Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar agar Dimudahkan dalam Menuntut Ilmu

Belajar merupakan salah satu kewajiban bagi semua umat manusia. Menuntut ilmu merupakan salah satu perintah Allah SWT kepada umat-Nya. Perintah Allah dan rasul-Nya untuk menuntut ilmu sangat banyak. Baik di ayat Al Qur’an maupun di dalam hadits menuntut ilmu. Sebaiknya kita membaca doa sebelum belajar dan juga membaca doa setelah belajar agar ilmu yang kita pelajari bermanfaat.

“Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (HR Al-Baihaqi).

Setiap kita hendak melaksanakan suatu hal pastinya diawali dengan doa. Begitu juga dengan belajar,bkita perlu membaca doa sebelum belajar fan membaca doa setelah belajar agar ilmu yang kita pelajari dapat memberikan manfaat dan kebaikan kepada lingkungan sekitar kita.

Berikut ini kami rangkumkan doa sebelum belajar dan doa setelah belajar lengkap dengan bacaan latin beserta artinya.

Doa sebelum belajar

Doa sebelum belajar dibaca sebelum kita mulai belajar. Doa ini merupakan doa memohon bertambahnya ilmu dan dimudahkan dalam memahami ilmu. Doa sebelum belajar ini cukup populer di kalangan pelajar Islam.

Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin.

Artinya“Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh.”

Doa sebelum belajar agar diberi kemudahan

Doa sebelum belajar yang telah disebutkan sebelumnya ada veri lengkapnya. Doa sebelum belajar ini merupakan potongan Thaha ayat 114.

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla, robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya“Kami rida Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam agamaku, dan Nabi Muhammad Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Doa sesudah belajar

Setelah kita belajar hendaknya kita membaca doa agar ilmu yang kita pelajari dapat membawa berkah dan manfaat baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ إلَيْهِ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

Nah, sampai juga di penghujung kata. Itu dia konten yang kami sajikan pada kesempatan kali ini. Kalian merasa konten diatas kurang lengkap? Atau kalian belum puas dengan rangkuman kami? Yuk, cek langsung di sumber artikel yang lebih lengkap. Dijamin lebih lengkap dan lebih keren, deh!.

Kunjungi laman resmi Indozone untuk konten-konten kerohanian serta informasi lainnya yang tentunya keren dan bermanfaat!. Selamat Mencoba!

Sampaikan pendapatmu di sini.
Widi Utami
Widi Utamihttp://widiutami.com
Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit