Nusagastory

Diberi Julukan “The Godfather of Broken Heart”, Begini Kisah Dibalik Kesuksesannya

Saat ini Didi Kempot mendadak menjadi idola baru di kalangan anak muda berkat kepiawaiannya dalam membuat lagu-lagu bertemakan patah hati. Tak heran jika Didi dijuluki sebagai “The Godfather of Broken Heart” oleh para penggemarnya. Meskipun lagu-lagu Didi berbahasa Jawa, akan tetapi karya lagunya tetap dinikmati oleh banyak kalangan. Bahkan di berbagai kesempatan event musik, banyak para penonton yang ikut serta meneriakan lirik-lirik lagu yang dibawakan oleh Didi dan ikut bergoyang.

Namun dibalik kesuksesannya itu, ada peran peran penting dalam karir seseorang Didi Kempot. Siapa lagi kalau bukan, mendiang Mamiek Prakoso sosok pelawak terkenal yang merupakan anggota Srimulat. Mamiek menjadi salah satu sosok yang ada di balik kesuksesan pemilik nama Dionisius Prasetyo ini. Tentu sudah banyak yang mengetahui bahwa Mamiek adalah kakak kandung dari Didi Kempot.

Mamiek dan Didi hidup di keluarga seniman. Ayah mereka adalah seorang seniman tradisional terkenal yang bernama Ranto Edi Gudel atau lebih dikenal sebagai Mbah Ranto yang mempunyai profesi sebagai pemain ketoprak. Sewaktu kecil, Mamiek Prakoso dan Didi Kempot sering diajak Ayahnya ke tempat ia bermain ketoprak.

Baca Juga Cerita abah K saat Aliyah: Terimakasih untuk Guru Bahasa Inggris

Nah, dari situlah mereka berdua bisa tahu apa saja yang dilakukan sang Ayah ketika sedang pentas. Kepandaian Mbah Ranto dalam bermain musik, menciptakan lagu, dan melawak sangat menginspirasi kakak beradik itu. Di berbagai kesempatan, sang Ayak sering memberikan sebuah wejangan kepada Mamiek dan juga Didi tentang dunia seni. Maka tak heran, kalau kedua putra Mbah Ranto ini mengikuti darah seni dari sang ayah di kemudian hari.

Didi Kempot2
Didi Kempot2

Sumber: jawapos.com

Awalnya, Didi hanya musisi di jalanan. Namun, beberapa tahun kemudian, Didi mengadu nasib di Jakarta. Mamiek juga selalu memberikan apresiasi lagu-lagu karya dari adiknya. Bahkan bukan cuma memuji lagu karyanya, tetapi juga memberikan sebuah kritik yang membangun terhadap karya yang ia buat.

Saling memberikan dukungan satu sama lain hingga mereka menua bersama. Sebelum Mamiek meninggal dunia, ia memberikan pesan khusus untuk sang adik. Dimana ia meminta agar sang adik harus terus berkarya, peluang menuju kesuksesan masih terbuka lebar. Begitulah yang diucapkan Mamiek kepada adiknya.

Berkat dukungan dari Sang Kakak dan juga tekun berkarya, pencipta lagu campursari ini mencapai banyak kesuksesan dalam dunia seni. Dan pada bulan Desember 2019 lalu, Didi resmi menjadi brand ambassador Shopee Indonesia.

Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.
Kata Kunci

Widi Utami

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close