7 Tips Merawat Kucing Rumahan

Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang banyak diminati untuk dijadikan hewan peliharaan. Bagi umat muslim, kucing memiliki keistimewaan tersendiri karena merupakan hewan peliharaan nabi Muhammad SAW. Selain karena tingkahnya yang lucu, kucing juga memiliki penampilan fisik yang menggemaskan. Untuk merawatnya  tetap sehat, lucu dan menggemaskan inilah 7 tips merawat kucing rumahan dengan budget minimalis:

Pemilihan Pakan dan Air Minum

Memberi makanan kucing menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan jika menyangkut dengan kesehatan si kucing. Memberi kucing makanan yang sama dengan manusia (penuh bumbu dan rasa) sebenarnya dapat meningkatkan resiko kerusakan organ kucing. Jika ingin kucing hidup sehat dengan lebih lama dan minim biaya berobat, usahakan untuk memberi makanan khusus kucing.

Makanan khusus kucing sendiri terdiri dari berbagai segmentasi harga. Mulai dari yang paling murah Rp 20.000 perkg hingga paling mahal berkisar diatas ratusan ribu perkg. Cukup disesuaikan dengan kemampuan finansial yang ada. Atau jika ingin memberinya makanan homemade, pastikan bahwa makanan tersebut bersih, tidak berbumbu dan sudah dimasak alias matang.

Makanan mentah untuk kucing dapat meningkatkan resiko cacingan. Hal ini juga berlaku pada air minum. Perhatikan asupan air minum kucing selalu fresh dan bersih serta hindari pemberian air minum kucing dari air kran yang masih mentah.

Pertimbangan Toilet Training

Kucing rumahan dapat diajari toilet training sejak berusia beberapa minggu yakni dengan cara rutin mengajaknya ke tempang Toilet training. Toilet training dapat dilakukan di WC maupun di liter box berpasir. Jika melihat dari segi biaya, mengajari kucing untuk BAB dan BAK di WC akan menjadi pilihan yang sangat ekonomis.

Namun perlu diperhatikan bahwa kucing tidak bisa menyiram sisa BAB dan BAK sendiri. Oleh karena itu pemilik harus siap mengecek dan membersihkan WC setiap saat. Sedangkan jika menggunakan pasir, tipe pasir ziolit yang paling ekonomis karena dapat dicuci dan digunakan kembali.

Dalam pemilihan liter box, pastikan untuk melihat ukuran kucing supaya tidak kesulitan untuk mencapainya. Siapkan juga serok sebagai alat bantu memungut kotoran kucing yang ada di pasir. Kucing tidak suka jika liter boxnya kotor, jadi lebih baik rutin untuk dibersihan minimal 1x sehari agar si kucing tidak berak sembarangan.

Grooming

Kucing dapat melakukan grooming mandiri dengan menjilati tubuhnya. Maka tidak perlu memandikan kucing dengan intensitas tinggi. Kucing perlu dimandikan seminggu sekali jika terdapat indikasi kutu dan jamur. Memandikan yang terlalu sering akan membuat bulu kucing rontok parah.

Yang perlu dilakukan oleh pemilik adalah memastikan untuk menjaga agar kuku tidak tajam, bagian telinga mata dan hidung yang bersih, serta menjaga agar bulu tidak kusut. Pastikan saat untuk memotong kuku kucing tidak pada daerah yang terlihat pink karena dapat menyebabkan pendarahan, kuku kaki depan lebih cepat tumbuh, dan potong dengan arah gunting kuku ke atas.

Untuk bagian telinga, rutin dibersihkan dengn cotton bud. Sedangkan untuk bagian mata dan hidung bisa dibersihkan dengan menggunakan tangan kosong yang bersih dan diakhiri dengan cuci tangan memakai sabun. Perlu diketahui bahwa sependek apapun bulu kucing, bulunya akan memiliki kerontokan yang normal.

Pada kucing dengan bulu yang panjang, resiko kerontokan dan menggumpal akan semakin tinggi sehingga perlu disisir setiap hari untuk mengurangi bulu mati dan juga menjaganya agar tidak menggumpal. Selain itu, self grooming dengan menjilati bulu yang dilakukan oleh kucing dapat membuat bulu tersebut masuk kedalam perut. Menyebabkan hair ball yang berbahaya untuk kesehatan karena akan mengganggu proses pencernaan.

Kandang dan Tempat bermain

Kandang diperlukan sebagai rumah persembunyian kucing. Selain itu, kandang berguna untuk mengisolasi dan membatasi ruang gerak kucing saat ia sakit. Sangat tidak disarankan untuk memelihara kucing namun selalu berada di kandang dan tidak membiarkannya berkeliaran. Kucing adalah hewan yang tangkas, maka perlu tempat bermain yang luas untuk sehari-hari. Cukup biarkan kucing berkeliling rumah dan bermain dengan gembira. Membatasi ruang gerak kucing didalam rumah saja juga dapat mengurangi resiko seperti tertabrak, teracuni dan juga hilang.

Kastrasi

Pertimbangan kastrasi atau steril  pada kucing juga perlu dipertimbangkan. Pada kucing betina, kastrasi dapat menurunkan resiko kehamilan yang tidak diinginkan, gangguan hormon dan juga kanker rahim. Sedangkan pada kucing jantan akan menurunkan resiko gangguan hormon, perebutan wilayah dan juga kanker prostat.

Melakukan tindakan kastrasi pada kucing yang dipelihara rumah, manfaat yang diperoleh yakni kucing lebih tenang, problem birahi akan terkontrol dengan baik (salah satunya berkemih dan spraying sembarangan), serta kesehatan kucing juga lebih terjaga. Jika khawatir mengenai biaya kastrasi yang cukup tinggi, terdapat berbagai kastrasi subsidi hingga 80% yang digalakkan oleh para pecinta kucing. Cukup cari yang terdekat dengan domisili.

Vitamin dan Pengobatan

Vitamin yang dapat dengan rutin diberikan adalah minyak ikan yang harganya murah dan mudah ditemui di berbagai toko makanan hewan. Sedangkan untuk pengobatan yang dapat dilakukan di rumah yakni pemberian obat cacing, obat kutu, jamur dan juga parasit. Pada kondisi kutu dan jamur yang tidak terlalu parah, memandikannya dengan sabun anti kutu dan jamar seminggu sekali juga efektif untuk dilakukan. Sedangkan untuk penyakit yang lebih kompleks, bisa mendatangi dokter hewan terdekat.

Mengajarkan Kebiasaan Sehari-hari

Salah satu problem yang sering dipermasalahkan saat memelihara kucing adalah komplen tetangga karena lauknya dicuri oleh kucing. Pada kucing yang terbiasa memakan makanan kucing dan maupun konsumsi makanan kucing home made, ia tidak akan mau memakan makanan manusia yang kaya rasa.

Menjaga pergerakan kucing tetap di rumah dengan batasan seperti dilarang naik ke meja makan atau kamar. Hal ini akan membuat kucing terbiasa mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Bahkan kucing rumahan ini sekalipun pintu dibuka, akan memilih untuk selalu berada di kawasan rumah dan tidak akan memasuki rumah tetangga apalagi mencuri.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit