Cara Mudah Kirim Barang ke Malaysia

10

Sharing dari seorang temanku yang merangkap jadi penulis lepas membuatku takjub sekaligus salut dengan perjuangan hidupnya. Sebagai seorang single parents, Mbak Mon panggilan akrabnya tidak pernah mengeluh bahkan protes dengan permasalahan yang dihadapi. Menurutku dia pribadi yang tegar, disiplin serta pekerja keras menghidupi anak-anaknya.

Jadi Mbak Mon ini pernah curhat dalam WAG jika dia selain menjadi penjahit bantal boneka, sering dipeseni order memasak. Salah satu masakan favoritnya yang banyak diorder  adalah RENDANG. Tahu kan, rendang itu salah satu kuliner Indonesia yang masuk top ten WORLD.  Ccck hebat benar mbak Mon seorang wanita penuh talenta, multi-tasking istilah kerennya masa kini.

Yang jadi obrolan pentingnya manakala menyangkut cerita oderan rendang yang overload, sampai menolak beberapa pesanan. Namun akhirnya ketemu solusinya dengan memperbantukan kerabat saudaranya yang butuh pekerjaan. Syukur banget, solve case. Namun tambah  satu hal masalah baru, bikin mbak Mon tidak tenang mikiranya. Ternyata ada salah satu pelanggan setia rendangnya yang memesan dari luar negeri. Baru kali ini ada pemesanan lintas pulau, tepatnya di daerah Malaysia. Beliau enggak peduli berapa ongkir ke Malaysia yang harus beliau bayar.

Mengetahui Cara Mudah Kirim Barang ke Malaysia

Mungkin mbak Mon harus mengetahui dulu cara mudah kirim barang ke Malaysia dengan bertanya maupun cari informasi lengkap kepada teman yang terbiasa kirim ekspor barang atau bisa juga lewat  internet.  Dengan begitu dia bisa tahu berapa biaya yang harus dibayarkan untuk melakukan pengiriman barang dari kantor layanan jasa seperti JNE atau kantor pos. Untuk proses bertransaksinya juga lebih mudah karena mereka juga berkolaborasi dengan bank tertentu atau PAYPALL.

Perlu diketahui juga biaya ongkos kirim juga ditentukan dari negara tujuan. Biasanya pengiriman wilayah negara Asia Tenggara seperti Malaysia,Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Vietnam lebih murah daripada mengirim paket ke negara barat seperti Eropa, Inggris juga Amerika. Mengingat rentang jarak, jenis paket dan berat paket barang jadi patokan harga yang diterapkan. Tiap negara juga punya regulasi sendiri berkaitan dengan TAX yang dibebankan kepada penerima, itu semua sudah dikonfirmasi sebelum pengiriman oleh pihak TAX negara tujuan mengantisipasi adanya kesalahpahaman.

Perkiraan waktu melakukan pengiriman ke wilayah Asia Tenggara sendiri sekitar 3-4 hari, terkadang 4-5 hari tiba.  Sedangkan pengiriman ke luar benua, estimasi kemungkinan bisa lebih lama namun semua tergantung via pengiriman yang dipilih, apakah itu via Udara ataupun Via Darat.  

Sekilas info saja jika pengiriman via udara berarti pengiriman ekspress dengan moda transportasi pesawat. Alasannya bisa saja kirim barang yang penting dengan waktu urgensi.Penggunaan jasa pengiriman ini biasanya untuk kirim barang paket yang ringan dengan berat kurang dari 1 kg. Untuk prosedurnya emang lebih mudah, waktu kirim barang relatif lebih cepat daripada  via laut. Bahkan jasa pengiriman ekspor ini terbilang rutin kirim barang tiap harinya tanpa harus menunggu kuantitas minimal. Sebanding kan dengan biaya kirim yang dipatok jauh lebih mahal.

Sementara kirim paket barang dengan kapal kargo sering banyak ditemukan dalam jasa kirim ekspor. Mengingat kapal kargo lebih besar kapasitasnya sehingga bisa memuat banyak barang untuk dikirim jauh melintasi berbagai negara. Cara mudah kirim barang ke Malaysia bisa juga memakai kapal kargo ini dalam jumlah besar. Yang pasti biaya ongkos kirimnya lebih terjangkau dibandingkan moda pesawat. Memilih kirim barang via kapal juga dikenakan ketentuan. Konsumen tidak bisa mengirim barang dalam jumlah sedikit, minimal volume barang yang terangkut harus 1 kontainer. Hal itulah yang menjadikan kantor ekpedisi akan mengumpulkam sejumlah paket tertentu dengan tujuan yang sama. Setelah volumenya memadai ketentuan pengiriman kargo kapal barulah barang paket bisa dikirimkan semuanya. Ini salah satu faktor alasan jasa pengiriman via laut ke luar negeri rentang kirimnya lumayan lama dan prosesnya cukup rumit.

Nah sekarang tinggal mbak Mon sendiri yang bisa menentukan cara mudah kirim barang ke Malaysia yang cocok buat usaha sampingannya. Semangat terus ya mbak, semoga share artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Tanggapan Kamu?