Nusagalture

Badan Serayat; Tradisi Slametan Di Salatiga

Aku merupakan pendatang di kota Salatiga. Sebagai seorang pendatang, tentu saja aku sudah mengantongi budaya sendiri dari daerah asal. Namun karena aku menjadi warga baru di sini, di Salatiga, maka aku pun harus mengikuti tradisi maupun budaya yang berlaku. Salah satu tradisi itu adalah badan serakyat.

Badan serakyat adalah salah satu bentuk kendurian yang bertujuan untuk meminta keselamatan dari Sang Pencipta. Aku pernah bertanya kepada salah seorang sesepuh di sini mengenai maksud dan tujuan diselenggarakannya badan serayat. Beliau menjawab tujuan pemilik hajat adalah untuk meminta keselamatan kepada Sang Pencipta dengan cara meminta doa dari tetangga yang diundang pada acara badan serayat atau jamaah di musholla atau masjid yang mengikuti acara tersebut.

Menurut salah seorang tetangga, badan berarti tubuh secara jasmani dan rohani. Sedangkan serayat diadaptasi dari kata se-rakyat yang secara umum dimaknai dengan seluruh anggota keluarga. Jadi keselamatan yang diminta adalah untuk seluruh anggota keluarga.

Acara badan serayat biasanya menggunakan tumpeng dengan nasi yang dibentuk kerucut dan menggunakan lauk sayur-sayuran direbus (jawa: kuluban) yang dipadukan dengan ikan asin (jawa: gereh) digoreng.

Nasi yang dibentuk kerucut biasanya akan dipotong (jawa: dipunggel) ujung bagian atasnya setelah doa bersama selesai dilakukan. Maksud dan tujuan pemotongan bagian sisi lancip kerucut itu belum kuketahui sampai sekarang.

Waktu yang digunakan untuk mengadakan badan serayat tidaklah tentu. Hal ini tergantung dari kebutuhan masing-masing. Pun demikian dengan jumlahnya dalam setahun tidak bisa dihitung dengan tepat karena ini lebih ke kebutuhan personal atau sekelompok anggota keluarga. Hanya saja, waktu yang paling sering digunakan untuk melakukan ini adalah saat menjelang ramadhan, 10 malam terakhir bulan ramadhan, dan bulan muharram (jawa: suro).

Tahukah Kamu Arti pesut?

pe·sut n ikan lumba-lumba air tawar yang banyak terdapat di Sungai Mahakam, Kalimantan; jenis lumba-lumba bermoncong pendek, dahi bulat, warna kelabu kebiru-biruan pada badan sebelah atas, pada badan bagian sebelah bawah berwarna lebih muda; Orcaella brevirostris
Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close