Nusagatech

Fitur Terbaru WordPress Reader: Bisa Komentar Di Self Hosted Blog

Ada sebagian teman yang menanyakan kenapa blog Nusagates tidak bisa dikomentari. Mereka menyangka kalau fitur komentar sengaja kunonaktifkan. Padahal! Sebetulnya tidak. Asumsiku ketika mendapat pertanyaan itu adalah mereka membaca artikel di Nusagates melalui WordPress Reader (Feed Readernya WordPress) entah dari aplikasi android WordPress atau melalui WordPress.com di browser.

Blog WordPress yang dibuat pada server sendiri (self hosted) seperti Nusagates ini memang tidak bisa dikomentari melalui WordPress Reader secara langsung. Untuk memberi komentar, pembaca harus membuka laman artikel tersebut melalui browser. Pada aplikasi android WordPress versi 8.8, team Automattic menambahkan embeded webview pada aplikasi tersebut. Artikel dari self hosted WordPress tidak ditampilkan secara penuh di WordPress Reader melainkan ditampilkan beberapa kata saja (excerp). Untuk membaca artikel lengkap, pembaca bisa klik menu visit site yang akan dibuka pada embeded webview. Di sini, pembaca bisa memberi komentar pada artikel yang dibaca.

8 Desember 2017 atau dua hari yang lalu, Automattic melakukan update aplikasi android WordPress ke versi 8.9. Pada versi ini, Automattic mengumumkan bahwa pembaca bisa memberi komentar pada artikel yang dipublikasikan self hosted blog melalui WordPress Reader dengan syarat blog tersebut tersambung dengan Jetpack.

Ini merupakan salah satu requestku kepada team Automattic beberapa waktu yang lalu. Aku berharap tidak ada lagi teman yang menganggap bahwa aku anti komen. ????

Oh ya. Sebetulnya masih ada satu request lagi yang belum dipenuhi oleg team Automattic yaitu: admin blog bisa mempublikasikan pos pada custom post type. Kalau hal ini dikabulkan maka pemilik blog self hosted akan memiliki tambahan amunisi untuk menghantam kompetitor. Wkwkwk

Satu hal yang kuharap dari munculnya fitur komentar untuk blog self hosted ini semoga tidak membuat teman-teman melakukan spamming pada blog Nusagates. Nanti ane dihukum sama simbah Google dan di-deindex kan repot jadinya. ????

Dengan adanya fitur baru tersebut mungkin membuat teman-teman ada yang ingin migrasi server dari wordpress.com atau dari blogspot bisa nyoba gunakan layanan hosting yang disediakan oleh juragan hosting Indonesia, Idhostinger yang dinaungi oleh PT.  Web Media Technologi Indonesia. Harganya lumayan miring dibandingkan dengan layanan hosting yang ditawarkan oleh  provider lain. Kalu belum bisa membuat blog dengan WordPress bisa melihat artikel mengenai Cara Install WordPress yang telah disediakan.

Belum punya uang untuk migrasi server? Gak masalah juga karena kalian bisa nyoba versi trial selama 30 hari sebelum memutuskan benar-benar pindah server. Setelah merasa benar-benar cocok baru deh kalian siapkan uang untuk membayar hosting untuk bulan berikutnya yang harganya gak lebih mahal dari sebungkus rokok.

Tahukah Kamu Arti imperialis?

im·pe·ri·a·lis /impérialis/ n bangsa (negara) yg menjalankan politik menjajah bangsa (negara) lain; negara yg memperluas daerah jajahannya untuk kepentingan industri dan modal: perasaan dendam kpd -- meluap-luap di dada para pahlawan kemerdekaan kita
Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close