang puasa. Niatkan untuk hurmat pada anak apalagi mereka yang masih kecil. Ini paling simpel untuk Ibu-ibu. Karena, ya, memang sudah setiap harinya melakukan ini kan? Hanya saja dengan datangnya bulan Ramadhan, kita jadikan kebiasaan baik kita menjadi lebih baik, sajikan sebagai special servis gitu deh.. hehehe

Nah, mudah kan beramal di bulan Ramadhan meski sedang haid? Dari sini bisa kita mengerti bahwa ibadah bukan hanya puasa itu saja. Apa saja bisa jadi ibadah asal kita bisa meniatkannya dg baik.

Semangat menjalani Ramadhan ya!

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit