Nusagatech

Celah Keamanan Facebook Bagi Pengguna Email Yahoo

Yahoo masih banyak diminati saat Facebook mulai masuk ke Indonesia. Pengguna Facebook yang menggunakan email Yahoo lumayan banyak. Aku perkirakan pengguna Facebook di Indonesia yang menggunakan email Yahoo untuk mendaftar masih sekitar 10% dari total pengguna Facebook di Indonesia saat ini.

Tren pembuatan email saat ini sudah bergeser menggunakan Gmail. Layanan email yang disediakan oleh Google. Pergeseran tren ini berimbas pada penggunaan email Yahoo menurun drastis.

Penghapusan Akun Yahoo

Akun email Yahoo yang tidak digunakan selama kurun waktu tertentu dinyatakan tidak aktif dan pada kasus tertentu email tersebut dihapus oleh Yahoo tanpa disadari oleh pembuatnya.

Penghapusan akun email tersebut tanpa disadari berimbas pada akun lain milik pengguna yang emailnya dihapus. Katakanlah pengguna yang emailnya dihapus itu mendaftar Facebook, Twitter, dan layanan lainnya menggunakan email yang telah dihapus itu maka ia tidak akan lagi bisa mereset password jika suatu waktu ia lupa password pada akun yang telah dibuat itu.

Pengguna Facebook yang kurang mengikutibperkembangan teknologi biasanya tidak mempedulikan apakah emailnya masih aktif atau tidak. Asal mereka bisa masuk ke Facebook, mereka sudah merasa nyaman. Mereka baru akan kelabakan jika mengetahui password akun Facebooknya tidak bisa digunakan lagi dan tidak tahu harus melakukan apa untuk mengatasi hal itu.

Reaktivasi Email Yahoo

Email Yahoo yang sudah benar-benar dihapus oleh Yahoo tidak dapat direaktivasi. Email tersebut bisa dibuat ulang oleh siapa saja yang menginginkannya.

Di sini lah duduk permasalahannya. Jika email tersebut dibuat ulang oleh orang lain maka ia akan bisa mengganti password Facebook yang tertaut dengan email tersebut. Ilustrasinya begini: aku membuat email [email protected] > Mendaftar Facebook > email dihapus Yahoo > Widut membuat email [email protected] > Widut mereset password Facebook yang kubuat > Widut menguasai Facebook.

Sebenarnya tidak hanya akun Facebook saja yang rentan dengan hal ini. Akun sosmed lainnya juga bisa diambil alih jika pembuat email menginginkannya.

Aku menyadari hal ini baru saja saat sepupuku bilang akun Facebooknya dihack seseorang. Ketika kutanya apakah masih bisa login ke email yang digunakan untuk mendaftar FB dijawab ia tidak tahu sama sekali dengan email itu karena dibuatkan oleh teman. Aku langsung saja mencoba masuk ke Yahoo dengan email yang dikirim padaku ternyata mendapat notifikasi bahwa email tidak ditemukan. Aku langsung membuat ulang email itu dan selanjutnya tentu saja mereset password Facebook agar bisa masuk ke Facebook lagi dan ternyata berhasil.

Tips Menjaga Keamanan Facebook

Kemanan Facebook selalu ditingkatkan setiap waktu. Jika kita tidak up to date dengan hal tersebut bisa saja kita kehilangan akun tanpa bisa diambil alih kembali.

Beberapa Tips menjaga keamanan Facebook yang bisa dilakukan antara lain:

  • Mengganti email login dengan email yang aktif dan sering digunakan
  • Mengganti atau menambahkan nomor telpon aktif ke akun Facebook
  • Menambahkan teman-teman terdekat yang dipercaya ke dalam sistem keamanan Facebook. Teman-teman ini yang akan membantu kita untuk mengembalikan akun (sebagai saksi) jika suatu saat akun kita diambil alih orang lain

Selain tips diatas, sebaiknya perkuat keamanan email dengan autentikasi dua faktor (2FA) agar aman. Jika email aman, akun Facebook juga akan berpeluang besar untuk aman. Namun jika email berhasil dibobol maka jangan harap lagi akun Facebook bisa diambil alih jika sudah berpindah tangan ke orang lain.

Tahukah Kamu Arti sembesi?

sem·be·si kl n jenis kuda: kuda -- pun makin kencang larinya
Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close