7 Fakta Makam Bung Karno, Ada yang Kamu Belum Tahu?

Nama Bung Karno atau Soekarno tentu sangat familiar dengan telinga kita. Sebagai presiden pertama Republik Indonesia, ia memiliki tempat tersendiri di hati masyarakatnya. Namun tahukah bahwa letak makam Bung Karno ini tidak terletak di ibukota Indonesia loh. Mau tau dimana atau sudah tahu di mana? Nih 7 fakta makam Bung Karno yang mungkin kamu belum tahu!

1. Terletak Di Kabupaten Blitar Jawa Timur

Menurut sejarah, keputusan lokasi pemakaman presiden Soekarno diberikan oleh presiden Soeharto yang saat itu tengah menjabat. Soeharto memaparkan bahwa keputusan itu diambil karena beberapa alasan. Pemegang keputusan pemakaman diambil oleh Soeharto karena saat itu Soekarno adalah tahanan rumah. Pemilihan kabupaten Blitar dilakukan sebagai upaya agar peziarah tidak mendekati daerah pusat politik alias Jakarta. Ibu kandung Soekarno juga dimakamkan di Blitar. Melihat kedekatan keduanya, alangkah baiknya jika Soekarno dimakamkan dilokasi yang dekat dengan tempat perirtirahatan terakhir sang ibu.

2. Makam Presiden Paling Artistik

Memakai desain arsitektur Jawa, kompleks makam bung Karno terbagi menjadi 3 bangunan utama. Bangunana itu yakni bangunan halaman, teras dan pendopo. Saat akan memasuki kawasan makam, kita akan melalui gapura besar berwarna abu-abu khas candi. Setelah itu, kita akan disambut oleh patung Soeharto yang terlihat kokoh di halaman. Berjalan lebih dalam lagi, memasuki area teras akan terlihat relief di bagian tembok yang menceritakan kejadian saat Soekarno masih hidup. Dibagian tengah teras terdapat taman kecil memanjang hingga akhir teras. Bagian terakhir, yakni pendopo. Terdapat makam bung karno dibagian tengah yang dipenuhi oleh taburan bunga dari para pelayat. Selain itu, lantai pendopo ini juga menggunakan marmer yang dipoles beberapa tahun sekali.

3. Memiliki Perpustakaan Terbesar Di Kota Blitar

Sejalan dengan patung yang ada di halaman kompleks makam bung karno yang sedang membaca buku. Pada bangunan halaman juga terdapat perpustakaan sebagai bentuk peningkatan literasi. Apalagi semasa hidup Soekarno suka membaca dan menulis buku. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan terbesar dan terlengkap di Blitar. Perpustakaan ini juga tergabung pada OPAC. Selain itu, perpustakaan ini termasuk perpustakaan kepresidenan.

4. Terdapat Banyak Pedagang Bunga

Pedagang Souvenir tentu mudah ditemui saat berkunjung ke lokasi wisata. Namun jika pedagang bunga? Tentu hanya ditemui di tempat wisata ziarah. Salah satunya di makam bung Karno ini. Perlu diketahui bahwa bung yang dijajakan ditempat ini tidak dapat ditawar. Mereka menjajakan bunga dengan harga pas. Oleh karena itu jangan coba menawar ya!

5. Lokasi Berbagai Macam Acara

Pada 2022, lokasi makam bung Karno menjadi lokasi city walk yang diadakan pemkab setempat. Sebagai salah satu icon kota blitar, berbagai paket city tour juga dilakukan ditempat ini. Selain itu, lokasi makam yang luas juga menjadi salah satu lokasi untuk mengadakan pagelaran seni.

6. Tanah Makam Sering Diambil Peziarah

Pada awal bung Karno dimakamkan, selain banyak peziarah yang datang membawa bunga, terdapat pula beberapa peziarah yang membawa bunga hingga tanah makam bung Karno sebagai souvenir. Karena hal ini, makam Soekarno dibagian pendopo pernah ditutup kaca setebal 10cm sehingga peziarah tidak dapat mendekati makam. Kaca ini dibuka kembali di tahun 2000an sehingga peziarah dapat mendekati makam lagi.

7. Objek Ziarah Politik

Pada era kampanye, banyak tokoh politik yang datang berkunjung pada makam bung Karno. Hal ini seakan menjadi budaya bagi para politikus. Menurut liputan6.com, angka peziarah politik berkisar diangka 400.000-500.000 orang tiap tahun.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit