Daging Tepat Steak Mantap!

Pengen makan steak yang lumer dimulut tapi bingung pilih yang mana? Yakin makan steak Cuma daging sapi aja? Makan steak tapi dari seafood ada ga ya? Tentu sekarang beraneka ragam jenis daging yang dapat digunakan sebagai daging steak. Jika awalnya hanya berkutat pada daging sapi, saat ini terdapat variasi lain seperti menggunakan daging ayam hingga salmon untuk dijadikan steak loh. Yuk kenali jenis daging steak yang maknyus banget untuk dinikmati!

Jenis Daging Sapi yang Tepat untuk Steak

Daging sapi merupakan daging yang paling ideal untuk dinikmati sebagai steak. Namun tidak seluruh bagian daging sapi cocok untuk dijadikan steak loh. Malah memilih bagian, maka pengalaman makan steak kamu akan menjadi sangat traumatis karena tidak dapat dinikmati. Inilah bagian daging sapi yang paling cocok sebagai daging steak!

1. Tenderloin

Biasa dikenal dengan daging has dalam, karakteristik tenderloin ini cenderung empuk karena berada dibagian otot yang jarang bekerja. Otot yang jarang bekerja tentu tidak alot dan lembut untuk dinikmati sebagai steak. Pada bagian ini, memiliki kandungan lemak yang cukup sedikit. Yakni sekitar 20% saja loh. Selain itu, tiap 100 gram tenderloin memiliki kandungan kolesterol sekitar 70 miligram. 

Namun perlu diperhatikan pula jenis sapinya. Pada sapi wagyu misalnya, kandungan lemaknya bisa jadi lebih banyak dibandingkan daging sapi lokal. Keunggulan daging berlemak tentu akan menambah citarasa dan juga kelembutan teksturnya. Meskipun pada jenis sapi wagyu bagian tenderloinnya memiliki lemak yang lebih banyak, jika dibandingkan dengan bagian lain tentu masih termasuk dalam kategori yang memiliki sedikit lemak.

Di Holycow, menu yang cocok jika kalian penikmat daging tenderloin ini antara lain Australian Tenderloin, Holycow Tenderloin Steak, Wagyu Tenderloin, dan Wagyu Tenderloin MB4-5. Dari berbagai menu tenderloin tersebut, harga yang paling terjangkau adalah Australian Tenderloin. Sedangkan yang paling lembut nan nikmat adalah Wagyu Tenderloin MB4-5. MB4-5 ini merupakan grade tertinggi dari jenis wagyu.

2. Sirloin

Bagi penikmat steak yangmenyukai rasa lebih kaya dan gurih, sirloin adalah pilihan yang tepat. Daging sirloin dilapisi lemak halus yang jika dimasak akan mengeluarkan rasa yang gurih serta tekstur yang juicy. Sirloin sendiri biasa dikenal sebagai daging has luar. Kandungan dalam setiap 100 gram daging sirloin yakni lemak sebesar 12-14 gram dan kolesterol sebesar 90 miligram. Dari segi kandungan proteinpun sirloin lebih unggul dibanding tenderloin.

Menu yang cocok di Holycow bagi penikmat sirloin antara lain Wagyu Sirloin MB4-5, Wagyu Sirloin, Holycow Sirloin Steak, Japanese Sirloin dan Australian Sirloin.

3. Rib Eye

Biasa dikenal dengan daging iga sapi, bagian rib eye merupakan bagian yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Kandungan lemak yang cukup tinggi ini membuat cita rasa yang dihasilkan menjadi lebih gurih. Biasanya, untuk steak menggunakan potongan rib eye setebal 1,5 inch.

Menu steak rib eye tang mantap dapat dicoba di Holycow. Menu rib eye di Holycow antara lain Wagyu Rib Eye MB4-5, Wagyu Rib Eye, Japanese Rib Eye dan Australian Rib Eye. Penggunaan sapi wagyu tentu memberi perbedaan harga dan kualitas. Umumnya, daging wagyu akan dibandrol dengan harga yang tinggi. Sedangkan daging sapi dari Australia dibandrol dengan harga lebih rendah.

Jenis Daging Ayam dan Ikan untuk Steak

Bagian daging ayam yang paling cocok untuk diolah menjadi steak adalah bagian paha karena memiliki kandungan lemak dan tidak kering saat diolah. Selain itu, bagian paha cukup tebal dan juicy saat dinikmati. Sedangkan pada ikan, ikan yang cocok digunakan yakni ikan salmon karena dagingnya yang bertekstur lembut dan cukup tebal. Selain itu, ikan salmon memiliki kandungan lemak yang membuatnya terasa juicy saat disantap.

Tips Membeli Daging Steak Anti Zonk

Di pasaran terdapat banyak sekali penjual daging steak frozen. Dari daging sapi lokal hingga daging wagyu. Namun, jika tidak teliti tentu ada resiko untuk salah membeli. Salah satu hal yang cukup membingungkan yakni dengan adanya daging wagyu meltique. Biasanya, daging wagyu meltique ini akan dijual lebih murah sehingga pembeli yang kurang teliti akan terkecoh. Namun hal ini akan berbeda jika membeli daging steak di Holycow.

Di Holycow sendiri tidak menjual daging wagyu grade premium secara frozen karena dikhawatirkan adanya kerusakan produk saat penyimpanan hingga pengolahan oleh konsumen. Tentu ini akan sangat merugikan mengingat harganya yang pricey. Namun Holycow menyediakan wagyu grade standar yang mudah diolah dengan harga yang affordable untuk stok jika ingin mengkonsumsi steak sendiri di rumah. Daging steak yang dijual dikemas secara vakum per potong, ada wagyu sirloin, tenderloin, ribeye hingga daging burger wagyu. Selain itu, harga yang ditawarkan juga termasuk seasoning, BBQ sauce, french fries dan vegetable steaknya yang juga dikemas terpisah doong. Bener-bener berasa chef yang menghadirkan steak hotel di rumah. Satu lagi niih, produk Holycow sudah tersertifikasi halal MUI. Yakin ga tertarik?

Widi Utami
Widi Utamihttp://widiutami.com
Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Bacaan Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baru Terbit