Nusagatizen

Belajar Koding Di Tahun 2018

Sebuah Saran Untuk Para Pencari Kerja

Teman-teman yang baru lulus kuliah dan sedang mencari kerja mungkin akan dihadapkan dengan kenyataan mencari pekerjaan yang tidak gampang. Sebetulnya lowongan kerja yang dibuka cukup banyak akan tetapi pekerjaan yang sesuai dengan harapan sulit didapat. Ada yang pernah merasakan begitu? Jika iya maka aku menyarankan bagi teman-teman untuk berubah haluan dengan belajar koding. Belajar bahasa pemrograman. Mungkin ada sebagian orang yang menganggap bahasa pemrograman itu susah seperti mempelajari bahasa asing yang belum dikenal sama sekali. Namun kenyataannya dengan tips, trik, dan sumber bacaan yang tepat akan membuat belajar koding menjadi sangat menyenangkan. Bahkan akan lebih menggairahkan daripada kencan dengan cewek cantik. Kalau tidak percaya buktikan saja.

Beberapa tips untuk membuat resolusi belajar koding di tahun 2018 antara lain sebagai berikut:

Yakinkan Pada Diri Mengapa Perlu Belajar Koding

Sebelum memutuskan untuk belajar koding suatu bahasa pemrograman, kamu perlu meyakinkan pada diri dengan perlunya belajar koding dengan menanyakan pada diri sendiri untuk apa belajar koding itu? Apakah untuk banting setir dari pekerjaan lama, sekedar menambah wawasan, atau untuk sekedar gaya-gayaan agar bisa disebut programmer.

Tahap ini juga penting untuk menentukan bahasa pemrograman apa yang tepat untuk dipelajari. Apakah pemrograman untuk membuat aplikasi web, aplikasi mobile, atau desktop. Semuanya berawal dari sini. Jangan pernah menganggap belajar bahasa pemrograman itu sulit sebelum mencobanya sepenuh hati. Gagal hari ini bisa mencoba besok atau besoknya lagi sebagaimana saat PDKT pada si doi.

Pelajari Beberapa Bahasa Pemrograman

Evolusi Bahasa Pemrograman Komputer
Evolusi Bahasa Pemrograman Komputer (lifehacker.com/Lucas)

Jika tips pertama belum sepenuhnya membantu maka cobalah tips kedua ini yaitu mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman sekaligus. Selain konsep-konsep dasar, kamu juga perlu tahu perbedaan simbol, fungsi, serta cara penggunaannya masing-masing bahasa pemrograman yang kamu pelajari. Hal ini berguna untuk membaur dengan komunitas programmer agar bisa nyambung ketika bicara dengan mereka. Setelah menemukan feel yang tepat dengan bahasa pemrograman tertentu baru fokuskan pda bahasa tersebut.

Simpan Uangmu, Dapatkan Buku-Buku Gratis

Belajar bahasa pemrograman sebetulnya bisa dilakukan dengan mandiri. Entah melalui tutorial online maupun buku-buku cetak. Kita bisa mendownload buku-buku yang membahas mengenai bahasa pemrograman secara gratis di banyak situs luar negeri. Jikalaupun kita tidak bisa menemukan yang sesuai dengan keinginan, kita bisa saja datang ke perpustakaan untuk membacanya secara gratis.

Salah satu daftar buku digital yang membahas mengenai bahasa pemrograman gratis bisa diakses melalui link berikut ini. Di sana cukup banyak daftar buku yang bisa didownload secara gratis dan sudah disusun berdasarkan abjad topik yang dibahas.

Pelajari Cara Kerja Github

Hampir semua perusahaan-perusaan besar yang mempekerjakan programmer menggunakan github untuk menjembatani kolaborasi antar programmer yang sedang menggarap proyek dari perusaan tersebut. Meskipun ada Version Control Service (VCS) lain semacam github namun nyatanya github memang yang paling populer di Indonesia.

Github biasanya masuk pada materi test saat melamar kerja di perusaan. Mungkin mirip test baca Qur’an saat melamar si doi nanti. Di bawah ini ada video singkat yang menjelaskan tentang github.

Ikuti Kompetisi Pencari Bug

Semakin banyak aplikasi, software, atau program dibuat maka semakin banyak pula potensi bug yang ditemukan. Bug adalah suatu kesalahan pada program atau program tidak berjalan sebagai mestinya. Intinya ada celah kesalahan pada program tertentu.

Mengikuti kompetisi pencari bug akan sangat menyenangkan selain bisa mengukur seberapa kemampuan menganalisa program, kita juga akan medapatkan uang ketika berhasil menemukan suatu bug apalagi bisa memberikan saran solusi untuk memperbaikinya. Jika sudah terbiasa mengikuti kompetisi ini mungkin kehampaan seorang jomblo akan sirna. Ya karena itu tadi. Koding lebih menggairahkan dari cewek cantik.

Beberapa situs yang dapat digunakan untuk menambah pengasilan melalui pencarian bug antara lain:

Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: budairi@nusagates.com. Hubungi via 0822 2500 5825

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close

Adblock Terdeteksi

Tampaknya kamu menggunakan Adblock. Iklan kami aman dan tidak mengganggu kamu mengunjungi blog ini. Sudilah kiranya mematikan Adblock untuk blog ini untuk mendukung kami.
Lewat ke baris perkakas