Uncategorized

Cara Mencari Artikel Berbahasa Indonesia Saja di Google

Google merupakan situs pencarian yang paling populer di Indonesia. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Alexa, Google menempati peringkat pertama pada level global dan level Amerika Serikat. Hal ini menunjukkan bahwa situs pencarian yang dikembangkan oleh Google benar-benar populer. Namun, meskipun Google sangat populer, masih banyak pengguna yang belum tahu featur-featur istimewa yang disediakan oleh Google. Misalnya featur untuk mencari artikel/gambar yang berbahasa Indonesia saja, featur pencarian buku, peta lokasi, aplikasi dan lain sebagainya.

Artikel ini akan membahas bagaimana caranya menggunakan alat penelusuran Google untuk mencari artikel yang berbahasa Indonesia saja. Caranya ikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Buka situs google www.google.com
  2. Ketikkan kueri yang akan dicari
  3. Tekan enter atau klik ikon pencarian di samping form pencarian
  4. Setelah muncul hasil pencarian, klik Alat Penelusuran
    Menggunakan Alat Penelusuran Google

  5. Setelah diklik Alat Penelusuran akan muncul sub menu Bahasa Apa Saja, Sembarang Waktu, dan Semua Hasil. Klik sub menu Bahasa Apa Saja lalu pilih Telusuri Laman Berbahasa Indonesia Saja.
    Menelusuri Halaman Situs Berbahasa Indonesia dengan Google
  6. Setelah langkah ke 5 selesai, maka akan ditampilkan situs-situs yang menggunakan bahasa Indonesia.

Hasil pencarian yang ditampilkan oleh Google terkadang tidak selalu tepat. Misalnya ketika memilih Telusuri Laman Berbahasa Indonesia Saja masih ditampilkan artikel berbahasa Asing. Hal ini disebabkan situs bahasa Asing tersebut mengelabuhi Google dengan cara menggunakan bahasa samaran. Trik tersebut dilakukan untuk meningkatkan trafik situs mereka.

Demikian tutorial singkat tentang bagaimana caranya mencari artikel berbahasa Indonesia saja di Google. Semoga bermanfaat.

Penulis
Ahmad Budairi

Tinggalkan Balasan