Senin , 25 September 2017
Home » Cara Membuat Website dengan Hosting Gratis

Cara Membuat Website dengan Hosting Gratis

Artikel ini akan membahas tentang bagaimana caranya membuat website dengan hosting gratis yang disediakan oleh 000webhost.com. Silahkan dibaca dan dipraktekkan. Boleh dishare ataupun dijadikan referensi tugas sekolah atau tugas kuliah. Salam hormat dari admin budairi.com.

Daftar Isi:

  1. Pendahuluan
  2. Pembahasan
  3. Mendaftar Hosting Gratis
  4. Membuat Sub Domain
  5. Mengelola Website
  6. Kesimpulan
  7. Penutup

  1. Pendahuluan

    Seiring berkembangnya teknologi informatika, generasi sekarang dituntut untuk mengembangkan skillsnya dibidang tersebut agar tidak menjadi individu yang ketinggalan zaman. Arus perputaran informasi terasa mustahil untuk dibendung. Terlebih informasi yang dibagikan melalui jaringan internet. Banyak orang tua yang khawatir terhadap dampak negatif yang ditimbulkan oleh internet. Namun, internet merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting untuk menunjang berkembangnya skill seseorang.

    Salah satu skill yang dipelajari melalui internet adalah cara pembuatan website. Melalui internet, informasi ataupun tutorial mengenai cara pembuatan website dapat diperoleh secara gratis. Salah satunya adalah artikel ini.

  2. Pembahasan

    1. Cara Mendaftar Hosting Gratis
      Hosting merupakan alat untuk menyimpan file website. Hosting memiliki kuota layaknya penyimpanan offline seperti hardis, flasdish, dan lain sebagainya.

      Pendaftaran hosting gratis bisa diakses melalui link http://www.000webhost.com/633275.html. Setelah masuk halaman, silahkan klik Order Now pada menu Free Hosting.

      Memilih Layanan Hosting
    2. Cara Membuat Sub Domain
      Sub domain adalah bagian dari domain yang terletak sebelum domain. Domain dengan sub domain dipisah menggunakan titik. contoh www.kamusgeografi.geodik.com. Sub domain dari contoh tersebut adalah kamusgeografi, sedangkan domainnya adalah geodik.

      Pembuan sub domain di 000webhost.com bisa dilakukan setelah Order Free Hosting seperti yang dijelsakan pada pendaftaran hosting gratis di atas.

      Membuat sub domain di 000webhost.com
    3. Cara Mengelola Website
      Mengelola website di 000webhost.com bisa dilakukan setelah membuat sub domain seperti penjelasan di atas. Caranya adalah sebagai berikut:
      1. Klik Menu Go to Cpanel apabila sudah mahir membuat desain website sendiri. Klik Website Builder apabila belum bisa membuat desain website sendiri.

        Menu untuk mengelola website
      2. Setelah dipilih Website Builder, maka akan tampil pemilihan tema website yang bisa digunakan.
        Daftar Pilihan Tema Website yang disedisakan

        Klik Select untuk memilih tema.

      3. Setelah tema dipilih akan ditampilkan halaman untuk mengatur website. Atur tata letak dan teks mapun kalimat yang hendak dimodifikasi lalu tekan publish untuk menyelesaikan pembuatan website.

        Halaman untuk Mengatur Tampilan Website
  3. Kesimpulan

    Pembuatan website dengan hosting gratis bisa dilakukan melalui layanan yang disediakan oleh 000webhost.com. Secara umum, langkah pembuatannya terbagi menjadi tiga thap, yaitu (1) mendaftar hosting gratis, (2) membuat subdomain, dan  (3) mengatur atapun mengelola tampilan website.

  4. Penutup

    Sekian artikel tentang bagaimana caranya membuat website tentang bagaimana caranya membuat website dengan hosting gratis. Semoga bermanfaat.

Penulis
Ahmad Budairi

Masukkan Email kamu untuk mendapat artikel gratis dari Nusagates.com:

About Ahmad Budairi

Nusagates adalah nickname dari Ahmad Budairi. Seorang blogger yang berprofesi sebagai freelancer di dalam dunia progamming. Layanan yang disediakan Nusagates bisa dilihat melalui link Nusagates di Fiverr ini.

Berikan tanggapan kalian agar Nusagates semakin lebih baik.