Eksperimen Sederhana; Magnet Balon

Magnet dikenal sebagai benda yang dapat menarik benda lain yang memiliki sifat induksi. Terbentuknya medan magnet (daerah di sekitar magnet) bisa terjadi secara alami maupun buatan manusia. Medan magnet alami terbentuk karena fenomena alam. Di beberapa wilayah di muka bumi terdapat daerah yang memiliki medan magnet karena kandungan bahan-bahan tertentu. Eksperimen sederhana untuk anak-anak bisa membantu mereka belajar tentang cara membuat magnet buatan.

Medan magnet buatan bisa terbentuk dengan cara menggosokkan benda, induksi listrik dan konduksi arus listrik. Eksperimen kali ini mengajarkan cara membuat magnet dengan cara menggosokkan benda menggunakan alat dan bahan yang ada di sekitar rumah.

Alat dan Bahan Eksperimen Sederhana; Magnet Balon

Eksperimen Sederhana; Magnet Balon 1
Alat dan Bahan Eksperimen Sederhana – Magnet Balon
  • Balon tiup
  • Kertas tipis yang dipotong kecil-kecil (bisa menggunakan kertas sisa buku tulis yang tidak terpakai)

Langkah Eksperimen Sederhana; Magnet Balon

  1. Tiup balon karet, simpul ujungnya agar gas tidak keluar.
  2. Tebarkan kertas yang sudah dipotong/digunting kecil-kecil di suatu wadah datar.
  3. Dekatkan balon yang sudah mengembang ke arah potongan kertas. Tidak terjadi apa-apa bukan? Bahkan ketika balon disentuhkan ke potongan kertas, tidak ada kertas yang melekat.
  4. Gosokkan balon yang telah mengembang ke rambut dengan gerakan satu arah hingga beberapa menit.
Eksperimen Sederhana; Magnet Balon 2
Langkah Eksperimen Sederhana – Magnet Balon

5. Dekatkan balon yang sudah digosok ke arah potongan kertas. Saksikan apa yang terjadi. Beberapa potongan kertas tampak berdiri seolah tertarik oleh balon.

Eksperimen Sederhana; Magnet Balon 3
Langkah Eksperimen Sederhana – Magnet Balon

6. Sekarang segera sentuhkan balon tersebut ke arah potongan kertas. Beberapa kertas tampak melekat di permukaan balon hingga beberapa saat sebelum kemudian berguguran.

Eksperimen Sederhana; Magnet Balon 4
Langkah Eksperimen Sederhana – Magnet Balon

Penjelasan Eksperimen Sederhana; Magnet Balon

Fenomena tertariknya kertas oleh permukaan balon yang telah digesekkan ke rambut ini menunjukkan adanya medan magnet yang ditimbulkan oleh perbedaan muatan listrik. Ketika balon digosokkan ke rambut, maka balon akan mengalami kelebihan muatan listrik. Sedangkan potongan kertas tidak mengalami kelebihan muatan, sehingga saat balon yang telah bermuatan listrik didekatkan ke potongan kertas, akan menarik potongan kertas tersebut seperti magnet menarik benda. Yuk temukan benda-benda lain yang bisa dimanfaatkan dalam berbagai eksperimen sederhana. Namun hati-hati jika memilih benda, jika terdapat benda yang sekiranya berbahaya lebih baik anak-anak bereksperimen dengan didampingi orang tua.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Dwi Aprilytanti
Dwi Aprilytantihttp://www.braveandbehave.blogspot.co.id
Ibu rumah tangga dua putra. Sekaligus berkarya sebagai penuls lepas dan wirausaha. Memiliki blog tapi mungkin belum pantas disebut blogger, Alumni Danone Digital Academy 2021 (Kompasiana) Tinggal di Sidoarjo.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit