9 Makna Bunga Tulip yang Mendalam

18
Makna Bunga Tulip
Makna Bunga Tulip

Ketika akan memberikan sebuah bunga, yang pertama kali seseorang akan lakukan adalah mencari informasi mengenai bunga tersebut. Yang biasanya akan banyak muncul adalah makna atau arti sebuah bunga. Selebihnya yang akan ditemui di internet adalah beberapa informasi penting seperti penanaman, perawatan, hingga perbedaan dari beberapa warna bunga yang dicari.

Tidak jarang memang seseorang akan memberikan bunga sesuai dengan makna bunga tersebut. Setelah mendapat makna dari sebuah bunga, tidak akan terlalu sulit lagi untuk memilih sebuah bunga. Bunga yang diinginkan juga hanya perlu dicari di toko bunga untuk kemudian membelinya.

Makna sebuah bunga adalah acuan paling tepat dalam menyampaikan sesuatu melalui buket bunga. Namun, tetap masih ada hal-hal lain yang dapat dijadikan sebuah pesan tersirat melalu bunga seperti bagaimana bunga tersebut tumbuh, habitat bunga tersebut, dan bagaimana perawatan bunga tersebut.

Tidak perlu berselancar terlalu jauh di internet jika yang dicari adalah makna bunga tulip. Berikut 7 makna bunga tulip yang sangat dalam:

Bunga Tulip Lambang Kemakmuran

Bunga tulip merupakan lambang dari kemakmuran. Banyak faktor yang membuat bunga tulip menyandang simbolisme ini. Biasanya ketika bangsawan Eropa akan mengirim atau memberikan bunga, bunga yang akan dipilih adalah bunga tulip. Selain itu, bunga tulip juga menjadi simbol kemakmuran sebab bunga ini dipercaya membawa keberuntungan. Hoki yang akan didapatkan melalui memelihara bunga tulip akan berbentuk keagungan.  Tidak heran bahwa tulip juga menjadi lambang dari keagungan. 

Bunga Tulip dan Penghargaan

9 Makna Bunga Tulip yang Mendalam 1
Tulip Ungu

Selain bunga matahari, apresiasi terhadap orang lain juga dapat disampaikan dengan bunga tulip ungu. Makna bunga tulip ungu adalah penghargaan terhadap orang lain. Bunga ini sangat cocok diberikan saat wisuda, promosi jabatan, dan hadiah bagi pencapaian lainnya. Selain itu, untuk menyampaikan bahwa seseorang sangat berharga juga dapat disampaikan dengan memberi buket bunga tulip ungu. Tulip ungu merupakan bunga kesukaan para bangsawan, sehingga mereka biasa memberikannya sebagai penghargaan atau orang yang berharga.

Bunga Tulip dan Tahun Pernikahan 11st Wedding anniversary

Tulip adalah bunga yang melambangkan pernikahan di tahun ke-11. Mekarnya bunga yang elegan ini menandakan datangnya musim semi di nerga-negara subtropis. Maknanya tulip dalam pernikahan tahun ke-11 menandakan dekade baru yang akan segera dimulai dengan penuh romansa dan api dari gairah pada jiwa. Bagian tengah dari tulip yang berwarna hitam adalah simbolisme dari hangusnya hati para pasangan akibat api yang membakar gairah. Tulip adalah jawaban yang tepat untuk hadiah perayaan 11 tahun pernikahan.

Bunga Tulip dan Kesempurnaan cinta

Apakah bunga tulip dapat menyimbolkan perasaan cinta? Jawabannya, Bisa! Pilihlah bunga tulip dengan warna cinta seperti merah mudah, merah, dan putih.  Warna-warna tersebut dapat mewakili rasa cinta yang maksimal atau dengan kata lain kesempurnaan cinta. Jangan sampaikan rasa cinta dengan tulip kuning.

Kelahiran seorang bayi juga tak jarang menjadi lambang kesempurnaan cinta pada sepasang suami  istri. Tulip putih adalah bunga yang cocok untuk diberikan saat lahirnya seorang bayi. Makna bunga tulip putih lebih tepat disaampaikan untuk ibu yang baru saja melahirkan. Kesempurnaan cinta yang disampaikan tulip putih sangat erat dengan cinta yang diberikan dari ibu kepada anaknya.

Bunga Tulip dan Kasih tak sampai

9 Makna Bunga Tulip yang Mendalam 2
9 Makna Bunga Tulip yang Mendalam 4

Jangan senang dulu jika seseorang yang menjadi pujaan hati memberikan bunga tulip, terutama berwarna kuning. Ini bukan berarti cinta yang saling bersambut. Memberikan bunga tulip kuning kepada orang yang bukan sahabat atau teman, artinya adalah penolakan cinta. Tulip kuning memberi isyarat bahwa seseorang tidak memiliki keinginan untuk menjalin cinta dengan orang yang diberikannya. Berdasarkan makna ini, tulip kuning adalah bunga yang cocok untuk menolak perasaan seseorang jika dirasa enggan untuk menolaknya secara langsung. Namun, penolakan terbaik tetaplah yang secara langsung diutarakan.

Bunga Tulip dan Surga

Bunga tulip yang ditanam oleh masyrakat Turki memiliki makna surga. Orang Turki mulai membudidayakan bung tulip yang sebearya saat itu tumbuh liar. Bunga ini ditanam sebab orang Turki merasa bunga ini dat menggambarkan surga. Maksudnya adalah, keindahan kebun bunga tulip yang sengaja ditana dapat membuat semua orang membayagkan betapa indanya surga. Oleh sebab itu, orang Turki memaknai bunga tulip sebagai surga yang ada di dunia.

Bunga Tulip dan Perdamaian 

Jika mawar biru bisa digunakan untuk melamar seseorang dengan arti keseriusan dalam berkomitmen. Maka, tulip biru juga merupakan salah satu pendukung dalam keseriusan tersebut. Para pria di Eropa akan memberikan bunga tulip biru pada pasangan mereka ketika mereka meminta maaf. Makna bunga tulip biru adalah perdamaian. Namun, hal ini tidak selalu untuk pasangan. Permintaan maaf dengan membawa buket bunga tulip biru dapat diberikan pada siapa saja jikalau memang menginginkan perdamaian atau penyelesaian dari sebuah tengkar.

Bunga tulip sangat penting bagi Turki

9 Makna Bunga Tulip yang Mendalam 3
9 Makna Bunga Tulip yang Mendalam 5

Bunga tulip yang tumbuh liar di Asia Tengah terutama di pegunungan Hindu Kush, daratan stepa di Kazakhstan, dan pegunungan Pamir. Bunga ini tumbuh dengan berbagai warna yang memikat. Bunga tulip baru mulai memikat orang Turki dan dibudidayakan pada pada masa kekuasaan Sultan Mehmed II. Bangsa Turki menyebutnya denga nama Lale yang artinya adalah bunga lily. Bunga tulip memanglah bagian dari bunga lily.

Baru pada tahun 1520 pada masa kejayaan Sultan Suleiman bunga tulip dijadikan bunga yang resmi. Sultan Suleiman bukan hanya seorang raja, beliau juga seorang filsuf, sastrawan, dan pecinta kebun. Turki membudidayakan bunga tulip secara khusus pada masa kejayaan Sultan murad IV.

Ketika Turki dipimpin oleh Sultan Ahmed III, bunga tulip sangatlah penting bagi bangsa Turki dan masa itu disebut sebagai “Lale Devri” atau Era Tulip. Kecintaan sang Sultan terhadap bunga tulip tidak bisa dianggap biasa saja. Sultan Ahmed III bahkan mengilegalkan perdagangan bunga tulip dan bagi pedagang bunga yang tetap menjualnya, mereka akan diasingkan sebagai bentuk hukuman.

Sang Sultan benar-benar tidak main-main dalam mencintai bunga tulip. Di istananya, dibuat sebuah dewan yang ditugaskan untuk membudidayakan bunga tulip. Bunga-bunga yang dibudidayakan di istana akan dikelompokan berdasarkan standar tertentu dan diberikan nama dengan puitis.

Waktu yang tepat untuk melihat bunga tulip bemekaran di Turki adalah saat Festival Bunga Tulip. Festival ini diadakan pada bulan April di Istanbul. Tempat-tempat terbaik untuk menikmati bunga tulip yang sedang bermekaran adalah Hindiv park, Taksim Square, Goztepe Rose Garden, Gulhane Park, Camlica Park, dan yang terbaik adalah Emigran Park.

Bunga tulip adalah bunga yang puitis

Bunga mawar memanglah bunga yang secara umum melabangkan cinta. Namun, romansa yang diberikan oleh bunga tulip lebih memikat para pujangga dibandingkan bunga mawar. Bunga tulip adalah bunga yang sangat puitis. Bunga tulip yang kemudian populer di Eropa dan Asia membawa makna tersendiri bagi sastrawan. Bunga ini kerap kali muncul di beberapa karya dari sastrawan tersohor pada beberapa masa itu. Mereka adalah Omar Khayam, Jalaluddin Rumi, hingga William Shakespeare.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Tanggapan Kamu?