7 Tips Menghadapi Pria yang Terobsesi Menyentuh Payudara Wanita

Akhir-akhir ini kasus pelecehan seksual sedang menjadi perbincangan dikalangan masyarakat. Pelecehan yang terjadi bisa dalam bentuk verbal maupun non verbal. Salah satu pelecehan yang sering terjadi adalah obsesi pria untuk menyentuh payudara wanita. Hal tersebut dapat terjadi dimanapun dan dengan siapapun, baik orang yang kita kenal maupun tidak. Yuk simak tips-tips bagaimana cara menghadapi pria yang terobsesi untuk menyentuh payudara wanita.

Menjauh dari Situasi

Situasi disini adalah ketika kalian merasa terganggu dengan kehadiran seseorang atau kelompok. Langkah awal yang dapat dilakukan dengan cara pergi menjauh dari orang tersebut. Terutama ketika orang tersebut terus mengganggu, memanggil, tiba-tiba menyentuh pundak atau bagian tubuh lain serta memberikan gerak gerik yang mencurigakan. Kalian bisa menjauh dari situasi tersebut dan pindah ke tempat yang menurut kalian aman. Selain itu, ketika orang tersebut terus menggoda kalian dapat menghidari situasi tersebut dengan tidak memberikan sebuah reaksi. Ketika kita tidak memperdulikan atau tidak merespon, mereka akan berhenti dengan sendirinya dan merasa bosan lalu pergi meninggalkan kalian.

Memberitahu Untuk Berhenti Menggoda

Ketika kalian merasa terganggu oleh pujian atau candaan yang diberikan oleh pria tersebut, kalian bisa memberitahu dengan baik untuk berhenti memberikan pujian atau candaan tersebut. Kita bisa memberitahu bahwa kita merasa kurang nyaman dengan kalimat-kalimat yang ia lontarkan. Karena bisa jadi pria tersebut tidak menyadari bahwa perkataannya membuat kita tidak nyaman. Apabila terdapat orang lain dalam perbincangan tersebut, kalian dapat menegurnya secara personal, yakni ketika tidak ada orang yang mengetahuinya. Kalian bisa mengatakan seperti “Jangan menggunakan bagian tubuh tertentu seperti ukuran payudara wanita sebagai candaan, karena itu dapat merangsang keingintahuan seseorang untuk mengetahuinya dan itu membuatku tidak nyaman.”

Bersama Teman ketika Bepergian

Mengajak teman ketika bepergian merupakan salah satu upaya yang dapat mencegah agar tidak terjadi pelecehan. Karena ketika kamu merasa ada laki-laki yang mengganggu serta membuatmu khawatir laki-laki tersebut akan menyentuh bagian payudara, temanmu bisa menjadi pelindung pertama. Pelaku cenderung tidak berani melakukan hal tersebut ketika terdapat orang lain disitu. Selain itu, kamu dapat bergabung pada sebuah kerumunan atau bergabung dalam sebuah percakapan yang menurutmu aman untuk mencegah laki-laki tersebut melakukan hal yang tidak diinginkan ketika pergi sendiri tanpa teman atau saudara.

Hindari Hal-hal yang dapat Memancing Kekerasan

Tidak memberikan reaksi seperti menampar atau memukul merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam melindungi diri. Jika kita melakukan kekerasan sebagai bentuk perlindungan dapat menjadi bumerang untuk diri sendiri. Kita tidak pernah tahu orang yang kita hadapi seperti apa, oleh karena itu lebih baik kita menghindari respon-respon yang dapat memancing kekerasan.

Dapat Mengontrol Emosi

Kontrol emosi merupakan hal yang sangat diperlukan dalam menanggapi situasi yang tidak menyenangkan. Terkadang kita menganggap apa yang kita gunakan merupakan hal yang pantas dan sewajarnya. Namun, terkadang orang lain memandang lain sehingga mereka akan berkomentar tidak pantas kepada kita serta memberikan tatapan yang tidak pantas juga. oleh karena itu mengontrol emosi sangat diperlukan agar tidak menimbulkan kejadian yang tidak diharapkan.

Laporkan orang yang mengganggu

Ketika kita mendapatkan perlakuan yang tidak pantas atau merasa takut dengan gerak-gerik seseorang. Apabila kita sudah menegurnya namun dia tidak menghiraukannya kita dapat melaporkan pada pihak yang dapat menanganinya. Misalkan kita mendapatkannya di sekolah, maka kita dapat melaporkan teman kita pada guru BK. Atau ketika sedang bekerja kalian dapat melaporkan orang tersebut pada atasan.

Abaikan tatapan atau Obrolan yang Tidak Diinginkan

Mengobrol dengan orang yang kita kenal maupun tidak dalam sebuah tempat merupakan hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat. Baik sekedar basa-basi atau membahas sesuatu hal yang serius. Namun, ketika obrolan sudah menjurus kedalam hal-hal yang tidak diinginkan atau seseorang memberikan tatapan yang menggoda, kalian bisa mengabaikannya kemudian pergi menjauh.

Kita tidak pernah tau apakah orang disekeliling kita adalah orang baik atau tidak. Sehingga kita harus tetap waspada. Hal tersebut bisa terjadi dimanapun dan dengan siapapun. Kenal dekat dan akrab bukan berarti orang tersebut tidak bisa menjadi ancaman. Jangan terlena dengan candaan atau pujian yang diberikan ketika hal tersebut sudah menjurus pada hal-hal yang tidak diinginkan. Segera menjauh dari orang-orang yang membuat kalian tidak nyaman sebagai bentuk perlindungan diri.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Pattika Reyhan
Pattika Reyhan
Seorang mahasiswa Psikologi, yang suka mengekspresikan sesuatu lewat sebuah tulisan

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit