Nusagates Institute https://nusagates.com Gerbang Informasi Nusantara Sun, 19 May 2019 00:51:16 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.1.1 https://nusagates.com/wp-content/uploads/2016/11/logo-1-150x150.png Nusagates Institute https://nusagates.com 32 32 118932317 Gereja Bagi-bagi Takjil, Tradisi Ramadan di Salatiga yang Mengharukan https://nusagates.com/gereja-bagi-bagi-takjil-tradisi-ramadan-di-salatiga-yang-mengharukan.html https://nusagates.com/gereja-bagi-bagi-takjil-tradisi-ramadan-di-salatiga-yang-mengharukan.html#respond Sun, 19 May 2019 00:51:16 +0000 https://nusagates.com/?p=7823 Salatiga, kota yang selalu ngangeni dengan toleransi yang enggak diragukan lagi. Kota di kaki Merbabu dengan hawa sejuk ini menjadi salah satu kota impian tinggal emak K, tepaselira  di Salatiga patut diacungi empat jempol. Di Bulan Ramadan ini, tradisi ramadan bagi-bagi takjil di sejumlah titik kota membuatku terharu, salah satunya di depan Gereja St Paulus Miki …

The post Gereja Bagi-bagi Takjil, Tradisi Ramadan di Salatiga yang Mengharukan appeared first on Nusagates Institute.

]]>
Salatiga, kota yang selalu ngangeni dengan toleransi yang enggak diragukan lagi. Kota di kaki Merbabu dengan hawa sejuk ini menjadi salah satu kota impian tinggal emak K, tepaselira  di Salatiga patut diacungi empat jempol. Di Bulan Ramadan ini, tradisi ramadan bagi-bagi takjil di sejumlah titik kota membuatku terharu, salah satunya di depan Gereja St Paulus Miki Salatiga.

Matahari hampir tenggelam, jalan Diponegoro mulai padat merayap. Terlihat keramaian di depan Gereja St Paulus Miki, orang-orang sedang sibuk membagikan takjil ke pengendara sepeda motor dan mobil. Di trotoar terlihat banner merah menyala; Bagi Takjil.

Tradisi Ramadan Gereja Santo Paulus Salatiga
Tradisi Ramadan Gereja Santo Paulus Salatiga, foto: Joko Sulistyo

Auranya cerah ceria. Yang membagi tersenyum lebar, yang mendapatkan takjil tak kalah senangnya, bersyukur ada tambahan takjil pembatal puasa. Usut punya usut, ternyata yang bagi-bagi takjil adalah jemaat Geeja St Paulus Miki.  Emak K mbrambang, seindah ini Indonesiaku. Saling dukung meski berbeda.

Bagi-bagi takjil setiap bulan Ramadan tiba merupakan tradisi ramadan yang menjadi agenda tetap jemaat Gereja St Paulus Miki. Dengan semangat berbagi, jamaah Gereja terlihat standbye membagikan takjil di depan gereja setiap hari pukul 17.00, sekitar setengah jam menjelang waktu berbuka wilayah Salatiga.

foto: Joko Sulistyo

Emak K sampai geleng-geleng takjub, setiap hari, saudara kita ini standbye di jalan membagikan takjil kepada mereka yag berbeda keyakinan. Saat menyusuri jalanan kota untuk pulang dari Semarang bersama abah K, aku sampai bekali-kali menghapus air mata yang meleleh, Gusti, terimakasih atas persaudaraan yang indah ini.

Bagi-bagi takjil ini bukan hal yag baru. Emak K sempat membaca tulisan pakdhe Bambang Setiawan di Kompasiana tahun 2016,  Gereja St Paulus Miki menyelenggarakan buka bersama yang dipelopori oleh Forum Agamawan Lintas Iman (FAMILI). Tentu saja, mereka menyediakan makanan yang halal. Kegiatan ini terinspirasi dari istri mantan presiden Indonesia alm Abdurrahman Wahid, Ibu Sinta Nuriyah Wahid.

Tradisi Ramadan Gereja St Paulus Miki Salatiga
Tradisi Ramadan Gereja St Paulus Miki Salatiga, foto: Joko Sulistyo

Salatiga memang toleransinya bikin hati mengharu-biru karena haru. Di lapangan Pancasila saja sudah terlihat betapa heterogennya kota kecil ini. Barat lapangan Pancasila ada masjid besar Darul Amal, sebelah selatannya ada gereja, jalan ke timur sekitar 500 meter ada kelenteng.

Setiap natal tiba, umat Nasrani merayakannya di Lapangan Pancasila, begitu adzan shubuh akan berkumandang, yang sedang merayakan Natal langsung menyetop sound systemnya hingga dzikir shubuh usai.

Jika kebetulan sholat ‘ied berbarengan dengan jadwal ibadah gereja, gereja dengan legowo akan mengundur jadwal ibadah karena sholat ‘ied umat muslim waktunya terbatas setelah terbitnya matahari hingga condongnya matahari.

Duh, emak K nulis ini sambil nahan air mata terharu. Semoga tetap awet terjaga semangat toleransinya Salatiga. Tetap berbagi tanpa memandang statusnya. Tetap menghargai dan saling legawa.

Bulan Ramadan ini yang bahagia enggak cuma umat muslim, umat non muslim pun ikut berbahagia, menikmati momen-momen dimana jalan ramai jelang maghrib, ikut meramaikan buka bersama dan bagi-bagi takjil, bahkan ikut menunggu idul fitri, dimana hari-hari sibuk untuk menjalin silaturahmi.

 

The post Gereja Bagi-bagi Takjil, Tradisi Ramadan di Salatiga yang Mengharukan appeared first on Nusagates Institute.

]]>
https://nusagates.com/gereja-bagi-bagi-takjil-tradisi-ramadan-di-salatiga-yang-mengharukan.html/feed 0 7823
Kopi Tubruk dalam Budaya Jawa https://nusagates.com/kopi-tubruk-dalam-budaya-jawa.html https://nusagates.com/kopi-tubruk-dalam-budaya-jawa.html#respond Wed, 17 Apr 2019 07:48:34 +0000 https://nusagates.com/?p=7816 Kopi tubruk, kopi khas Indonesia yang membuatnya dengan cara mendidihkan biji kopi bersamaan dengan gula. Kopi tubruk ini cukup populer di pulau Jawa dan Bali. Suku Jawa, terutama kalangan pesantren sangat akrab dengan kopi tubruk untuk menemani jagongan sampai malam. Di beberapa daerah, terutama daerah Bojonegoro, Surabaya, Cepu-Blora dan daerah di sekitar pegunungan kapur bertebaran …

The post Kopi Tubruk dalam Budaya Jawa appeared first on Nusagates Institute.

]]>
Kopi tubruk, kopi khas Indonesia yang membuatnya dengan cara mendidihkan biji kopi bersamaan dengan gula. Kopi tubruk ini cukup populer di pulau Jawa dan Bali. Suku Jawa, terutama kalangan pesantren sangat akrab dengan kopi tubruk untuk menemani jagongan sampai malam. Di beberapa daerah, terutama daerah Bojonegoro, Surabaya, Cepu-Blora dan daerah di sekitar pegunungan kapur bertebaran warung kopi yang buka 24 jam.

Di warung kopi biasanya orang-orang ngopi sambil jagongan. Abah K cerita kalau jagongan bisa bertahan hingga tengah malam. Emak K cuma berdecak kagum saja. Bapak-bapak ternyata juga enggak jauh dari emak-emak yang kalau sudah ngobrol lupa waktu. Hihihi

Di Jawa sendiri, meskipun sama-sama kopi tubruk yang penyajiannya langsung dengan mendidihkan bubuk kopi dan gula, namun setiap daerah mempunyai ciri khas dalam menikmati kopi tubruk.

Menikmati Kopi Tubruk di Angkringan

Angkringan berasal dari kata angkring, yang berarti duduk santai. Angkringan sudah ditemukan di Yogyakarta setiap sore hingga menjelang tengah malam, sejak tahun 50-an. Angkringan biasanya menggunakan gerobak sederhana dengan sajian menu yang murah meriah.

Orang-orang yang menikmati kopi tubruk di angkringan terdiri dari berbagai kalangan. Mereka duduk bareng sambil nyruput kopi, sebagian sambil merokok sembari membicarakan berbagai hal. Dari persoalan receh sosial sampai persoalan politik.

Uniknya, di Angkringan orang akan saling nimbrung obrolan meskipun tidak kenal. Emak K sering takjub ketika mendapati abah K ngobrol gayeng layaknya sahabat lama, ketika kutanya tadi ngobrol dengan siapa doi hanya menggeleng-gelengkan kepala. Tidak ada peraturan yang mengikat, namun pengunjung angkringan seolah-olah sudah sepakat jika kita perlu menjaga budaya tepa selira  (toleransi), kemauan untuk saling berbagi dan bisa rumangsa.

Menikmati Kopi Joss, Kopi Tubruk yang Dicelup Arang Membara

Di beberapa angkringan, terutama angkringan daerah Jogjakarta, ada kopi yang penyajiannya unik. Namanya Kopi Joss. Kopi ini merupakan kopi tubruk, namun saat disajikan di depan pengunjung, ada arang membara yang dicelup ke dalam gelas.

Tujuan penyelupan arang membara ke dalam gelas kopi adalah untuk mengurangi rasa asam dalam kopi. Kopi yang disajikan di angkringan bhiasanya merupakan kopi Arabika dengan tingkat keasaman tinggi. Tidak sedikit yang enggak kuat dengan asamnya kopi Arabika, untuk menetralisir rasa asam tersebut, dicelupkan arang membara.

Emak K ngeri karena membayangkan abu yang ikut tertelan. Hahaha, tetapi para penikmat Kopi Joss terlihat santai-santai saja.

Kopi dalam Ritual Adat Jawa

Ritual adat Jawa sangat erat dengan berbagai sajen, tidak terkecuali kopi. Ada beberapa ritual adat Jawa yang juga menjadikan kopi sebagai sesajen wajib.

Sesajen Kyai Petruk di Keraton Surakarta

Setiap hari Selasa dan Kamis, di Keraton Solo dilaksanakan ritual untuk memberikan sesajen kepada Kyai Petruk untuk melindungi ruang makan di keraton. Sesajen tersebut terdiri dari  kelopak mawar putih, dupa, teh dan kopi. Kopi dalam ritual ini dipercaya sebagai minumkan para dewa, yang digunakan untuk memberikan pencerahan dan koneksi pada dunia spiritual.

Sesajen Kopi di Kirab Pusaka Tahun Baru Jawa, Keraton Surakarta

Keraton Surakarta mempun yai hajad besar setiap kali tahun baru hijriyah atau tahun bharu dalam penanggalan Jawa. Setiap kali malam satu Suro, Keraton Surakarta menggelar Kirab Pusaka yang diawali dengan iring-iringan barisan kerbau yang disebut dengan kebo bule sebagai cucuk lampah atau pembuka iringan.

Seluruh anggota keluarga termasuk raja dan keluarganya terlibat dalam iring-iringan ini. Mereka menyiapkan segala ubo rampe atau sajen untuk keperluan Kirab Pusaka ini. Uniknya, setelah berjalan beriringan, kerbau-kerbau ini memakan sajian dan meminum kopi. Setelah kerbau-kerbau merasa kenyang, kerbau tersebut akan dibiarkan pergi dan masyarakat segera merangsek maju untuk berebut sisa sajen yang telah dimakan oleh kerbau. Ya, sajen sisa makanan dan minuman para kerbau keturunan Kyai Slamet dianggap memiliki tuah.

Masih banyak ritual adat yang menyajikan kopi sebagai bagian dari sesajen, seperti, ritual ujelang menikah, ritual hajatan reog, ritual sadranan, ritual saparan, hingga ritual para dukun di rumah. Kopi memang sangat lekat dengan masyarakat Indonesia, terutama di Jawa.

 

 

Pencarian Terkait:

The post Kopi Tubruk dalam Budaya Jawa appeared first on Nusagates Institute.

]]>
https://nusagates.com/kopi-tubruk-dalam-budaya-jawa.html/feed 0 7816
Mengenal Omprong, Cara Menghilangkan Sakit Gigi Tradisional dari Banjarnegara https://nusagates.com/mengenal-omprong-cara-menghilangkan-sakit-gigi-tradisional-dari-banjarnegara.html https://nusagates.com/mengenal-omprong-cara-menghilangkan-sakit-gigi-tradisional-dari-banjarnegara.html#respond Tue, 16 Apr 2019 07:35:14 +0000 https://nusagates.com/?p=7813 Banjarnegara, kabupaten yang terletak di kawasan Dieng ini ternyata menyimpan pengobatan gigi tradisional yang ampuh, dikenal dengan omprong. Daerah yang terkenal dengan logat ngapaknya ini menyimpan kearifan lokal yang patut diacungi jempol. Masyarakat di daerah desa Tlahap, Kecamatan Pejawaran, Banjarnegara, lebih percaya dengan cara menghilangkan sakit gigi dari ‘dukun’ yang ahli mengobati gigi dengan omprong …

The post Mengenal Omprong, Cara Menghilangkan Sakit Gigi Tradisional dari Banjarnegara appeared first on Nusagates Institute.

]]>
Banjarnegara, kabupaten yang terletak di kawasan Dieng ini ternyata menyimpan pengobatan gigi tradisional yang ampuh, dikenal dengan omprong. Daerah yang terkenal dengan logat ngapaknya ini menyimpan kearifan lokal yang patut diacungi jempol. Masyarakat di daerah desa Tlahap, Kecamatan Pejawaran, Banjarnegara, lebih percaya dengan cara menghilangkan sakit gigi dari ‘dukun’ yang ahli mengobati gigi dengan omprong dibandingkan pergi ke dokter gigi.

Masyarakat di Desa Tlahap, Kecamatan Pejawaran, Banjarnegara meyakini jika sakit gigi berlubang atau gigi bengkak disebabkan karena adanya ulat yang dikenal sebagai gendhon yang bersarang di dalam gigi yang berlubang atau gusi yang bengkak.

Omprong  merupakan pengobatan gigi tradisional dengan menggunakan media biji terong bulat atau terong duri yang dibakar dan asapnya disalurkan ke gigi melalui selang. Cara menghilangkan sakit gigi dengan cara di-omprong hanya bisa dilakukan oleh dukun yang sudah ahli di bidangnya. Di Desa Tlahap Dukun Gigi yang terkenal bernama Pak Slamet, yang mendapatkan ilmu omprong dari Bapaknya. Ilmu tersebut diwariskan secara turun-temurun, Bapak Slamet merupakan keturunan ketiga.

Pasien yang datang ke rumah pak Slamet diawali dengan konsultasi, bercerita tentang awal mula sakit gigi dan sejak kapan terjadinya sakit gigi. Setelah itu, pak Slamet akan memulai pengobatan Omprong untuk mengobati sakit gigi yang diderita oleh pasiennya. Omprong hanya mengobati sakit gigi berlubang dan gusi bengkak.

Alat–alat yang digunakan saat melakukan pengobatan gigi tradisional omprong ialah ampar dari kayu, lempengan besi, biji terong, minyak greng, seng yang berbentuk bulat, torong yang terbuat dari tempurung kelapa di kasih  elang untuk jalan asap. Kegunaan dari ampar kayu untuk menaruh air saat melakukan pengobatan, lempengan desi kegunaannya untuk menaruh biji terong dan minyak pada saat kondisi lempengan besi panas sehabis dibakar, biji terong dan minyak adalah media untuk pengobataan yang kegunaannya untuk mengobati dan mengeluarkan   ndhon atau ulat, seng yang bulat hanyalah untuk menganjal lempengan besi agar nantinya tidak mengenai air yang didalam ampar kayu, sedangkan corongnya yaitu untuk menutupi biji terong yang terbakar dan untuk mulut ke dalam corong tersebut.

Sebelum melakukan prosesi Omprong, pak Slamet berdoa agar Allah memudahkan pengobatan yang dilakukannya dengan membaca bismillah 7 kali dan al-fatikhah 1 kali. Bagi pak Slamet, kesembuhan hanya didapatkan dari Allah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang didapatkan dari alam, yakni biji terong duri yang telah dikeringkan.

Pengobatan gigi tradisional omprong sangat menarik, karena pasien hanya memasukan mulutnya ke dalam corong yang diberi selang, terus menahan asapnya supaya tidak keluar dan hal ini akan berulang kali sampai biji terong yang digunakan sebagai salah satu media pengobatan habis terbakar. Tujuannya untuk menguarkan ulat (gendhon) yang
berada di dalam gigi berlubang.

Emak K membaca pemaparan ini dengan takjub. Di Salatiga juga ada pengobatan gigi dengan mengeluarkan ulat dari gigi berlubang atau gusi yang bengkak. Tetapi emak K enggak ngerti apakah cara yang digunakan sama dengan cara pak Slamet dari Banjarnegara atau tidak.

Pengobatan tradisional dengan cara di-omprong lebih dipilih oleh masyarakat karena menurut masyarakat pengobatan ini sangat manjur dan tidak menimbulkanb efek samping. Biaya pengobatajn Omprong yang lebih murah daripada berobat ke dokter gigi juga menjadi nilai plus bagi masyarakat desa Tlahap.

Kalau kamu sakit gigi, milih ke dokter atau di-Omprong? Hihihi. Emak K milih mana? Milih sehat. Heuheuuu.

Sumber: Agustino, Awang Syah. SISTEM PENGOBATAN GIGI TRADISIONAL OMPRONG DI KALANGAN MASYARAKAT DESA TLAHAP KECAMATAN PEJAWARAN KABUPATEN BANJARNEGARA (Skripsi). UNNES, 2015.

The post Mengenal Omprong, Cara Menghilangkan Sakit Gigi Tradisional dari Banjarnegara appeared first on Nusagates Institute.

]]>
https://nusagates.com/mengenal-omprong-cara-menghilangkan-sakit-gigi-tradisional-dari-banjarnegara.html/feed 0 7813
Mengenal 4 Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri pada Kulit https://nusagates.com/mengenal-4-penyakit-yang-disebabkan-oleh-bakteri.html https://nusagates.com/mengenal-4-penyakit-yang-disebabkan-oleh-bakteri.html#respond Mon, 15 Apr 2019 22:36:56 +0000 https://nusagates.com/?p=7810 Bakteri merupakan sel prokariotik (tidak memiliki selubung inti) genom berbentuk sirkuler dan mempunyai plasmid. Dengan ukurannya yang sangat kecil, tidak sedikit penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang mengancam nyawa. Penularan penyakit yang disebabkan oleh bakteri bisa melalui sentuhan kulit, udara bahkan air.  bPada blogpost kali ini emak K hanya …

The post Mengenal 4 Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri pada Kulit appeared first on Nusagates Institute.

]]>
Bakteri merupakan sel prokariotik (tidak memiliki selubung inti) genom berbentuk sirkuler dan mempunyai plasmid. Dengan ukurannya yang sangat kecil, tidak sedikit penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang mengancam nyawa. Penularan penyakit yang disebabkan oleh bakteri bisa melalui sentuhan kulit, udara bahkan air.  bPada blogpost kali ini emak K hanya membatasi penyakit kulit yang disebakan oleh bakteri.

Selulitis, si Infeksi Tersembunyi yang Harus Diwaspadai

Selulitis adalah infeksi bakteri pada jaringan kulit yang dapat menyebabkan kulit terlihat kemerahan, bengkak, terasa lembek dan sakit saat ditekan. Penyakit ini tiak menular karena bakteri menyerang di kulit jaringan dalam (bagian subkutan atau dermis). Namun, meskipun tidak menular, jika tidak ditangani dengan tepat selulitis bisa mengancam nyawa karena infeksinya bisa menyebar ke kelenjar getah bening dan jaringan darah.

Sebagian besar Selulitis disebabkan oleh bakteri Streptococcus dan Staphylococcus  yang masuk ke tubuh melalui luka pada kulit, seperti karena luka operasi, luka gores dan luka karena gigitan serangga.  Gejala yang menyertai selulitis antaralain; kulit kemerahan yang berpotensi menyebar, pembengkakan, nyeri, demam, muncul bintik-bintik merah, kulit melepuh, kulit bernanah atau berair.

Jika gejala disertai gejala tambahan seperti penurunan kesadaran, menggigil, pusing, diare, berdebar-debar, mual dan muntah, sesak, warna kulit di sekitarnya terlihat pucat dan dingin, maka harus segera di bawa ke dokter untuk tindakan lebih lanjut agar bakteri tidak menyerang kelenjar getah bening dan jaringan darah.

Pencegahan selulitis bisa dilakukan dengan tetap menjaga kelembaban kulit, potong kuku kaki dan tangan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan luka. Pada kulit yang terluka segera oleskan antibiotik, tutupi dengan perban, perhatikan luka, jika timbul tanda-tanda infeksi segera dibawa ke dokter.

Impetigo, si Kulit Melepuh yang Mudah Menular

Impetigo merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri dengan gejala melepuh atau bercak luka terbuka pada kulit, Impetigo umumnya menyerang anak-anak, meskipun tidak menutup kemungkinan menyerang orang dewasa. Impetigo disebabkan oleh bakteri gram positif seperti staphylococcus aureus dan streptococcus pyogenes. 

Impetigo berawal dari luka terbuka yang menimbulkan gatal kemudian melepuh, mengeluarkan isi lepuhannya dan kemudian mengering dan menimbulkan keropeng. Sentuhan pada luka bisa menyebabkan penularan. Sangat tidak disarankan untuk menyentuh luka, jika harus menyentuh lukanya, kita perlu menggunakan sarung tangan plastik. Pencegahan impetigo bisa dilakukan dengan membiasakan diri mencuci tangan dan kaki dengan sabun, memotong kuku dengan rutin, tidak bertukar-tukaran pakaian dan peralatan pribadi.

Folikulitis, Peradangan pada Folikel Rambut

Folikulitis adalah peradangan pada folikel ataub di lubang kecil tempat tumbuh rambut. Gejala folikulitis adalah menculnya radang atau benjolan bernanah yang mempunyai titik kuning pada tengahnya sebesar jerawat pada lubang kecil tempat tumbuh rambut. Kulit di sekitar benjolan memerah dan akan terasa sakit saat disentuh. Folikulitis disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus.

Penderita yang mengalami folikulitis tidak membutuhkan penanganan khusus, namun harus segera ke dokter jika luka folikel tidak kunjung mengempes dan semakin lebar. Perawatan di rumah untuk pencegahan inflamasi lebih parah bisa dilakukan dengan membersihkan kulit yang terkena infeksi dengan sabun anti bakteri, tidak mengenakan pakaian ketat, tidak melakukan cukur pada kulit yang terinfeksi dan mengompres air hangat pada kulit yang terinfeksi untuk mengurangi rasa nyeri.

Furunkel, si Bisul yang Menyebalkan

Menulis bagian ini emak K ingat masa kecil, masa-masa dimana banyak yang mengalami bisul sampai tidak bisa tidur telentang. Furunkel merupakan radang yang terjadi pada jaringan di bawah kulit yang disertai nanah. Bakteri penyebab utama furunkel adalah staphylococcus aureus . 

Gejala yang menyertai furunkel antaralain nyeri di daerah ruam, disertai benjolan yang bernanah, setelah seminggu umumnya furunkel akan pecah dan hilang dengan sendirinya, ukuran tonjolan akan meningkat seiring hari, bahkan bisa mencapai 3 cm-10 cm. Waktu penyembuhan furunkel rata-rata sampai 2 minggu.  Kebanyakan furunkel tidak membutuhkan pengobatan khusus dan akan sembuh dengan sendirinya. Pasien dilarang memijat furunkel karena bisa menyebabkan penyebaran kuman. Jika furunkel menyerang hidung dan telinga, segera ke dokter untuk dilakukan insisi.

Horor juga ya empat penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri ini. Semoga yang tengah diuji dengan sakit kulit segera sembuh, ya.

Salam!

The post Mengenal 4 Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri pada Kulit appeared first on Nusagates Institute.

]]>
https://nusagates.com/mengenal-4-penyakit-yang-disebabkan-oleh-bakteri.html/feed 0 7810
5 Situs Jual Beli Mobil di Indonesia https://nusagates.com/5-situs-jual-beli-mobil-di-indonesia.html https://nusagates.com/5-situs-jual-beli-mobil-di-indonesia.html#respond Fri, 12 Apr 2019 01:04:33 +0000 https://nusagates.com/?p=7801 Digitalisasi sudah menjangkau ke segala lini. Jual beli mobil pun kini bisa dilakukan melalui berbagai situs jual beli mobil. Emak K sengaja scroll satu demi satu situs jual beli mobil untuk melihat apa keistimewaan dari masing-masing situs jual beli mobil. Ya, setidaknya kelak jika sudah masanya untuk beli mobil emak K bisa mencari situs yang …

The post 5 Situs Jual Beli Mobil di Indonesia appeared first on Nusagates Institute.

]]>
Digitalisasi sudah menjangkau ke segala lini. Jual beli mobil pun kini bisa dilakukan melalui berbagai situs jual beli mobil. Emak K sengaja scroll satu demi satu situs jual beli mobil untuk melihat apa keistimewaan dari masing-masing situs jual beli mobil. Ya, setidaknya kelak jika sudah masanya untuk beli mobil emak K bisa mencari situs yang tepat. Kalau sekarang emak K ingin berbagi referensi saja kepada kalian yang sedang mencari mobil terbaik.

Mobil88, Situs Jual Beli Mobil Bekas Resmi ASTRA

Situs Jual Beli Mobil Mobil 88 ASTRA
Situs Jual Beli Mobil Mobil 88 ASTRA

Mobil88 adalah situs jual beli mobil yang berada di bawah pengelolaan ASTRA. Berpengalaman lebih dari 28 tahun di industri jual beli mobil bekas, mobil88 sudah memiliki 21 cabang yang tersebar di 9 kota. Mobil88 menyediakan layanan jual beli mobil bekas dengan jaminan dokumen asli, kesesuaian nomor chasis dan mesin dengan dokumen dan odometer yang masih asli tanpa diputar.

Mobil88 menyediakan layanan buyback atau beli kembali mobil yang tidak sesuai dengan salah satu poin garansi. Mobil88 melakukan 288 titik mobil yang mencakup eksterior, interior, rangka, mesin, dan lain-lain. Mobil88 hanya menyediakan mobil penumpang dari berbagai merk, enggak cuma mobil dari perusahaan Astra.

Kita juga bisa melakukan transaksi jual mobil di Mobil88 dengan harga yang pantas. Hanya saja, Mobil88 hanya menerima penjualan mobil berplat hitam saja. Dalam transaksi jual mobil bekas di Mobil88, Mobil88 menyediakan layanan survey gratis di tempat yang telah disepakati dengan customer. Enak, ya, tinggal menghubungi cs Mobil88 untuk membuat perjanjian.

JualMobil[dot]com, Situs Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Jika Mobil88 hanya menjual dan membeli mobil bekas saja, JualMobil adalah platform jual beli mobil baru dan bekas. Lain halnya Mobil88 yang merupakan anak usaha Astra dalam bidang jual beli mobil bekas, JualMobil hanya menyediakan wadah perantara antara penjual dan pembeli untuk jual beli mobil baru dan bekas.

Situs Jual Beli Mobil JualMobil[dot]com
Situs Jual Beli Mobil JualMobil[dot]com
Dalam situs JualMobil kita bisa mencari mobil yang kita inginkan. Di dalam website terdapat fitur shorting berdasarkan merk, harga, tahun mobil dan lokasi pencarian mobil. Di JualMobil memungkinkan kita untuk menjual mobil dan terdapat fitur iklan yang bisa kita manfaatkan untuk menaruh jualan kita di featured sehingga memungkinkan jualan kita untuk dilihat lebih banyak pengunjung.

OLX, Marketplace Serba Ada

OLX, marketplace ungu ini juga menyediakan platform untuk Jual Beli Mobil. Di OLX penjual dan pembeli harus melakukan transaksi dengan mandiri. Filter yang tersedia cukup komplit, OLX menyediakan filter merk mobil, harga, warna, fitur tambahan, tahun. Kerennya, di OLX kita bisa memfilter tipe penjual, apakah penjual individu atau penjual dealer.

Situs Jual Beli Mobil OLX
Situs Jual Beli Mobil OLX

Selain mobil, di OLX juga memungkinkan untuk mencari spare part mobil. Paket komplit, ya.

Carmudi[dot]co[dot]id, Situs Jual Beli Mobil Carsentro

Carmudi mirip dengan Mobil88 yang menyediakan jasa jual beli mobil online. Carmudi mempunyai showroom Carsentro yang tersedia di 4 kota, yakni Makassar, Semarang, Surabaya dan Jogjakarta. Berbeda dengan Mobil88 yang hanya mewadahi jual-beli tanpa menyediakan slot iklan jual mandiri, Carmudi menyediakan slot pasang iklan untuk individu dan dealer.

Situs Jual Beli Mobil Carmudi
Situs Jual Beli Mobil Carmudi

Carmudi akan mereview terlebih dahulu iklan yang masuk ke dalam website Carmudi untuk meminimalisir terjadinya penipuan. Namun, kita sebagai pembeli dan penjual harus tetap waspada dalam melakukan transaksi.

Mobil123 dengan Fitur Perbandingan

Mobil123[dot]com termasuk marketplace yang menyediakan wadah untuk bertemunya pembeli dan penjual mobil dalam platform online.  Mobil123 memiliki fitur unggulan yang memungkinkan kita untuk membandingkan kendaraan yang ingin ditemukan. Fitur pembandingan harga ini bertujuan gar kita bisa menemukan mobil impian dengan mudah.

Situs Jual Beli Mobil Mobil123
Situs Jual Beli Mobil Mobil123

 

 

 

The post 5 Situs Jual Beli Mobil di Indonesia appeared first on Nusagates Institute.

]]>
https://nusagates.com/5-situs-jual-beli-mobil-di-indonesia.html/feed 0 7801
Nasi Goreng Kampung, Nostalgia Masa Lalu https://nusagates.com/nasi-goreng-kampung-nostalgia-masa-lalu.html https://nusagates.com/nasi-goreng-kampung-nostalgia-masa-lalu.html#respond Mon, 08 Apr 2019 22:54:07 +0000 https://nusagates.com/?p=7797 Hari mulai beranjak sore, rintik hujan mengguyur Semarang. Enaknya makan malam nanti yang hangat-hangat saja. Aku pergi ke dapur dan beristighfar saat menyadari jika stok sayur yang tersisa tinggal lalapan. Sepertinya memasak nasi goreng kampung menjadi pilihan yang pas saat ini, super simpel dan enggak butuh bahan yang banyak. Jaman dulu, jika masih ada nasi …

The post Nasi Goreng Kampung, Nostalgia Masa Lalu appeared first on Nusagates Institute.

]]>
Hari mulai beranjak sore, rintik hujan mengguyur Semarang. Enaknya makan malam nanti yang hangat-hangat saja. Aku pergi ke dapur dan beristighfar saat menyadari jika stok sayur yang tersisa tinggal lalapan. Sepertinya memasak nasi goreng kampung menjadi pilihan yang pas saat ini, super simpel dan enggak butuh bahan yang banyak.

Jaman dulu, jika masih ada nasi sisa semalam, Ibu pasti membuat nasi goreng untuk sarapan. Biasanya nasi sisa kami dapatkan dari berkat pengajian. Nasi goreng super sederhana yang akan membangkitkan kenangan masa lalu saat menikmatinya. Masa-masa dimana untuk memasak harus menyalakan kayu bakar di tungku. Masa-masa dimana tangan dan mukaku tercoreng legamnya arang ketika nekat memasak sendiri.

Masa-masa…. es krim hanya bisa kubeli saat lebaran tiba. Hahaha, masa-masa Taro dan Blue Band termasuk makanan mewah, yang belinya cuma di momen-momen istimewa. Apalagi es krim Vienetta, aku tak punya kenangan tentangnya.

Masa-masa prihatin yang ngangeni. Saat keterbatasan justru membuat ikatan semakin erat. Saat ketiadaan bumbu-bumbu pendamping justru menciptakan rasa khas yang dirindu.

Uwuwuwu, emak K jadi melankolis maksimal. Ciri khas nasi goreng kampung adalah enggak pakai bahan neko-neko dan dimasak super kilat. Warnanya putih kecoklatan, warna coklatnya alami dari penggorengan, bukan dari kecap.

Nasi goreng kampung menjadi nasi goreng favorit abah K. Nasi goreng super sederhana yang enggak membutuhkan banyak bahan dan banyak waktu. Abah K justru enggak suka nasi goreng yang kebanyakan bumbu, baginya kebanyakan bumbu malah mengacaukan rasa.

Nasi goreng kampung menggunakan nasi yang sudah dingin dan keras. Khas nasi sisa. Kalau kita memakai nasi hangat dari magic com, rasa khas nasi goreng kampung bakal hilang. Apalagi jika nasi masih pulen, hilang sudah rasa khas nasi goreng kampung yang diidamkan.

Resep Nasi Goreng Kampung

Bahan:

  • Nasi putih yang agak keras, nasi sisa semalam lebih manteb.
  • Minyak goreng secukupnya, aku pakai satu sendok makan untuk satu piring nasi.

Bumbu:

  • Bawang merah, iris tipis
  • Bawang putih, iris tipis
  • Garam
  • Cabe sesuai selera
  • Sledri, daun onclang (opsional, namanya juga nasi goreng kampung, yang ada di dapur saja)
  • Telur (opsional, jika menggunakan telur, maka telurnya harus diorak-arik terlebih dahulu dengan sedikit minyak panas, kemudian diangkat. Dimasukkan ke dalam wajan setelah memasukkan nasi)

Cara Memasak:

  1. Panaskan minyak di wajan.
  2. Masukkan bawang merah, bawang putih. Oseng sampai harum.
  3. Masukkan garam, onclang dan sledri (opsional), oseng sebentar.
  4. Masukkan nasi. Aduk rata. Pastikan kepalan nasi terurai sempurna. Hahaha, aduh, itu kepalan-kepalan nasi yang enggak terurai biasanya mengganggu rasa. 🙂
  5. Angkat dan sajikan nasi goreng kampung ketika masih mengepul asap panasnya.

Nasi goreng kampung ini lebih sedap jika disajikan bersama kerupuk dan aneka lalapan. Abah K suka makan nasi goreng kampung berteman kerupuk, lalap timun, terong. Semenjak menerapkan food combining, porsi lalap kami lebih banyak daripada porsi nasi.

Lalap yang bisa dimakan berdampingan dengan nasi goreng antaralain; kolbis yang diiris lembut, timun, tomat, kacang panjang, terong, seledri. Kalau sedang kurang sajen, kami juga melalap kemangi dan kenikir bersama nasi goreng kampung. Hahaha, dasar pemakan segala, sembarang-barang dimakan untuk lalap.

Ah iya, nasi goreng kampung ternyata cocok untuk segala kondisi, tetep food combining friendly karena tidak menyertakan protein hewani. Penyajiannya yang cepat juga menjadi pilihan kala malas masak atau dikepung dengan banyak deadline.

The post Nasi Goreng Kampung, Nostalgia Masa Lalu appeared first on Nusagates Institute.

]]>
https://nusagates.com/nasi-goreng-kampung-nostalgia-masa-lalu.html/feed 0 7797
Mencicipi Nuansa Jawa Klasik nan Mewah Graharu Hotel Magelang https://nusagates.com/mencicipi-nuansa-jawa-klasik-nan-mewah-graharu-hotel-magelang.html https://nusagates.com/mencicipi-nuansa-jawa-klasik-nan-mewah-graharu-hotel-magelang.html#respond Sun, 07 Apr 2019 00:30:33 +0000 https://nusagates.com/?p=7779 Kuda lumping menyambut kedatangan kami di Grahaharu Hotel. Ups, bukan atraksi kuda lumping, tetapi kuda lumping yang terbuat dari anyaman bambu itu, lho. Si K yang kugendong sampai takjub melihat anyaman kuda lumping di pendopo masuk hotel.  Jejeran sepeda model klasik di dekat parkiran mengingatkanku dengan nuansa desa jaman kecil belasan tahun yang lalu. Aku …

The post Mencicipi Nuansa Jawa Klasik nan Mewah Graharu Hotel Magelang appeared first on Nusagates Institute.

]]>
Kuda lumping menyambut kedatangan kami di Grahaharu Hotel. Ups, bukan atraksi kuda lumping, tetapi kuda lumping yang terbuat dari anyaman bambu itu, lho. Si K yang kugendong sampai takjub melihat anyaman kuda lumping di pendopo masuk hotel.  Jejeran sepeda model klasik di dekat parkiran mengingatkanku dengan nuansa desa jaman kecil belasan tahun yang lalu.

Aku terpesona, nuansa desa langsung terasa setelah check in. Tanaman pagar hidup berjejer rapi di sisi jalan setapak. Dulu jaman kecil kami menyebutnya dadah, tempat ternyaman untuk ngumpet saat bermain petak umpet, meski resikonya kulit luka disana-sini karena terkena ranting-ranting.

Jalan Menuju Kamar Graharu Hotel

Graharu Hotel sepertinya dibangun dengan mengusung tema Jawa Klasik. Kamar hotel ada di dalam rumah berbentuk Joglo. Satu rumah Joglo terdiri dari dua kamar. Pada setiap kamar terdapat teras dengan satu kursi dan meja panjang yang terbuat dari kayu. Piranti wajib rumah jaman dulu yang berfungsi untuk jagongan  dengan tetangga sembari menikmati ketela rebus dan teh yang masih mengepul asap panasnya.

Fasilitas Deluxe Double Room Graharu Hotel

Kami memesan Deluxe Double Room di Graharu Hotel melalui aplikasi Reddorz. Awalnya kami berniat menginap di homestay warga di dekat candi Borobudur, namun saat melihat homestay-nya enggak sreg, lha wong harganya 200k/malam, tanpa AC dan kamar mandi berada di luar. Akhirnya kami membuka aplikasi Reddorz dan menemukan Graharu Hotel sebagai satu-satunya pilihan hotel yang tersedia hari itu. Harganya cukup kantongable, 156k permalam dengan fasilitas yang juara.

Graharu Hotel Teras

Kamar Luas

Deluxe Double  yang konon kamar paling kecil di Graharu Hotel bagi kami terhitung sangat luas.  Dengan luas 30 meter persegi, kamar ini lebih dari cukup untuk area bermain si K yang baru 3 tahun. Ia bisa bermain mobil-mobilnya di kamar tanpa mengganggu aktivitas Abah-Ibunya. Bahkan si K masih bisa glundang-glundung, njungkir walik.  Kamar ini juga cukup untuk sholat jamaah berdua.

Tempat Tidur yang Luas dan Panjang

Graharu Hotel memanjakan pengunjungnya yang datang rombongan dengan menyediakan tempat tidur yang luas dan panjang. Tempat tidur di Deluxe Double ini lebih dari cukup untuk tidur bertiga. Enggak empet-empetan, kami tidur dengan sangat nyaman. Jika membawa 2 anak masih memungkinkan untuk tidur dalam satu ranjang, tetapi kalau berlima mungkin harus memesan sofa bed tambahan.

Graharu Hotel menyediakan bed cover linen yang tebal dan bersih. Poin plus karena di hotel Reddorz sebelum ini, selimut hanya berupa kain linen tipis. Sangat nyaman menemani tidur di malam yang dingin. Bahkan sepulang dari Punthuk Setumbu, kami masih sempat tidur di kamar sebelum check out. Saking nyamannya, kami enggak mau rugi barang semenit. Heuheuu

Kamar Mandi yang Luas dan Shower Air Panas yang Bisa Diatur Sendiri

Space untuk mandi terhitung sangat luas. Lampu kamar mandi ada dua pilihan, lampu redup romantis dan lampu yang terang. Water heater disediakan di kamar mandi dengan pengaturan mandiri. Jadi kita bisa mengatur sendiri seberapa panas air yang ingin kita gunakan untuk mandi.

Interior kamar mandi cukup baik, hanya saja terdapat tambalan bekas renovasi. Tetapi untukku bekas renovasi ini tidak mengganggu.

WIFI, AC dan TV Flat Screen

Ac dan TV Flat Screen di kamar sangat memanjakan kami, kalau enggak ingat tujuan mbolang ke Magelang mungkin kami sudah betah di kamar. Heuheu. Hanya saja saluran di TV sangat terbatas, kayaknya masih pakai antena UHF, belum pakai TV Kabel. Wifi tersedia di kamar dan sekitar hotel, lumayan kenceng untuk mengakses dashboard blog.

TV dan AC Graharu Hotel
TV dan AC Graharu Hotel

Meja Kerja, Kulkas, Lemari dan Rak Sandal/ Sepatu

Di Graharu Hotel emak K masih sempat nulis di laptop. Hihihi. Meja kerjanya nyaman dan luas, kursinya juga nyaman untuk duduk, enggak cepet pegel. Di dalam kamar ada kulkas kecil, cocok untuk menyimpan minuman dingin dan buah untuk sarapan. Lemarinya luas dan tersedia hanger cukup banyak. Sayang, kami enggak mencicipi mesin pembuat kopi dan teh, katanya sih akan ada secepatnya.

Meja Kerja, Lemari dan Kulkas
Meja Kerja, Lemari dan Kulkas

Di dalam kamar juga tersedia rak sandal/ sepatu yang cukup luas untuk menampung sandal kita sehingga enggak membuat kamar berantakan. Hehehe

Kursi Tamu Dalam Kamar

Di Kamar terdapat dua buah kursi dan satu buah meja untuk menyambut tamu. Kursinya menghadap ke arah pintu, jadi kita bisa melihat taman dari dalam. Kami enggak mencicipi kursi ini karena lebih nyaman jagongan di kursi panjang balkon/ teras.

Kursi Tamu Graharu Hotel
Kursi Tamu Graharu Hotel

Balkon nan Hommy

Balkon Graharu Hotel sangat hommy. Kami betah berlama-lama berbincang di kursi panjang yang terbuat dari kayu. Saat malam tiba, hujan mengguyur Magelang, si K tidur nyenyak, aku dan abah K menghabiskan malam di balkon sambil makan makanan yang kami beli dari angkringan. Angkringannya agak jauh sih, sekitar 1 km dari hotel.

Balkon Graharu Hotel
Balkon Graharu Hotel

 

Fasilitas Pribadi Graharu Hotel

Fasilitas pribadi yang tersedia di Double Deluxe Graharu Hotel paket dari Reddorz adalah air mineral 2 buah, handuk besar bersih dan wangi dua lembar, shampoo, sabun cair, sikat gigi, pasta, cutton bud, sisir yang tersedia dalam kantung hitam Reddorz. Paket yang kami pilih tidak menyediakan sarapan, di beberapa agen travelling tersedia breakfast namun dengan harga yang berbeda.

Fasilitas Lain di Graharu Hotel

Di balkon, kita bisa menikmati asrinya taman di tengah-tengah hotel. Ada Pendopo yang lumayan luas dengan kursi-kursi kayu yang disusun berkelompok, kita bisa berbincang dengan kawan di pendopo ini. Di pendopo juga terdapat screen LCD yang bisa kita pinjam dengan meminta ijin kepada petugas, sangat recomended untuk menghabiskan malam yang gayeng disini bersama teman-teman rombongan. Nuansanya jadi kayak musyawarah desa. Heuheuu.

Pendopo Graharu Hotel
Pendopo Graharu Hotel

Staff Graharu Hotel sangat welcome. Kata abah K, logat staffnya logat Magelangan. Hahaha. Kami diantar ke kamar saat check in, jadi enggak celingukan mencari nomor-nomor kamar kayak saat nginap di hotel budget mnenengah, eh, dulu saat menginap di hotel bintang 3 juga kudu celingukan nyari kamar sendiri, ding.

Staff juga menawarkan payung ketika kami kehujanan malam-malam. Sempat menawarkan diri untuk mengantar sampai kamar tetapi kami tolak, lha butuh 2 orang untuk nganterin ke kamar. Kan mending sepayung berdua dengan abah K, eh, bertiga juga dengan si K. Hahaha.

Di Graharu Hotel memungkinkan kita untuk menikmati sunrise garden. Kami enggak menikmati karena kami keluar dari hotel jam 04.45 demi mengejar sunrise di Punthuk Setumbu. Graharu Hotel lumayan dekat ke Candi Pawon, Candi Borobudur, Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam.

Graharu Hotel nan Asri
Graharu Hotel nan Asri

Letak Graharu Hotel agak masuk ke perkampungan. Kami sempat ragu saat mengikuti panduan Google Maps, lha wong gangnya gang kecil, masa iya hotel ada di daerah pelosok sih? Hahaha. Agak jauh untuk nyari makan dll-nya, jadi enggak recomended untuk traveller yang tidak menggunakan kendaraan pribadi. Kami sangat merekomendasikan hotel ini untuk yang mencari ketenangan dan refreshing pikiran, sepi dan asri.

 

The post Mencicipi Nuansa Jawa Klasik nan Mewah Graharu Hotel Magelang appeared first on Nusagates Institute.

]]>
https://nusagates.com/mencicipi-nuansa-jawa-klasik-nan-mewah-graharu-hotel-magelang.html/feed 0 7779
Menikmati Sepeda Hias Di Simpang Lima Semarang https://nusagates.com/menikmati-sepeda-hias-di-simpang-lima-semarang.html https://nusagates.com/menikmati-sepeda-hias-di-simpang-lima-semarang.html#respond Tue, 02 Apr 2019 18:52:33 +0000 https://nusagates.com/?p=7776 Aku sudah beberapa kali ke Simpang Lima Semarang. Namun, setiap kali ke sana hanya untuk melihat-lihat saja. Paling-paling kalau mau agak lama di sana ya mampir di warung lesehan yang tersebar di sekitar masjid Baiturrahman. Entah beli ronde atau makanan ringan lainnya. Sebetulnya, saat aku pertama kali datang ke Simpang Lima Semarang, aku sudah tertarik …

The post Menikmati Sepeda Hias Di Simpang Lima Semarang appeared first on Nusagates Institute.

]]>
Aku sudah beberapa kali ke Simpang Lima Semarang. Namun, setiap kali ke sana hanya untuk melihat-lihat saja. Paling-paling kalau mau agak lama di sana ya mampir di warung lesehan yang tersebar di sekitar masjid Baiturrahman. Entah beli ronde atau makanan ringan lainnya.

Sebetulnya, saat aku pertama kali datang ke Simpang Lima Semarang, aku sudah tertarik pengen mencoba sepeda hias yang dipajang di sepanjang bundaran simpang lima. Hanya saja, saat itu, si K tidur sehingga membuatku memendam keinginan terlebih dahulu.

Menyewa Sepeda Hias

Kemarin malam, kami pergi ke simpang lima Semarang lagi. Sepanjang perjalanan, aku sering menanyai si K apakah dia audah ngantuk apa belum dan ternyata dia selalu menjawab tidak mengantuk. Sesampainya di simpang lima ternyata benar si K tidak tidur.

Kami tiba di simpang lima sekitar pukul 19.30. Setelah memarkir kendaraan di dekat masjid Baiturrahman, kami menyebrang ke lapangan Pancasila. Di trotoar lapangan Pancasila ini lah kami menyewa sepeda hias untuk digunakan menikmati suasana malam.

Sepeda hias roda empat yang disewakan di sini hanya memiliki pengayuh tunggal yang berada di ujung paling depan atau paling belakang. Tidak bisa dikayuh secara bersama-sama.

Harga Sewa Sepeda Hias

Harga sewa sepeda hias yang ditawarkan pada kami ada dua jenis yaitu sepeda hias besar seharga Rp50.000 dan sepeda hias kecil seharga Rp35.000. Kami memilih sepeda hias yang kecil karena hanya untuk bertiga saja.

Harga sewa yang ditawarkan itu hanya untuk satu putaran saja. Jika merasa kurang bisa menambah sewa untuk melakukan putaran berikutnya.

Ragam Bentuk Sepeda Hias

Sepeda hias yang ditawarkan di sini memiliki bentuk yang beragam. Ada yang memiliki dua roda ada yang memiliki empat roda. Masing-masing sepeda dihias dengan lampu led kecil.

Sepeda hias yang beroda empat dibentuk menyerupai karakter tertentu. Ada yang dibentuk seperti burung cenderawasih seperti yang kami sewa, ada yang dibentuk seperti andong, ada yang dibentuk seperti mobil, dan bentuk-bentuk unik lainnya.

Bagaimana, apakah kalian tertarik mencoba mengelilingi taman Pancasila Semarang dengan menaiki sepeda hias?

The post Menikmati Sepeda Hias Di Simpang Lima Semarang appeared first on Nusagates Institute.

]]>
https://nusagates.com/menikmati-sepeda-hias-di-simpang-lima-semarang.html/feed 0 7776
Mengenal Seluk-beluk Rangkaian Nama Bayi Laki-laki Jawa https://nusagates.com/mengenal-seluk-beluk-rangkaian-nama-bayi-laki-laki-jawa.html https://nusagates.com/mengenal-seluk-beluk-rangkaian-nama-bayi-laki-laki-jawa.html#respond Wed, 27 Mar 2019 14:50:15 +0000 https://nusagates.com/?p=7766 Dewasa ini, rangkaian nama bayi laki-laki Jawa mulai langka. Rata-rata memberikan nama anak dengan nama kearab-araban atau ke barat-baratan. Jika diperhatikan, nama laki-laki jawa biasanya sangat simpel, seperti Tukiman, Wagiman, Rabono, Sabar, Agus, Poniman. Emak K penasaran, bagaimanakah orang tua Jawa jaman dahulu menamai bayi-bayi mereka? Terinspirasi dari apakah? Brwosing sana-sini, emak K menemukan jurnal …

The post Mengenal Seluk-beluk Rangkaian Nama Bayi Laki-laki Jawa appeared first on Nusagates Institute.

]]>
Dewasa ini, rangkaian nama bayi laki-laki Jawa mulai langka. Rata-rata memberikan nama anak dengan nama kearab-araban atau ke barat-baratan. Jika diperhatikan, nama laki-laki jawa biasanya sangat simpel, seperti Tukiman, Wagiman, Rabono, Sabar, Agus, Poniman. Emak K penasaran, bagaimanakah orang tua Jawa jaman dahulu menamai bayi-bayi mereka? Terinspirasi dari apakah? Brwosing sana-sini, emak K menemukan jurnal keren yang membahas nama Diri Etnik Jawa dan merasa malu karena tidak tahu apa-apa soal penamaan diri etnik Jawa.

Sistem Penamaan Diri Etnik Jawa

Dalam etnik Jawa, sistem penamaan dapat dibagi menjadi dua, yakni: nama alit, nama kecil yang biasa digunakan sebelum menikah dan nama sepuh yang digunakan setelah menikah. Nama  alit sendiri dibagi menjadi dua macam, yakni: nama yang diberikan kepada anak waktu selamatan pasaran atau puputan dan nama pengganti yang diberikan ketika anak sakit-sakitan. Masyarakat Jawa umumnya meyakini jika anak yang kabotan jeneng akan sakit-sakitan dan obat penyembuhnya adalah mengganti namanya dengan nama yang lebih ‘ringan’.

Nama sepuh juga dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni: nama yang diberikan karena pernikahan dan nama yang diberikan sehubungan dengan jabatan/ kedudukan. Emak K jadi ingat dengan Ibu yang lebih dikenal sebagai Siti Kamto dibandingkan Siti Rumzah, Kamto adalah nama Bapak. Mbah kakung yang lebih dikenal sebagai mbah mudin daripada nama aslinya hingga meninggal dunia karena beliau dulu pernah menjadi mudin–orang yang dipercaya untuk mengurus kematian–.

Fungsi Penamaan Nama Diri dalam Etnik Jawa

Penamaan diri dalam etnik Jawa memiliki fungsi tersendiri yang membuatnya terlihat unik.

  1. Sebagai pembeda. Fungsi nama disini hanya sekedar pembeda antara orang satu dengan orang lainnya, sebagai contoh: Agus, Suparlan, Poniman, Suraji.
  2. Sebagai penanda yang berkaitan dengan cita-cita atau harapan orangtua, seperti: Raharja yang artinya bahagia, Basuki yang artinya Selamat, Dian yang artinya cahaya, Arka yang artinya penerang.
  3. Sebagai penanda kehormatan yang diwujudkan dengan pelekatan bentuk honorifik (seperti Kyai, Ki, Nyi, nDara, Den) di depan nama diri. Seperti: Ki Ageng Serang, Kyai Nasrudin, nDara Bei. Wkwkwkwk, kalau nDara Bei ada di tembang dolanan jaranan. Jaranan-jarane jaran teji, sing nunggang nDara bei, sing ngiring para mentri Jeg-jeg nong, jreg-jreg gung Jeg-jeg gedebuk krincing Gedebug jedher Gedebug krincing Jeg-jeg gedebuk jedher.
  4. Sebagai penanda kewibawaan dengan yang ditunjukkan dengan pemilihan kata yang bernilai rasa hormat atau tinggi. Misalnya; Surya yang artinya matahari, Wibawa yang artinya wibawa.
  5. Sebagai penanda profesi yang dilekatkan pada nama kedua sebagai nama diri. Seperti, Agus Blanthik, pak Agus yang bekerja sebagai tukang jual-beli hewan.
  6. Sebagai penanda urutan dalam keluarga. seperti Dwi Cahyono, Cahyono yang merupakan anak kedua.
  7. Sebagai penanda historisitas yang ditunjukkan dengan acuan peristiwa atau keadaan lahir seseorang. Aku jadi ingat dengan adik sepupu yang diberi nama oleh bapak dengan Sidiq Krismanto karena lahir tahun 1998 saat Indonesia sedang mengalami Krisis Moneter.
  8. Sebagai penanda jenis kelamin yang ditunjukkan dengan pelekatan nama yang berasosiasi dengan jenis kelamin tertentu. Seperti; Priyatama, Pria yang utama,
  9. sebagai penanda religiusitas atau ideologis. Seperti Muslim yang artinya pria beragama islam, Kristiono, Pria yang beragama Kristen.
  10. Sebagai penanda kekerabatan yang ditunjukkan dengan pelekatan nama keluarga atau marga sebagai komponen kedua atau ketiga. Seperti; Basuki Wirasaputra.

Wah, ternyata dalem banget penamaan dalam etnik Jawa, ya. Itu baru Sistem penamaan diri etnik Jawa dan Fungsi Penamaan Diri Etnik Jawa, lho, belum tatanan rangkaian nama Etnik Jawa, seperti pakem -em, -man, konsonan intervokalis n-i-y. Lain kali deh, kalau emak K sedang kehabisan bahan ngeblog, mungkin bisa menulis tentang tatanan rangkaian nama pada Etnik Jawa. Sekarang cukup dulu, si K sudah memanggil-manggil mengajak bermain.

 

Sumber: Nama Diri Etnik Jawa, Ridha Mashudi Wibawa, Humaniora Volume XIII, Februari 2001

 

Pencarian Terkait:

The post Mengenal Seluk-beluk Rangkaian Nama Bayi Laki-laki Jawa appeared first on Nusagates Institute.

]]>
https://nusagates.com/mengenal-seluk-beluk-rangkaian-nama-bayi-laki-laki-jawa.html/feed 0 7766
Celah Keamanan Facebook Bagi Pengguna Email Yahoo https://nusagates.com/celah-keamanan-facebook-bagi-pengguna-email-yahoo.html https://nusagates.com/celah-keamanan-facebook-bagi-pengguna-email-yahoo.html#respond Tue, 26 Mar 2019 12:15:03 +0000 https://nusagates.com/?p=7764 Yahoo masih banyak diminati saat Facebook mulai masuk ke Indonesia. Pengguna Facebook yang menggunakan email Yahoo lumayan banyak. Aku perkirakan pengguna Facebook di Indonesia yang menggunakan email Yahoo untuk mendaftar masih sekitar 10% dari total pengguna Facebook di Indonesia saat ini. Tren pembuatan email saat ini sudah bergeser menggunakan Gmail. Layanan email yang disediakan oleh …

The post Celah Keamanan Facebook Bagi Pengguna Email Yahoo appeared first on Nusagates Institute.

]]>
Yahoo masih banyak diminati saat Facebook mulai masuk ke Indonesia. Pengguna Facebook yang menggunakan email Yahoo lumayan banyak. Aku perkirakan pengguna Facebook di Indonesia yang menggunakan email Yahoo untuk mendaftar masih sekitar 10% dari total pengguna Facebook di Indonesia saat ini.

Tren pembuatan email saat ini sudah bergeser menggunakan Gmail. Layanan email yang disediakan oleh Google. Pergeseran tren ini berimbas pada penggunaan email Yahoo menurun drastis.

Penghapusan Akun Yahoo

Akun email Yahoo yang tidak digunakan selama kurun waktu tertentu dinyatakan tidak aktif dan pada kasus tertentu email tersebut dihapus oleh Yahoo tanpa disadari oleh pembuatnya.

Penghapusan akun email tersebut tanpa disadari berimbas pada akun lain milik pengguna yang emailnya dihapus. Katakanlah pengguna yang emailnya dihapus itu mendaftar Facebook, Twitter, dan layanan lainnya menggunakan email yang telah dihapus itu maka ia tidak akan lagi bisa mereset password jika suatu waktu ia lupa password pada akun yang telah dibuat itu.

Pengguna Facebook yang kurang mengikutibperkembangan teknologi biasanya tidak mempedulikan apakah emailnya masih aktif atau tidak. Asal mereka bisa masuk ke Facebook, mereka sudah merasa nyaman. Mereka baru akan kelabakan jika mengetahui password akun Facebooknya tidak bisa digunakan lagi dan tidak tahu harus melakukan apa untuk mengatasi hal itu.

Reaktivasi Email Yahoo

Email Yahoo yang sudah benar-benar dihapus oleh Yahoo tidak dapat direaktivasi. Email tersebut bisa dibuat ulang oleh siapa saja yang menginginkannya.

Di sini lah duduk permasalahannya. Jika email tersebut dibuat ulang oleh orang lain maka ia akan bisa mengganti password Facebook yang tertaut dengan email tersebut. Ilustrasinya begini: aku membuat email contoh@yahoo.com > Mendaftar Facebook > email dihapus Yahoo > Widut membuat email contoh@yahoo.com > Widut mereset password Facebook yang kubuat > Widut menguasai Facebook.

Sebenarnya tidak hanya akun Facebook saja yang rentan dengan hal ini. Akun sosmed lainnya juga bisa diambil alih jika pembuat email menginginkannya.

Aku menyadari hal ini baru saja saat sepupuku bilang akun Facebooknya dihack seseorang. Ketika kutanya apakah masih bisa login ke email yang digunakan untuk mendaftar FB dijawab ia tidak tahu sama sekali dengan email itu karena dibuatkan oleh teman. Aku langsung saja mencoba masuk ke Yahoo dengan email yang dikirim padaku ternyata mendapat notifikasi bahwa email tidak ditemukan. Aku langsung membuat ulang email itu dan selanjutnya tentu saja mereset password Facebook agar bisa masuk ke Facebook lagi dan ternyata berhasil.

Tips Menjaga Keamanan Facebook

Kemanan Facebook selalu ditingkatkan setiap waktu. Jika kita tidak up to date dengan hal tersebut bisa saja kita kehilangan akun tanpa bisa diambil alih kembali.

Beberapa Tips menjaga keamanan Facebook yang bisa dilakukan antara lain:

  • Mengganti email login dengan email yang aktif dan sering digunakan
  • Mengganti atau menambahkan nomor telpon aktif ke akun Facebook
  • Menambahkan teman-teman terdekat yang dipercaya ke dalam sistem keamanan Facebook. Teman-teman ini yang akan membantu kita untuk mengembalikan akun (sebagai saksi) jika suatu saat akun kita diambil alih orang lain

Selain tips diatas, sebaiknya perkuat keamanan email dengan autentikasi dua faktor (2FA) agar aman. Jika email aman, akun Facebook juga akan berpeluang besar untuk aman. Namun jika email berhasil dibobol maka jangan harap lagi akun Facebook bisa diambil alih jika sudah berpindah tangan ke orang lain.

The post Celah Keamanan Facebook Bagi Pengguna Email Yahoo appeared first on Nusagates Institute.

]]>
https://nusagates.com/celah-keamanan-facebook-bagi-pengguna-email-yahoo.html/feed 0 7764