Nusagaview

Aneka Minuman Segar Favorit Emak K

Musim panas begini, enaknya menyiapkan aneka minuman segar biar hari-hari tetep fresh dan enggak mudah bad mood. Panas menyebabkan otak cepet lelah, emosi cepat tersulut, butuh minuman segar untuk memadamkan emosi yang meletup-letup. Eh, memangnya lava gunung berapi kok meletup-letup? Hihihi.

Soal minuman segar, emak K punya aneka minuman sega favorit. Setiap kemanapun, yang dicari itu-itu saja. Enggak bosan? Jangan salah, meskipun namanya sama, setiap daerah punya ciri khas sendiri. Jangankan daerah, setiap warung saja punya keunggulan sendiri-sendiri.

Es Teller

Perpaduan air kelapa, susu,aneka buah dan tape membuat haus yang menyerang tenggorokan ambrol perlahan-lahan. Apalagi kalau kuahnya air kelapa asli dengan es seut yang memenuhi gelas, hmmm, syedap.

Aku paling suka jika Es Tellernya dikasih buah alpukat, nangka, kelengkeng. Tapenya tape singkong. Kalau perut lagi baik, aku biasanya memesan Es Teller dengan topping durian. Lemaknyooo… Sayang, Es Teller topping durian hanya musiman, itu pun harganya bikin mikir dua kali sebelum beli. Hahaha.

Saat di Salatiga, ada tiga tempat jajan Es Teller terbaik. Warung Es Alun-alun Pancasila yang tendanya dekat pintu masuk sebelah timur, di bawah pohon beringin. Istana Martabak jalan Monginsidi, aku selalu kangen ngicip Es Teller sambil makan pempek yang kuahnya mantab tiada dua. Es Teller di Gerobak Es dekat Dinas Pendidikan yang bisa kita lihat sendiri gimana penjual mengeksekusi kelapa muda dengan cepat,ciattt.

Kemaren mbak Arin sempat cerita soal Es Teller di Kedai Ibu, Solo. Haih, kapan kita kesana, abah K? Emak K mah, cuma diiming-imingi foto Es Teller saja dah minta nyambangin. Hahaha

Aneka Minuman Segar Es Teller
Aneka Minuman Segar Es Teller, credit: mbak Arinta Adiningtyas

Es Tape Singkong

Salah satu jajanan masa kecil yang masih menjadi favoritku sampai sekarang adalah Es Tape Singkong. Untuk mendapatkan es tape singkong di tahun 90an, aku harus mencarinya di kampung sebelah karena saat itu yang punya mesin blender sangat terbatas. Dulu kami sering rame-rame jalan 1 km hanya untuk membeli es tape singkong rasa coklat yang harganya seribuan. Hahaha

Es Tape Singkong masa kecil ini sederhana, hanya tape singkong, sedikit gula, es, air putih dan bubuk coklat yang diblender. Lain halnya sekarang, Es Tape Singkong sangat beragam pilihannya. Mbak Arin mengiimiku Es Tape Singkong dengan sirup merah. Duh, siang-siang panas begini ngomongin es. Slurppppp.

Aneka Minuman Segar, Es Tape Singkong
Aneka Minuman Segar, Es Tape Singkong, credit: mbak Arinta Adiningtyas

Es Teh

What a mainstream drink?! Wkwkwkwk. Biasanya kalau lagi jajan, di daftar menu enggak ada Es Teller atau tape singkong, aku lebih memilih Es Teh. Menu mainstream yang setiap waung pasti menyediakan. Hahaha.

Jangan salah, meskipun namanya sama-sama Es Teh, tetapi setiap tempat makan punya karakternya sendiri. Aku sampai menandai mana warung yang Es Tehnya seger, mana warung yang es Tehnya asem-seger, mana warung yang Es Tehnya kayak Es Teh yang sudah diseduh dua hari. Hahaha

Aku paling suka Es Teh di Kafeole, Tehnya fresh, dengan rasanya yang pakai pucuk teh segar. Dasarnya sudah terbiasa menikmati teh home made asli dari pucuk teh, aku jadi tahu mana teh yang memakai daun pucuk, mana yang cuma remah-remah rengginang, eh, remah-remah daun tua dan rantingnya.

Aneka Minuman Segar Es Teh
Aneka Minuman Segar Es Teh, credit: Mbak Arinta Adiningtyas

Es Teh di Cosmo Cafe juga boleh dicoba, ada pilihan Teh Daun Mint, Lemon Tea, trus apalagi lupa. Kamu penggemar Es Teh harus nyoba aneka macam Es Teh di Cosmo Cafe yang letaknya di Jalan Monginsidi 7.

 

Kalau kamu, minuman segar favoritmu apa,Mak?

Tahukah Kamu Arti sensor-2?

sen·sor2 /sénsor/ n elemen yang mengubah sinyal fisik menjadi sinyal elektronik yang dibutuhkan komputer
DMCA.com Protection Status
Kata Kunci
Selengkapnya...

Widi Utami

Deaf Blogger, Emak K.
Close