Nusagatech

Cara Membuat Global Variabel Pada Kotlin

Tutorial Kotlin untuk Pemula

Kotlin adalah bahasa pemrograman resmi yang  ditawarkan oleh Google untuk membuat aplikasi android. Berdasarkan pengalaman, penggunaan bahasa Kotlin lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan bahasa Java.

Pengertian Global Variabel

Global variabel yang aku maksud di sini adalah sebuah class berisi sekumpulan variabel statis yang bisa diakses dari class lainnya. Contoh pembuatan global variabel di java bisa dilihat seperti di bawah ini:

Pada contoh di atas, class Variables memiliki dua global variavel yaitu SESSION_NAME dan SESSION_TOKEN. Cara mengakses variabel diatas dari class lain semisal dari main activity adalah sebagai berikut:

Deklarasi Global Variabel di Kotlin

Pembuatan global variabel di Kotlin hampir sama. Perhatikan contoh di bawah ini:

Pada contoh di atas, class Variables memiliki dua global variavel yaitu SESSION_NAME dan SESSION_TOKEN. Sama seperti yang dibuat pada Java.

Cara Mengakses Global Variabel di Kotlin

Misal kita mau mengakses global variabel dari MainActivity maka caranya adalah sebagai berikut:

Perbedaan cara memanggil variabel adalah jika di Java caranya Variables.SESSION_TOKEN  sedangkan di Kotlin menjadi Variables().SESSION_TOKEN .

Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.
Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close