Nusagatizen

Bingung Memilih Plugin SEO WordPress

Hobi menulis di blog memanglah sudah melekat sejak lama. Hingga sekarang, ribuan tulisan dengan berbagai topik pembahasan sudah kupublikasikan di blog. Namun, sebagian dari tulisan-tulisan itu raib di saat domain dan hosting lenyap karena disuspen setelah hari terakhir masa toleransi keterlambatan pembayarannya tidak kuindahkan. Maklum waktu itu lagi bokek dan koneksi internet pun sulit. Domain dan hosting raib, semua konten pun ikut lenyap tanpa ada backup sedikitpun.

Nusagates adalah rumah baru bagiku. Persinggahan di Nusagates ini belum begitu lama. Baru sekitar 2 tahun. Tulisan yang kubuat juga belum banyak. Namun, aku ingin memulainya dengan kaidah perblogeran yang baik. Termasuk mengenai penerapan SEO on-page dan off-page-nya.

Berbicara mengenai teknik SEO, sebenarnya aku sendiri juga masih belajar. Masih membutuhkan alat bantu berupa plugin meskipun sebelumnya sudah cukup lama menerapkan optimasi SEO secara manual di platform Blogger besutan simbah Google.

Setidaknya ada tiga (3) plugin untuk SEO yang membuatku dilanda delima, yaitu:

Pertama, plugin SEO Yoast. Sebenarnya aku sendiri sudah sering menggunakan plugin ini. Mulai dari yang versi gratisan sampai yang premium tapi bajakan. Fiturnya cukup bagus dan hasilnya pun demikian. Dilema datang saat mau meninggalkan bajakan dan berganti ke yang benar-benar premium. Harganya relatif murah, sih.  Cuma $69 per tahun. Namun masih belum yakin mau ambil yang ini atau lainnya.

Kedua, plugin All In One Seo Pack. Aku juga sudah cukup lama menggunakan plugin ini. Hasilnya juga cukup lumayan. Hanya saja, satu hal yang kurang bagiku adalah breadcrumb di SERP. Plugin ini tidak ada fiturnya untuk menampilkan breadcrumb di SERP sebagaimana yang dimiliki YOAST. Ini yang membuat dilema. Harganya juga cukup murah jika mengingat blog yang kuurus cukup banyak dan plugin ini ditawarkan sekitar $70+ per tahun dg lisensi multisite. Berbeda dengan Yoast yang $69 hanya mendapatkan lisensi 1 situs saja.

Ketiga, SEOPress plugin. Aku baru dengar plugin ini semalam. Dari situs resminya, informasi yang kudapat cukuo detail. Banyak fitur yang dimilikinya tetapi tidak dimiliki plugin lain. Harga lisensinya juga cukup murah, yaitu $9/bulan untuk situs yang tidak terbatas. Dilemanya adalah aku baru mendengar dan mulai mengenal. Hanya sedikit review yang kudapat. Itu pun kurang meyalinkan.

Jika ada yang berkenan memberi saran/ masukan, mohon dikirim ke [email protected] atau difulis di kolom komentar. Terimakasih.
Cheers

Nusagates

Tahukah Kamu Arti stabil?

sta·bil a 1 mantap; kukuh; tidak goyah (tt bangunan, pemerintah, dsb): situasi politik dl negeri kita --; 2 tetap jalannya; tenang; tidak goyang (tt kendaraan, kapal, dsb): setelah barang-barang dibuang ke laut, kapal -- kembali; 3 tidak berubah-ubah; tetap; tidak naik turun (tt harga barang, nilai uang, dsb): harga kopra sekarang mulai --;men·sta·bil·kan v membuat menjadi stabil (mantap , tenang, dan tidak goyah): Pemerintah sedang berusaha - kehidupan rakyat dl segala hal;pen·sta·bil·an n proses, cara, perbuatan menstabilkan; pemantapan: kita masih perlu mencari - untuk memperoleh prestasi yg tinggi;ke·sta·bil·an n perihal (yg bersifat) stabil; keadaan stabil
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close