Nusagamov

7 Rekomendasi Film Barat Romantis

Hai, hai… Apakah kamu salah seorang penggemar berat film ber-genre romantis?

 Kalo ya, apa judul film romantis favoritmu?

Hmm, film tentang cinta tuh memang enggak ada matinya. Selain bikin hati dag dig dug, kisah cinta antara dua manusia itu selalu menarik untuk diceritakan.

  • Pretty Woman (1990)

Di film ini, si cantik “The American Sweetheart” Julia Roberts berperan sebagai Vivian, “pelacur berkarakter”. Eits! Walaupun jadi PSK, Julia Roberts menunjukan kalau dirinya berbeda dengan pelacur lainnya. 

Si ganteng Richard Gere yang berperan sebagai Edward, pebisnis kaya pun sampai kesengsem berat pada Kepolosan dan kejujuran Vivian, meskipun dalam prosesnya status Vivian menyebabkan masalah baru dalam hidup Edward. 

Berkat kepiawaian acting mereka yang sukses menciptakan chemistry tak terlupakan hingga sekarang, film ini dinobatkan sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa, serta film romantis terbaik di dunia.

 

 

  • Serendipity (2001)

 

Dijamin, setelah kamu menonton film lawas yang satu ini, kamu akan mulai mempertanyakan pada diri sendiri… Apakah takdir itu memang ada atau semua hanya serba kebetulan? 

Penasaran? Begini sekilas sinopsisnya…

Jonathan (John Cusack) dan Sara (Kate Beckinsale) dalam film ini menguji takdir mereka dengan cara Sara menulis nomor teleponnya dalam sebuah buku dan Jonathan menulisnya di selembar uang.

Jika salah seorang dari mereka menemukan nomor telepon di selembar uang atau buku itu, maka mereka ditakdirkan untuk bertemu lagi. 

Nah, daripada kamu penasaran dengan ending ceritanya, mendingan kamu buruan tonton aja filmnya.

 

  • Titanic (1997)

 

Kisah cinta antara Jack (Leonardo DiCaprio) dan Rose (Kate Winslet) yang menjadi sorotan utama dalam film ini mampu menjadi favorit sepanjang masa meskipun sudah puluhan tahun berlalu lho…

Berawal dari niat Rose yang ingin bunuh diri dengan melompat dari kapal Titanic, yang kemudian berhasil digagalkan oleh Jack, persahabatan di antara mereka pun mulai terjalin. Rose bercerita kepada Jack bahwa ia ingin bunuh diri karena tidak bahagia dengan pertunangannya.

Cinta di antara mereka pun lambat laun tumbuh walaupun keduanya berbeda status social. Cal, tunangan Rose, mengetahui hubungan mereka dan menjebak Jack dengan menuduh bahwa Jack telah mencuri perhiasannya. Di saat yang sama, kapal Titanic yang mereka tumpangi menabrak gunung es. Kapal terbelah menjadi dua dan tenggelam di dasar laut.

Jack dan Rose menceburkan diri ke air laut yang dingin bersama penumpang lainnya. Ada sebuah papan mengambang di lautan dan Jack membantu Rose untuk naik ke papan tersebut. Mereka saling berpegangan tangan sambil menunggu bantuan dari sekoci. Namun naas Jack tidak mampu bertahan hidup dan meninggal karena hipotermia. Dengan duka yang mendalam, Rose melepaskan tangan Jack dan merelakan jasad kekasihnya tenggelam di lautan yang dingin. Duh, miris banget ya.

 

 

  • Me Before You (2016)

 

Film barat romantis yang satu ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Louisa (Emilia Clarke) yang terpaksa bekerja merawat Will (Sam Claffin), pemuda kaya yang menjadi difabel karena kecelakaan. 

Sebenarnya perkenalan mereka berdua sangat jauh dari kata romantis, karena Will bersikap dingin, kasar, dan tertutup. Tambahan lagi, kehadiran mantan kekasih Will yang akan menikah dengan sahabatnya sendiri membuat Will semakin down dan sering mengamuk.

Namun demikian, sifat Louisa yang ceria mampu meredakan amarah Will. Lama kelamaan Will semakin terbuka dan bersikap baik pada Louisa. Mereka berdua bahkan berkencan dan menonton pertunjukan orkestra.

Namun, suatu hari Louisa mengetahui rencana Will untuk ikut dalam yayasan bunuh diri. Hanya saja orang tua Will yang mulanya menolak, akhirnya meminta

Will untuk mengundur rencananya itu selama 6 bulan. Nah, di dalam jangka waktu 6 bulan itulah Will bertemu Louisa dan keduanya saling jatuh cinta. Setelah mereka menghabiskan liburan berdua, Louisa menyatakan cintanya kepada Will. Saat itu pula Will menyatakan bahwa ia tetap pada rencana awalnya, yaitu bergabung pada yayasan bunuh diri. Louisa marah dan kecewa karena merasa semua usahanya sia-sia. Lalu, ia pun memutuskan berhenti menjadi perawat Will.

Pada malam sebelum Will berangkat ke Swiss untuk menjalankan rencananya, Louisa menemui Will untuk terakhir kalinya. Mereka setuju bahwa 6 bulan terakhir adalah masa-masa terindah dalam hidup mereka berdua. Cerita pun diakhiri dengan Louisa yang duduk di sebuah cafe di Paris sambil membaca surat terakhir Will yang memintanya untuk hidup lebih baik.

Sangat mengharukan ya?

 

  • The Vow (2012)

Film yang dibuat berdasarkan kisah nyata ini mengisahkan tentang pasangan Leo (Channing Tatum) dan Paige (Rachel McAdams) yang baru menikah. Tetapi nahas, beberapa minggu setelah menikah mereka mengalami kecelakaan.

Peristiwa kecelakaan itu membuat Paige kehilangan sebagian memori di otaknya. Tragisnya, memori tentang Leo-lah yang hilang. Saat Paige sadar, ia mengira bahwa Leo adalah dokternya dan yang diingat hanyalah Jeremy, mantan tunangannya. 

Leo pun berusaha mengingatkan Paige tentang kenangan mereka berdua. Namun, kenyataannya tak semudah itu, Paige masih tidak habis pikir mengapa ia bisa putus dengan Jeremy dan mengambil keputusan untuk berhenti dari sekolah hukum.

Keadaan semakin buruk sewaktu orang tua Paige datang, itu adalah pertemuan pertama antara orang tua Paige dan Leo. Orang tua Paige tak pernah merestui pernikahan Leo dan Paige. Bahkan, mereka bersikukuh untuk membawa Paige pulang.

Mau tahu apakah usaha Leo untuk mengingatkan Paige pada kenangan indah mereka berhasil? Dan apakah Paige bisa mencintai Leo kembali seperti dulu? Buruan tonton The Vow untuk menemukan jawabannya!

 

 

  • A Walk to Remember (2002)

 

Film barat romantis ini merupakan salah satu film yang diadaptasi dari novel karya Nicholas Sparks yang terinspirasi oleh kisah nyata dari adik kandungnya, Danielle Sparks. Film ini menceritakan kisah romantis antara Landon, si bad boy yang diperankan oleh Shane West dan Jamie, si gadis kutu buku yang diperankan oleh Mandy Moore. 

Kisah romantis dalam film ini digambarkan dengan begitu apik sehingga mampu membuat siapapun yang menontonnya jadi terharu dengan ketulusan hati Landon yang mencintai Jamie hingga detik-detik terakhir. Hal itu dibuktikan oleh Landon yang bersikeras untuk menikahi Jamie meskipun Jamie dalam keadaan sekarat. 

 “Love is like the wind, you can’t see it but you can feel it.” 

(cinta ibarat angin, kau tak bisa melihatnya tapi kau bisa merasakannya) adalah sepenggal kalimat yang sangat terkenal dari film ini. Romantis banget kan? 

 

  • Crazy Rich Asian (2018)

 

Ini dia film barat romantis yang seluruh pemainnya merupakan keturunan Asia dan terbilang sukses membuat masyarakat dunia penasaran dengan pencapaiannya yang luar biasa. Dalam kurun waktu 25 tahun, baru kali ini ada film yang nyaris semua pemainnya adalah keturunan Asia. Film Crazy Rich Asian  memang terbukti memiliki kualitas yang berbeda.

Film ini berkisah tentang Rachel Chu (Constance Wu) seorang wanita Asia yang lahir dan besar di Amerika Serikat, yang diajak untuk bertemu keluarga kekasihnya Nick Young (Henry Golding) di Singapura. Siapa sangka bahwa keluarga Young merupakan konglomerat dengan sebutan old money yang kekayaannya tidak akan habis

tujuh turunan. Penonton akan dibawa masuk ke dalam tatanan sosial kehidupan konglomerat Asia yang dikenal konservatif namun piawai dalam membuat jamuan mewah yang bikin rakyat jelata melongo.

Melalui film ini, kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan mengenai sejarah, kebudayaan, bahasa, kehidupan orang-orang keturunan Tiongkok bahwa kekayaan nggak akan datang dengan sendirinya tanpa kerja keras. Kamu juga bisa mempelajari pepatah-pepatah Tiongkok tentang kehidupan dari film ini. 

O ya, sebagai orang Indonesia, kita juga patut berbangga hati karena di film ini, Nick Young mengucapkan sebaris kalimat dalam bahasa Indonesia yang terdengar sangat jelas, “Sate 20. Sepuluh ayam, sepuluh daging.” Ssst… Film ini dinobatkan menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa, serta film romantis terbaik di dunia lho. Keren kan?

 

Kata Kunci

Widi Utami

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close