7 Tanda Depresi pada Mahasiswa

53
7 Tanda Depresi pada Mahasiswa
7 Tanda Depresi pada Mahasiswa

Menurut WHO (2015) Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang umum terjadi yang tidak dapat diremehkan. Depresi memiliki tiga tingkatan yakni ringan, sedang serta berat yang jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan kematian. Yuk kenali tanda-tanda depresi secara psikologis yang seringkali terjadi pada mahasiswa dan segera hubungi psikolog jika 7 tanda depresi mahasiswa ini kamu alami.

Mudah Putus Asa

Putus asa merupakan salah satu gejala depresi yang paling umum. Seseorang yang putus asa akan merasakan dirinya kehilangan harapan terhadap apapun. Sehingga ia cenderung mudah menyerah, merasa bahwa dirinya tidak berharga, membenci dirinya dan selalu merasa bersalah.

Tidak memiliki semangat belajar

Depresi akan membuat seseorang kehilangan minatnya dalam melakukan hal apapun termasuk belajar. Sehingga seseorang yang mengalami depresi akan merasa dirinya menjadi seseorang yang malas. Selain itu, hal tersebut terjadi karena hilangnya motivasi dalam dirinya.

Mudah tersinggung

Seseorang yang mengalami depresi akan cenderung mudah tersinggung. Hal tersebut dikarenakan mereka memiliki perasaan yang sensitif terhadap orang lain. Mereka menganggap bahwa orang-orang disekitar mereka merupakan ancaman bagi mereka.

Mudah marah tanpa sebab

Seseorang yang mengalami depresi, memiliki pengendalian emosi yang kurang stabil. Sehingga mereka lebih mudah marah. Selain itu, tekanan dari tugas kuliah yang terlalu banyak juga berpengaruh pada kestabilan emosi. Akibat yang paling fatal biasanya mereka akan melampiaskan pada sesuatu yang negatif seperti alkohol dan narkotika untuk mencari ketenangan.

Merasa dijauhi teman

Perasaan yang sensitif membuat seseorang yang mengalami depresi merasa dijauhi oleh teman serta orang-orang disekitarnya. Orang yang mengalami depresi cenderung memiliki mood yang tidak stabil. Sehingga mereka merasa bahwa teman-temannya tidak dapat menerima kondisi yang dialaminya dengan baik. Selain itu mereka kerap kali kehilangan kepercayaan terhadap orang didekatnya.

Kekhawatiran yang berlebih

Ketika seseorang sedang mengalami depresi mereka akan merasakan kekhawatiran serta kegelisahan yang berlebih. Biasanya mereka akan merasa gugup, tegang, gelisah, mudah panik, serta ketakutan. Selain itu, mereka akan merasa kesulitan untuk memusatkan perhatian atau berfikir jernih terhadap suatu hal.

Nafsu makan serta berat badan menurun

Hilangnya nafsu makan serta berat badan yang berlebih dapat dijadikan salah satu penanda jika seseorang sedang mengalami depresi. Hal tersebut karena ketika seseorang kehilangan minat terhadap apapun maka akan berpengaruh terhadap nafsu makannya.

Buat kalian yang merasa mengalami tanda-tanda diatas, jangan panik. Segera lakukan konseling pada Psikolog. Ingat jangan sampai kalian melakukan self diagnose, karena apapun masalah kalian bisa diselesaikan ketika bersama dengan orang yang tepat dan ahli dibidangnya. Jadi jangan takut untuk berkonsultasi, dan jangan melakukan self diagnose.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Tanggapan Kamu?