Nusagaview

Daftar GoFood agar Warung Makan Tetap Tangguh Ditengah Pandemi

Ibuku punya warung makan di areal pabrik. Di awal pandemi, warung makan ini sempat terkena dampak karena perusahaan meliburkan karyawannya. Ibu meliburkan warung makannya selama dua minggu karena khawatir menjadi tempat penularan covid-19. But, wong cilik kayak kami tetap butuh ubet untuk tetap menghidupi diri dan keluarga. Berbagai cara ditempuh, dari membuat menu murah sampai sempat berpikiran untuk daftar GoFood agar warung makan tetap tangguh di tengah pandemi.

Daftar GoFood agar Warung Makan Tetap Tangguh Ditengah Pandemi

Ibu memulai warung makan saat aku lulus SMA. Aku menunda kuliah saat itu karena belum ada biaya. Sedih? Pol. Tetapi aku tidak ambil pusing, ini saatnya produktif. Aku menjadi mbak-mbak tukang cuci piring-gelas di warung Ibu dengan tetap belajar dan mengasah menulis. Jangan tanya soal nyinyiran, susah-susah sekolah di sekolah favorit berakhir jadi tukang cuci piring. Heuheuuu.

Kami memulainya hanya dengan sepuluh biji piring, selusin gelas dan menu soto ayam. Sehari laku lima porsi sudah bersyukur banget. Aku ingat, bagi hasil keuntungan saat itu cuma sepuluh ribu perminggu. Hahaha, aku nulis ini sambil mbrebes mili. Betapa untuk membeli pulsa internet aku harus nyuci piring selama seminggu.

Seiring berkembangnya pabrik, warung Ibu semakin besar. Dengan warung makan ini Ibu bisa renovasi rumah, membelikanku laptop, membiayaiku kuliah. Keluarga kami berkecukupan sejak Ibu mempunyai warung makan. Aku merasa aman di perantauan karena Ibu sudah tercukupi bahkan berlebih dengan warung makan. Lalu, saat warung makan harus tutup selama dua minggu, keadaan ekonomi Ibu dan Bapak mulai oleng.

Kekhawatiran jika pabrik terus libur membuat keluarga khawatir. Bagaimana jika… bagaimana jika…. Aku enggak tenang. Iya, sih, anak-anak Ibu bisa bantu Ibu sekarang. Tetapi bukan itu yang Ibu harapkan, Ibu tetap ingin produktif. Kami merancang pembaharuan apa yang kami lakukan agar warung makan ini tetap tangguh.

Memperbaharui Menu Warung Makan

Saat itu masih puasa. Omzet Ibu jualan terjun bebas. Padahal, di tahun-tahun sebelumnya, puasa adalah masa-masa panen di warung Ibu. Rame banget. Karena pandemi, perusahaan mengurangi jam kerja karyawan, enggak se-full tahun kemaren omzetnya. Enggak ada 50%nya.

Kami memutar otak. Membuat menu baru khusus untuk buka puasa dan sahur dengan sistem pre-order. Harga makanannya minimalis banget, cuma 10k dengan lauk ikan atau ayam. Coba kalau di Semarang, aku engak usah masak, tinggal pesan di warung Ibu saja. Hahaha.

Paket Ngabuburit Nasi+Ayam Penyet+Teh
Paket Ngabuburit Warung Makan Mak Siti

Selain makan besar, kami juga membuka pemesanan gorengan. Biasanya kan rang-orang pada buka puasa dengan aneka cemilan.

Laku?

Laku dong, tetapi ternyata merepotkan banget di pengirimannya. Apalagi enggak ada orang yang bisa dijagani untuk mengirim. Repot. Mau dikirim sekali jalan kok kadang ada yang pesan untuk makan saat itu juga. Aku kepikiran, kenapa enggak daftar GoFood aja, sih? Food delivery bakal ebih praktis dengan daftar GoFood. Biar pemesan saja yang mikir ongkos kirimnya.

Aku nyari-nyari info bagaimana cara daftar GoFood online. Nanya-nanya ke yang sudah pernah mendaftar GoFood enggak dapat jawaban yang memuaskan. Sampai aku suudzon, takut disaingi apa?

Mengapa Harus Mendaftar GoFood

Kita memang ada pembagian 20% dengan pihak GoFood, tetapi ada benefit lebih besar yang bisa kita dapatkan setelah berpartner dengan GoFood. 20% itu bisa kita bebankan ke konsumen dengan menaikkan harga jual di platform GoFood. Enggak bakal kemahalan, kok, justru kalau tetap murah malah membuat konsumen curiga; jangan-jangan porsinya dikit?

  • Jangkauan pemasaran lebih luas. Menjadi partner GoFood artinya warung makan kita tampil di layar layanan GoFood milik pengguna GoJek di area sekitar warung makan kita. Jangkauannya bisa mencapai 7km, bahkan ada yang sampai 10 km dari titik warung makan berada.
  • Promosi Gratis. Kalau dengan pemasaran konvensional, paling-paling hanya orang yang pernah lewat di depan warung makan saja yang tahu keberadaan warung makan kita. Dengan menjadi partner GoFood, warung makan kita bisa dikenal oleh pengguna Gojek saat membuka layanan GoFood. Tidak menutup kemungkinan kan mereka bakal mampir suatu saat. Ada, lho, yang awalnya order di aplikasi pesan antar makanan GoFood, eh, cocok di lidah terus jadi langganan offline.
  • Fleksibel Mengatur Jam Buka-Tutup. Enggak usah khawatir kalo warung makan kita punya jam buka tutup yag berbeda. GoFood menyediakan pengaturan jam buka-tutup sehingga kita bisa mengaturnya dengan mudah. Tidak perlu khawatir ada orderan masuk saat kita sedang rebahan di rumah.

Hal-hal yang Harus Disiapkan untuk Daftar GoFood Online

Cara daftar GoFood online ternyata enggak seseram yang dibayangkan, lho. Cukup simpel menurutku. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Smartphone dengan RAM yang cukup.
  2. Foto KTP pemilik outlet
  3. Nomor Hape yang aktif untuk verifikasi
  4. Foto NPWP pemilik outlet
  5. Halaman pertama buku tabungan rekening. Rekening ini akan digunakan untuk pencairan pendapatan dari GoFood. Better pakai yang sudah ada i-bankingnya, ya.
  6. Surat Kuasa jika nama pemilik rekening berbeda dengan nama pemilik restoran.

Langkah-langkah untuk Daftar GoFood Online:

  • Download aplikasi GoBiz. Pilih menu daftar GoFood dan ikuti langkah berikut:

Klik buka restoran baru milik pribadi. Pilih kota dimana restoran ini buka. Masukkan nama pemilik usaha, email yang masih aktif dan nomor hape. Klik buat akun. Kode konfirmasi akan dikirim ke nomor hape yang terdaftar.

  • Ketik nama restoran. Pilih informasi restoran dengan memasukkan titik lokasi dengan tepat.
  • Isi identitas pemilik dan nomor telepon, upload foto KTP yang telah disiapkan.
  • Masukkan nomor KTP. Centang di kolom NPWP jika kamu punya NPWP, upload foto NPWP. Klik simpan.
  • Pilih informasi rekening bank. Klik nama bank kamu. masukkan nomor rekening dan nama pemilik rekening. Kamu akan diminta verifikasi jika nama pemilik rekening berbeda dengan nama pemilik restoran dengan cara isi nama pemilik restoran dan pemilik rekening, lalu upload surat kuasa.
  • Masukkan info tarif pajak BP1 dan biaya layanan. Biaya layanan maksimal 10%. Klik simpan.

Pastikan data sudah terisi dengan benar. Klik lanjut dan klik kirim data usaha. Tunggu data diproses oleh Gojek.

 

Now Available in Go Food
Now Available in Go Food

 

Yay, selamat. Kamu tinggal menunggu waktu untuk dapat menikmati serunya memperluas jangkauan pemasaran dengan food delivery Gojek. Jangan lupa terus kembangkan menu, ya. Mari tetap tangguh di masa-masa seperti ini, gandeng virtual untuk kamu yang sedang berjuang.

 

Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.

Widi Utami

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close