Nusagatizen

Begadang Membuat Merasa Mengantuk Sepanjang Hari

Sebagai seorang yang berprofesi sebagai pegawai lepas penulis kode, aku sering kali begadang sepanjang malam. Tidak tidur sama sekali dalam waktu 24 jam adalah hal yang biasa bagiku. Terlebih ketika kode yang harus ditulis cukup banyak dan deadlinenya mepet semua. Jatah tidur akan sangat berkurang.

Dampak begadang sepanjang malam yang sering aku alami adalah merasa mengantuk sepanjang hari. Meskipun pagi-pagi usai sholat subuh biasanya tidur dan bangun ketika waktu dzuhur, rasa kantuk itu tidak hilang. Rasanya ingin melanjutkan tidur lagi usai sholat dzuhur. Rasa malas untuk memulai pekerjaan menjangkit dan sulit untuk dihindari.

Ketika rasa kantuk itu diikuti dan memutuskan tidur lagi maka sampai malam tiba rasa kantuk itu tidak akan hilang. Kondisi ini diperparah ketika udara dingin akibat gerimis atau hujan yang mengguyur. Rasanya meninggalkan selimut akan sangat terasa berat.

Kopi pahit buatan istri tidak juga mampu mengurangi rasa kantuk. Percepatan debaran detak jantung yang disebabkan oleh kafein dalam kopi tidak juga membuat mata menjadi cerah dan membuang rasa kantuk.

Cara paling ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk yang mendera adalah dengan cara menjalankan ide-ide yang konyol dan menantang sebagai pemanasan untuk memulai pekerjaan. Biasanya aku memilih ide konyol yang tidak jauh dari urusan menulis kode. Misalnya membuat web pishing untuk ditargetkan kepada gadis cabe-cabean usia SMA. Tantangannya adalah bagaimana cara meyakinkan mereka untuk mau mengakses web pishing tersebut. Intrik dengan kekuatan penuh dimainkan untuk mengurangi saraf ngantuk memonopoli energi. Ketika saraf ngantuk kekurangan energi maka rasa kantuk itu akan berkurang secara perlahan.

Pemanasan untuk menghilangkan rasa kantuk ini biasanya membutuhkan waktu sekitar satu sampai dua jam. Tergantung seberapa besar tantangan dari ide konyol yang digunakan.

Cukup sekian, ya. Aku sudah ngantuk lagi karena kemarin malam begadang sepanjang malam. So, malam ini harus tidur biar besok tidak membutuhkan ide konyol lagi untuk memulai pekerjaan.

Cheers
Nusagates

Tahukah Kamu Arti mutiara?

mu·ti·a·ra n 1 permata berbentuk bulat dan keras, berasal dari kulit kerang mutiara, terbentuk karena ada benda atau pasir yang masuk ke dalam tubuh kerang itu kemudian diselubungi oleh kulit ari; 2 ki air mata: -- bening mencair di sudut-sudut matanya; 3 ki sesuatu yang sangat berharga (dihargai dan sebagainya): sopan santun adalah -- bagi wanita; anak-anak yang saleh merupakan -- bagi rumah tangga;lebih berharga -- sebutir daripada pasir sepantai, pb seseorang yang baik, meskipun ia tidak kaya, jauh lebih berharga dan mulia daripada orang kaya yang jahat dan jahil;
-- buatan mutiara yang diternakkan dengan menempatkan butiran biang mutiara di sela selaput kerang dan dibiarkan tumbuh sehingga butiran itu diliputi bahan mutiara;
-- hati ki sesuatu yang sangat disayang (seperti kekasih, anak kesayangan)
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close