Nusagatrip

Bingung Memilih Mobil? Pertimbangkan 4 Hal ini

Memilih mobil ternyata tidak sesimpel memandang budget. Enggak sesimpel, oh aku cuma punya budget 100 jutaan, jadi aku beli mobil Toyota Agya saja. Enggak, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan matang-matang, sehingga mobil bisa berfungsi maksimal. Ada yang perlu dipikirkan agar mobil yang dibeli sesuai kebutuhan tetapi tidak mengganggu cahsflow keuangan.

Pertimbangkan Aktivitas Seperti Apa yang Membutuhkan Mobil

Sebelum memutuskan apakah mobil jenis Low Cost Green Car yang menawarkan harga murah dan bahan bakar irit, MPV atau SUV, ada hal yang perlu dipertimbangkan; mobil ini akan digunakan untuk aktivitas seperti apa. Apakah ia akan diajak menjelajahi jalan perkebunan yang melewati jalan tidak rata, apakah ia akan diajak untuk wisata sekeluarga ke pelosok Indonesia, ataukah hanya akan digunakan untuk menunjang transportasi di dalam kota.

Jika mobil akan digunakan untuk menunjang usaha yang membutuhkan delivery order dengan menempuh beragam medan, maka mobil MPV boxy menjadi pilihan yang tepat. Jika ternyata mobil digunakan untuk berkeliling ke pelosok Indonesia bersama keluarga besar, mungkin bisa mempertimbangkan mobil jenis SUV.

Jika aktivitas hanya terbatas di dalam kota dan tidak terlalu suka untuk traveling menggunakan kendaraan pribadi, keluarga yang dimiliki adalah keluarga kecil, LCGC sudah cukup untuk menemani aktivitas sehari-hari sebagai keluarga kecil yang hidup di perkotaan dengan kondisi jalan mulus dan tidak terlalu banyak tanjakan ekstrem

Pastikan Harga Mobil atau Cicilan Mobil Tidak Mengganggu Cashflow

Tidak lucu jika kita mempunyai mobil dengan spesifikasi tinggi namun kondisi keungan rumah tangga dalam memuhi kebutuhan sehari-hari berantakan. Adalah langkah yang bijak untuk mengukur kemampuan finansial terlebih dahulu dalam memilih merk mobil seperti apa yang akan kita beli.

Jika kita membutuhkan mobil jenis MPV, sementara cashflow kita hanya mampu mencicil kredit mobil Avanza, please, jangan dipaksakan untuk nekat memutuskan kredit mobil Alphard. Cashflow yang imbang sangat mempengaruhi produktifitas kerja dan keharmonisan keluarga. Kebanyakan financial planner menyarankan untuk tidak mengambil kredit lebih dari 30% dari penghasilan pokok kita.

Pastikan Tersedia Bengkel Resmi atau Penyedia Suku Cadang Resmi di Kota Terdekat

Tidak selamanya mobil dalam kondisi bagus. Ada masa-masa dimana mobil membutuhkan penggantian komponen karena sudah aus karena pemakaian atau karena terjadi hal-hal di luar dugaan. Keberadaan bengkel resmi di kota terdekat akan memudahkan kita sebagai pemilik mobil jika waktu untuk mengganti suku cadang mobil telah tiba.

Jangan mengambil resiko dengan membeli suku cadang yang tidak resmi, yang belum teruji keamanan dalam pemakaiannya karena bisa menyebabkan mobil tidak nyaman untuk dikendarai, bahkan jika ternyata mengenai bagian penting seperti rem dan mesin, bisa menyebabkan kecelakaan.

Biaya kirim suku cadang tergolong mahal karena suku cadag umumnya berat. Jadi lebih baik membeli mobil yang mempunyai bengkel atau suku cadang resmi di sekitar tempat tinggal kita.

Cek Kelengkapan Fitur Keamanan dan Kenyamanannya

Kenyamanan saat berkendara bukan hal yang sangat pokok, tetapi tidak bisa diabaikan karena terkait dengan kondisi orang-orang di dalam mobil. Mood orang yang berada di mobil dengan suasana segar, sejuk tentu sangat berbeda dengan mood orang yang berada di mobil dengan kondisi gerah, panas dan bau.

Kenyamanan yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan tempat duduk, ruangan yang cukup untuk menyenderkan kaki dan kepala, Ac yang berfungsi dengan maksimal serta suspensi yang mencegah terjadinya guncangan yang mengganggu akibat kondisi jalan yang tidak rata.

Fitur keamanan yang berlu diek adalah sabuk pengaman pada setiap kursi penumpang dan pengemudi, automatic lock untuk mencegah anak kecil membuka pintu saat mobil berjalan, dan air bag yang cukup untuk menahan benturan. Bagi keluarga yang mempunyai anak balita, fitur isofix pada jok mobil adalah hal yang patut dipertimbangkan untuk pemasangan car seat yang aman bagi anak balita.

So? Udah ada gambaran mau beli mobil apa? Emak K doakan agar dilancarkan segala urusannya, dilapangkan rejekinya ya.

 

Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.
Kata Kunci

Widi Utami

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close