Nusagafood

Gemblong Cothot Khas Salatiga

Jelajah Masakan Nusantara

Salatiga terkenal dengan olahan singkongnya. Berbagai macam olahan singkong bisa ditemukan dengan mudah di daerah Salatiga. Singkong keju, jemblem, timus, gemblong cothot, klenyem, gethuk adalah beberapa olahan singkong yang kerap dicari oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Salatiga.

Ada cerita unik dari pengusaha olahan singkong khas Salatiga. Bahan utama pembuatan olahan singkong khas Salatiga ini harus ditanam di tanah Salatiga. Meskipun singkong berasal dari Kabupaten tetangga, sangat mempengaruhi rasa olahan singkong. Bahkan ada yang gagal karena menggunakan singkong dari luar Salatiga.

Inilah yang menyebabkan produksi olahan singkong di Salatiga terbatas. Di salah satu outlet penyedia olahan singkong di Salatiga sampai antre hingga berjam-jam dan membatasi jumlah pembelian pelanggan.

Namun jangan khawatir, jika hanya ingin mengobati rasa penasaran akan olahan singkong, kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan singkong dari lingkungan sekitar. Enggak apa beda rasa dengan olahan singkong di Salatiga, toh, beda rasa ini adalah kekayaan alam yang harus disyukuri keberadaannya.

Gemblong Cothot adalah salah satu lahan singkong favorit masyarakat Salatiga. Pembuatannya membutuhkan ketelatenan yang tinggi, menikmatinya enggak sampai hitungan jam, bahkan jika kita menikmati saat lapar akan ludes dalam sekejap mata. Salah satu alternatif asupan karbohidrat selain nasi.

Bahan utama Gemblong Cothot adalah singkong yang mempur. Singkong yang mempur ditandai dengan isi singkong yang putih sempurna, ujung pangkal singkong yang sehat, kulit singkong yang gampang mengelupas dan kulit ari yang berwarna pink cerah.

Resep Gemblong Cothot

Bahan

  • Singkong mempur
  • Garam
  • Gula Pasir/ Gula Jawa
  • Minyak Goreng

Cara Memasak

  1. Kukus singkong hingga lunak dan merekah. Jangan lupa ditaburi garam saat mengukus.
  2. Setelah singkong lunak dan merekah, angkat singkong dari kukusan. Biarkan dingin.
  3. Hancurkan singkong, uleni hingga kalis.
  4. Ambil satu sendok adonan, pipihkan dalam telapak tangan, isi dengan gula pasir atau gula jawa. Bulatkan atau bentuk sesuai selera.
  5. Goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan.

Penyajian Gemblong Cothot

Gemblong cothot biasa disajikan saat pagi hari atau sore hari berteman dengan teh manis. Sangat dianjurkan untuk disajikan dalam keadaan panas. Biasanya kami menyimpan gemblong cothot di dalam kulkas/ freezer. kemudian di goreng saat membutuhkan.

 

Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825
Close