Nusagadu

Arti Penting Organisasi bagi Manusia

Organisasi adalah kesatuan sosial yang dikordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja secara terus menerus untuk mencapai suatu tujuan kelompok yang telah ditetapkan. (Purwanto: 1.3)

Pentingnya organisasi bagi manusia sangat terlihat secara nyata karena manusia membutuhkan batasan-batasan agar kehidupan sosial yang berlangsung bisa bergerak dengan dinamis dan teratur, sehingga konflik yang terjadi tidak sampai menimbulkan chaos yang bisa mengganggu kenyamanan bersama dan mengancam rasa aman dalam kehidupan bermasyarakat.

Organisasi membuat kehidupan masyarakat lebih teratur dengan mempunyai batasan-batasan yang telah disepakati bersama. Kehidupan bermasyarakat pun akan lebih bergairah karena organisasi mempunyai tujuan bersama yang membuat masyarakat di dalam organisasi bergerak dengan irama yang sama untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan.

Konflik-konflik yang terjadi di dalam masyarakat lebih mudah terselesaikan karena adanya jenjang kepemimpinan dalam organisasi masyarakat, aturan pengambilan keputusan dan musyawarah di dalam organisasi sehingga konflik yang terjadi tidak menimbulkan konflik baru.

–Tugas ini merupakan tugas Diskusi 1 Teori Organisasi Universitas Terbuka a.n Budairi—

Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.
Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: nusagates@gmail.com. Hubungi via 0822 2500 5825

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close