7 Manfaat Menonton Drama Korea

Drama korea atau yang sering disebut dengan drakor merupakan salah satu drama yang banyak diminati masyarakat Indonesia terutama dikalangan anak muda. Drama ini memiliki 10 hingga 36 episode dengan durasi penayangan 1-2 jam yang ditayangkan di channel tv Korea serta aplikasi nonton lain seperti: VIU, Netfix, iQIYI dan aplikasi lainnya. Drama Korea tidak hanya bergenre romance saja, namun memiliki genre lain seperti:horor, thriller, comedy, dan lainya yang siap menemani waktu bersantai kalian. Selain itu menonton Drama Korea juga memiliki banyak manfaat. Yuk simak 7 manfaat menonton drama korea.

Meningkatkan Kinerja Otak

Jumlah episode yang banyak serta lamanya jarak durasi penayangan membuat penonton harus mengingat-ingat kejadian yang ada pada episode sebelumnya. Hal tersebut dapat membantu kita dalam meningkatkan daya ingat. Selain itu pada serial thriller atau suspense rasa penasaran kita dalam memecahkan masalah yang ada. Sehingga dapat merangsang otak kita untuk berfikir lebih kritis dan teliti dalam memahami alur cerita.

Sebagai Hiburan

Menonton drama korea bisa menjadi salah satu hiburan untuk melepas penat setelah seharian bekerja atau belajar.  Banyak pilihan drama dengan konflik ringan seperti genre komedi atau romance yang dapat membuat kita terhibur. Dengan ditemani cemilan serta bersantai dapat membuat kita rileks yang dapat memicu semangat dalam beraktivitas dikemudian hari. Hal tersebut karena sistem limbik yang dirangsang dengan benar serta dapat memicu pelepasan zat kimua pada otak seperti serotonin dan dopamin.

Menambah Wawasan

Drama korea memiliki banyak konflik yang berbeda setiap judulnya yang berkaitan dengan dunia pekerjaan. Salah satu daya tarik dari drama korea ini adalah penulis naskah seringkali melakukan riset terhadap suatu pekerjaan yang akan diperankan oleh aktor. Sehingga sebagai penonton kita dapat mengetahui banyak hal yang dapat menambah wawasan kita. Seperti: ilmu kedokteran, ilmu politik, ilmu bisnis, dan lain sebagainya. Meskipun ilmu yang didapatkan tidaklah banyak dan mendalam namun bisa menjadi pengetahuan dasar penonton.

Meningkatkan Konsentrasi

Meningkatkan konsentrasi merupakan salah satu manfaat dari menonton drama korea. Karena pada cerita bergenre thriller, suspense, atau crime konsentrasi sangat dibutuhkan agar kita dapat memahami alur cerita serta konflik yang ada. Karena takut terlewatkan membuat kita memberikan konsentrasi yang penuh ketika menonton drama Korea. Karena biasanya pada genre-genre tersebut memiliki alur maju mundur, disertai dari sisi pandang yang berbeda pada setiap tokoh meskipun menjelaskan satu kejadian yang sama.

Menambah Kosa Kata Bahasa Korea

Menonton drama korea secara tidak langsung dapat membantu kita memahami dan menghafal kosa kata bahasa korea. Karena ketika kita menonton drakor otak kita akan bekerja memproses dua signal yang diperoleh melalui melalui telinga berupa suara yang didengar, serta dari mata yang membaca translate Bahasa Indonesia. Secara tidak sadar kita akan hafal dengan sendirinya apabila kata tersebut sering didengar. Selain itu mereka dapat mengasah kemampuan mereka dengan mencoba untuk mentraslate drama yang ada ke dalam Bahasa Indonesia.

Memberikan Motivasi

Dunia pekerjaan yang ditampilkan dalam drama Korea, serta beberapa cuplikan ilmu atau masalah yang dihadapi membuat seseorang termotivasi untuk masuk dalam dunia pekerjaan tersebut. Selain dalam dunia pekerjaan kisah percintaan atau hubungan keluarga yang diberikan kerap kali membuat seseorang menginginkan kehidupan tersebut. Gambaran pekerjaan serta hubungan yang diberikan dapat memberikan dorongan kepada seseorang untuk mencapainya serta dapat memberikan dampak positif dalam kehidupan.

Membantu Pengendalian Emosi

Konflik yang disajikan kerap kali membawa kita hanyut dalam suasana drama. Para aktor yang hebat adalah mereka yang dapat memainkan peran dengan sebaik mungkin yang terkadang membuat kita marah, sedih, kecewa. Hal tersebut dapat berdampak buruk pada kehidupan jika kita tidak dapat mengatur emosi yang kita miliki. Oleh karena itu salah satu manfaat dari menonton drakor adalah dapat membantu kita dalam mengatur emosi agar suasana yang diciptakan karena menonton drakor tidak terbawa dalam dunia nyata.

Selain manfaat diatas masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dalam menonton drama korea. Namun durasi menonton harus diperhatikan agar tidak menganggu kegiatan sehari-hari. Serta kita juga harus memperhatikan posisi menonton serta lama durasi dalam memperhatikan layar gadget atau media lain agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Karena semua yang berlebihan itu tidak baik. Jadi menontonlah secukupnya, dan jadikan menonton drakor sebagai hiburan.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit