Eksperimen Sederhana; Membuat Perahu Bertenaga Sabun

Bermain-main dengan berbagai produk yang biasa digunakan untuk keperluan sehari-hari tentu sangat menyenangkan. Apalagi jika dari kegiatan bermain bisa mendapatkan pengetahuan baru. Salah satunya adalah eksperimen sederhana perahu bertenaga sabun. Perahu ini bisa berlayar di dalam air dengan bantuan tenaga sabun. Caranya mudah, kita bisa mempraktikkannya bersama anak di rumah.

Alat dan Bahan Perahu Bertenaga Sabun

  • Ember berisi air
  • Kertas karton tebal
  • Deterjen bubuk secukupnya

Langkah Praktik Perahu Bertenaga Sabun

1.Siapkan air dalam ember

2. Gunting kertas karton menjadi segitiga sama kaki untuk mewakili bentuk perahu

3. Masukkan kertas segitiga ke dalam air berisi ember

4. Tuang deterjen bubuk pada daerah air di bagian belakang perahu sedikit demi sedikit

Kita dapat menyaksikan bahwa ketika deterjen mulai dituang maka perahu turut melaju.

Perahu Bertenaga Sabun
Perahu Bertenaga Sabun

Laju perahu ini disebabkan oleh adanya tegangan permukaan, yaitu gaya atau tarikan ke bawah yang menyebabkan permukaan cairan berkontraksi. Tegangan permukaan terjadi pada cairan/fluida yang berada dalam keadaan statis, bisa definisikan sebagai gaya per satuan panjang yang sejajar dengan permukaan cairan sebagai pengimbang tarikan ke dalam. Tegangan permukaan dipengaruhi oleh suhu, tekanan, konsentrasi zat terlarut, kerapatan, massa jenis dan jenis cairan.

Perahu kertas dapat mengambang karena pengaruh tegangan permukaan. Saat deterjen ditambahkan pada air dalam ember, terjadi perubahan pada lapisan tipis bagian atas air yang menyebabkan adanya tegangan permukaan. Perubahan tersebut menyebabkan perahu bergerak sebelum kemudian tenggelam.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan ketika Eksperimen Perahu Bertenaga Sabun

Beberapa hal penting ketika melakukan praktikum ilmiah sederhana ini adalah:

1. Pilih kertas yang tebal dan jika memungkinkan ada lapisan kedap air, sehingga ketika diletakkan dalam ember berisi air ia tidak langsung tenggelam

2. Ketika meletakkan kertas/perahu tunggu permukaan air berada dalam kondisi tenang. Jika permukaan air masih bergoyang-goyang jangan terburu-buru menuangkan deterjen, sebab gerakan perahu bisa saja tidak terjadi.

3. Menggunakan air jernih, bukan air campuran atau sisa sabun menyebabkan percobaan lebih berhasil.

4. Deterjen bisa digantikan dengan sabun colek. Caranya dengan mencolek sabun menggunakan ujung jari telunjuk, lalu sentuhkan ujung telunjuk yang telah diselimuti sabun colek ke permukaan air di bagian belakang perahu.

Praktikum ilmiah sederhana ini bisa menjadi pilihan hiburan anak-anak ketika libur sekolah. Mereka akan termotivasi menjadi pembelajar tanpa merasa terpaksa. Satu praktikum ilmiah sederhana bisa mendorong anak-anak mencoba mempraktekkan berbagai jenis praktikum lain memanfaatkan benda-benda di rumah.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Dwi Aprilytanti
Dwi Aprilytantihttp://www.braveandbehave.blogspot.co.id
Ibu rumah tangga dua putra. Sekaligus berkarya sebagai penuls lepas dan wirausaha. Memiliki blog tapi mungkin belum pantas disebut blogger, Alumni Danone Digital Academy 2021 (Kompasiana) Tinggal di Sidoarjo.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit