Nusagatizen

Cara Cari Kode Pos Online

Tentang Kode Pos

Kodepos atau juga biasa ditulis dengan Kode Pos adalah serangkaian angka dan/atau huruf yang ditambahkan pada alamat surat. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pemilahan surat serta mempermudah pengirimannya.

Negara yang pertama kali menggunakan sistem kodepos adalah Jerman pada tahun 1941, kemudian diikuti Inggris pada tahun 1959 dan Amerika Serikat pada tahun 1963.

Data Kode Pos yang ada di Indonesia kurang lebih ada sekitar 8239 Kode Pos. Sebagian daerah diberikan Kode Pos sampai kelurahan. Maksudnya setiap kelurahan memiliki Kode Pos masing-masing. Sedangkan daerah yang lain hanya sampai kecamatan saja. Hal ini tentu ada aturan dan tujuannya tersendiri. Sampai sejauh ini, aku belum tahu kriteria yang digunakan untuk membedakan hal itu.

Kode Pos Online

Website penyedia data Kode Pos Online sangat banyak. Mereka menawarkan tampilan dan fitur yang beragam. Sebagai orang yang sering berkirim surat atau sering mengirim produk-produk yang dijual online, tentu layanan Kode Pos online itu sangat membantu untuk menentukan alamat tujuan yang akurat.

Nusagates sendiri menyediakan layanan Kode Pos online yang bisa diakses melalui alamat https://nusagates.com/kodepos/. Situs yang digunakan untuk menyediakan data Kode Pos secara Online tersebut didesain sangat minimalis dan moblie friendly. Tangkapan Layar (Screenshoot) pencarian Kode Pos Salatiga bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Cari Kode Pos Online
Tangkapan Layar atau Screenshoot pencarian kodepos Salatiga

Melalui situs tersebut, kamu bisa menghemat waktu untuk mencari Kode Pos yang dibutuhkan karena ditampilkan berdasarkan kemiripan data. Selain itu, kamu juga hemat kuota karena situs tersebut didesain sangat minimalis dan tidak menggunakan banyak gambar.

Cari Kode Pos Menggunakan Add-On Mozilla

Bagi teman-teman pelaku bisnis yang menggunakan media toko online (online shop) atau bagi teman-teman yang saben hari membutuhkan alat untuk Cari Kode Pos bisa menggunakan Add-On Mozilla yang telah disediakan oleh Nusagates. Plugin ini cukup sederhana. Kamu tidak perlu mengunjungi situs penyedia Kode Pos Online di atas. tinggal mengetiikannya di kolom pencarian Mozilla yang terletak di bagian pojok kanan atas browser Mozilla.

Cara Menggunakan Add-on Mozilla untuk Cari Kode Pos

  1. Klik Menu Mozilla yang terletak di pojok kanan atas
  2. Klik menu Add-ons
    Menu Add-ons Mozilla
    Tampilan Menu Add-ons di Mozilla versi 52.
  3. Scroll sampai paling bawah lalu klik link see more add-ons
  4. Ketik “Kode Pos” di kolom pencarian addon Mozilla kemudian tekan enter
    Cari Kodepos Add-on Mozilla
    Tampilan Pencarian Add-on Cari Kodepos di Mozilla
  5. Sorot (hover) Add-on mozilla dengan nama Cari Kodepos yang berlogo huruf N berwarna hijau. Kemudian klik tombol add to Firefox.
    Add-on Mozilla Cari Kode Pos
    Tampilan Add-on Mozilla Cari Kode Pos di direktori Add-ons Mozilla
  6. Setelah Add-on ditambahkan ke Mozilla, selanjutnya ganti pencarian default mozilla dengan addon Cari kode Pos tersebut caranya klik icon kaca pembesar di kolom pencarian Mozilla.
    Icon Search Mozilla
    Tampilan icon kaca pembesar di kolom pencarian Mozilla
  7. Klik Change Search Settings
    Change Search Setting Mozilla
    Tampilan menu untuk mengganti default search di Mozilla
  8. Pada bagian Default Search Engine pilih Cari Kodepos dan klik.
    Change Default Search Engine Mozilla
    Tampilan Daftar pencarian yang diinstal di Mozilla
  9. Setelah itu silahkan coba mencari kodepos menggunakan Add-on yang baru saja ditambahkan.

Jika kamu kesulitan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa langsung skip langkah 1 sampai 4. Langsung saja kunjungi halaman Cari Kodepos ini. Setelah itu ikuti langkah nomer 5 dan seterusnya. Semoga bermanfaat.

Cheers
Nusagates

Tahukah Kamu Arti dangkung?

dang·kung1 n penyakit kusta yang telah parah (terutama yang telah membusukkan kulit);

ber·dang·kung v menderita sakit dangkung
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close