Nusagates Notes

Cara Cek Tagihan PDAM

Demi menjawab tantangan zaman yang semakin canggih, PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum berusaha menghadirkan setiap layanannya dalam dua bentuk, yaitu secara online maupun offline. Usaha ini bukan tanpa alasan. Demi bertahan di era serba teknologi, PDAM berusaha menghadirkan layanan-layanan yang sesuai dengan kemampuan masyarakat masa kini.

Salah satu bentuk pelayanan PDAM yang relevan dengan kebutuhan masyarakat zaman now adalah fitur cek tagihan. Setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan baik secara online maupun offline, di antaranya:

  1. Lewat situs resmi

Cek tagihan PDAM – pamjaya.co.id

Cek tagihan PDAM melalui situs resmi bisa dilakukan berdasarkan tempat tinggal. Hal ini karena setiap kantor PDAM di daerah memiliki situs resminya masing. Berikut merupakan cara cek tagihan bulanan PDAM bagi Anda yang tinggal di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi, yaitu:

  • PDAM Jakarta : Untuk warga Jakarta, rincian tagihan bulanan PDAM bisa dilihat melalui situs pamjaya.co.id. Begitu masuk halaman utama situs, klik menu “Perkiraan Tagihan,” kemudian pilih “Kelompok Tarif,” lalu klik “Ukuran Meter Air, dan selanjutnya isi kolom jumlah pemakaian air. Untuk mengisi kolom ini, lihatlah indikator di meteran PDAM yang ada di rumah. Terakhir klik tombol “Kalkulasi,” dan beberapa saat kemudian rincian lengkap pemakaian PDAM akan muncul di layar.
  • PDAM Bogor : Untuk cek tagihan PDAM Bogor, Anda bisa mengunjungi situs pdamkotabogor.go.id. Selanjutnya masuk ke menu “Pelanggan,” kemudian klik “Simulasi Perhitungan Rekening Air,” lalu isi kolom tersebut dan pilih “Golongan Tarif.” Terakhir isi kolom “Stand Meter Bulan Lalu” dan “Stand Meter Bulan Sekarang” diikuti dengan meng-klik “Proses”. Tidak berapa lama rincian pemakaian dan jumlah tagihan akan terpampang di layar.
  • PDAM Tangerang : Untuk pelanggan yang tinggal di Tangerang, cek tagihan bisa dilakukan melalui situs pdamtkr.co.id. Setelah itu klik “Informasi Tagihan Pelanggan,” lalu masukkan nomor pelanggan, selanjutnya pilih “Periode Tagihan,” lalu centang kolom yang menyebutkan bahwa “saya bukan robot,” terakhir klik “Cek Tagihanku”, dan beberapa saat kemudian rincian tagihan ditampilkan di layar.
  • PDAM Bekasi : Cek tagihan PDAM bagi pelanggan yang tinggal di Bekasi bisa dilakukan dengan mengunjungi situs tirtabhagasasi.co.id. Setelah itu klik menu “Berapa Tagihan Pemakaian Air Anda Bulan Ini, Silakan Cek Tagihan Air Anda,” kemudian masukkan nomor pelanggan, dan rincian tagihan pun akan ditampilkan di layar.

Baca Juga: Cara Unfollow Teman Facebook Selama 30 Hari

  1. Cek Tagihan Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Cek Tagihan – pixabay.com

 

Selain melalui situs resmi, cek tagihan PDAM juga bisa dilakukan melalui situs multipembayaran atau aplikasi pihak ketiga. Salah satu situs dan aplikasi yang melayani fitur ini adalah Traveloka. Jika berminat, caranya cukup mudah. Pertama Anda hanya perlu mengetik alamat situs ini di browser PC atau buka melalui aplikasi yang bisa diunduh dari Apple Store dan Play Store.

Sebelum masuk ke menu utama, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah terdaftar sebagai pengguna Traveloka dan masuk lewat akun pribadi.Setelah itu pilih menu “Bill Payment” atau “Bayar Tagihan,” selanjutnya masukkan nomor pelanggan PDAM dan pilih perusahaan PDAM sesuai wilayah tempat tinggal.

Setelah itu klik “Buy Now” atau “Beli Sekarang.” Tidak berapa lama layar pun akan menunjukkan rincian tagihan. Jika ingin sekalian membayar, lanjutkan proses sesuai petunjuk yang tertera. Bagaimana cara cek tagihan PDAM di Traveloka? Cukup mudah bukan.

  1. Melalui ATM

Atm – pixabay.com

 

Untuk PDAM di beberapa wilayah di Indonesia, pengecekan tagihan bisa dilakukan melalui mesin ATM Bersama. Untuk mengetahui langkah-langkah cek tagihan PDAM melalui ATM, mari kita simak uraian di bawah ini:

  • Masukkan kartu ATM ke mesin lalu ketik nomor PIN
  • Pilih menu “Bayar atau Beli”
  • Selanjutnya pilih menu “PAM”
  • Kemudian Pilih Menu “PAM Lainnya” lalu tekan “Ya”
  • Pilih daftar kode PAM untuk pencarian kode PAM sesuai wilayah
  • Lanjutkan dengan mengetik kode PAM sesuai tempat tinggal lalu tekan “Benar”
  • Masukkan nomor pelanggan dilanjutkan dengan menekan “Benar”
  • Setelah beberapa saat akan muncul rincian pemakaian serta tagihan PDAM pada layar mesin
  • Jika ingin langsung melunasi tagihan, lanjutkan proses dengan mengikuti petunjuk yang tertera di layar ATM
  1. Melalui SMS

Melalui SMS – pixabay.com

Selain beberapa cara online di atas, Anda juga dapat mengecek tagihan PDAM terbaru secara offline melalui SMS. Caranya cukup mudah, cukup ketik format “tagihan<spasi>nomor pelanggan (6 digit terakhir)” lalu kirim ke nomor 08164295000.

Misal nomor pelanggan Anda adalah 4968000131566 (untuk PDAM wilayah Kota Malang) maka format yang diketik adalah “tagihan 131566.” Beberapa saat kemudian biasanya kita akan mendapatkan SMS balasan berisi rincian pemakaian air bulan ini beserta nominal tagihan terbaru.

Baca Juga: Cara Mengoreksi Typo pada Artikel

  1. Datang langsung ke kantor PDAM terdekat

Cara yang terakhir mungkin yang paling konvensional. Untuk mengetahui rincian pemakaian dan tagihan yang harus dibayar bulan ini, Anda bisa datang langsung ke kantor PDAM terdekat dengan membawa nomor pelanggan. Biasanya oleh petugas keamanan Anda akan diarahkan untuk mengantri di meja informasi. Di meja tersebut, silakan tanyakan langsung rincian tagihan terbaru.

Petugas biasanya akan menanyakan nomor pelanggan dan nama yang didaftarkan, jika informasi sesuai database PDAM, Anda akan ditunjukkan rincian tagihan terbaru. Informasi tersebut bisa dicetak sesuai permintaan atau langsung dibayar. Untuk melakukan pembayaran, biasanya petugas akan mengarahkan Anda ke loket.

Jadi, mana cara cek tagihan PDAM yang paling mudah menurut Anda? Jangan lupa untuk senantiasa menghemat pemakaian air di rumah agar tagihan tidak membengkak dan melebihi bujet bulanan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Mengetahui Password Modem Indihome

Pencarian Terkait:

Tahukah Kamu Arti lenting?

len·ting 1 v, me·len·ting v mengenyal; kenyal (spt per, karet busa, rotan); 2 menjadi kering sekali; bergelung (spt daun kering, papan kena panas);me·len·ting·kan v melenting;ke·len·ting·an n 1 sifat atau daya lenting; 2 Fis sifat bahan yg kembali dng sendirinya ke bentuk semula apabila meregang atau apabila penyangganya tidak bekerja lagi
Kata Kunci
Selengkapnya...

Widi Utami

Deaf Blogger, Emak K.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close